Nonton TV di Hp

06 Sep 2012 10:00 | Hits: 28496

Beginilah Cara Nonton TV di Hp Android

Beginilah Cara Nonton TV di Hp Android

Banyak sudah handphone (Hp) yang menawarkan fitur televisi (TV) yang tersemat di dalamnya. Kebanyakan hp yang menyediakan fitur tersebut adalah hp china, dengan segala fitur dan harga yang murah, tentu tidak bisa dijamin kualitas dari fitur yang ada di dalamnya, termasuk TV.

Paseban sudah beberapa kali mencoba menonton TV lewat hp, hasilnya tidak semua channel bisa dilihat, antenna yang ada dalam Hp tidak cukup menangkap sinyal sehingga gambar TV dari hp juga sangat buram. Memang beberapa Hp juga menyediakan fitur merekam tayangan TV tersebut, namun jika file tersebut dipindahkan dan ditonton lewat media laptop atau komputer, kualitas gambar tak lebih dari video 3gp.

Paseban punya solusi lain untuk nonton TV di hp, yakni dengan memanfaatkan beberapa aplikasi yang memang khusus menyediakan tayangan TV. Pada artikel ini Paseban akan membahas beberapa aplikasi streaming tv yang bekerja untuk hp Android, berikut review-nya:

MyTrans

MyTrans sudah terlebih dahulu hadir versi desktop, di mana lewat situs yang beralamat di mytrans tersebut, Anda bisa melihat televisi dari TransCorp, yakni Trans TV dan Trans 7. Anda bisa menonton TV secara Live ataupun menonton tayangan program Trans TV atau Trans 7 yang sudah pernah tayang sebelumnya.

MyTrans pun melebarkan sayapnya lewat aplikasi smartphone, di mana Anda hanya membutuhkan smartphone untuk menonton Trans TV atau Trans7, termasuk untuk yang ber-OS Android, di Google Play sudah terdapat aplikasi MyTrans yang bisa Anda unduh secara gratis.

Sama seperti pada versi website-nya, lewat aplikasi MyTrans ini Anda bisa mencari Video On Demand (VOD), yakni video tayangan atau program dari Trans TV dan Trans 7 yang pernah tayang. Terdapat pula fitur Search Video, Baca dan Tulis Komentar, pilihan kualitas video (low or high quality) dan tentu share status ke jejaring sosial Anda.

Hanya saja untuk melakukan streaming Anda harus terhubung dengan koneksi internet, baik dari WiFi ataui paket data Internet operator Anda. Jika Anda memakai koneksi paket data, tentu yang harus Anda perhatikan adalah kuota yang dibutuhkan untuk streaming sangatlah besar, sehingga akan menghabiskan kuota internet Anda.

Yang harus Anda perhatikan juga adalah setelah melakukan instalasi aplikasi MyTrans ini, Anda diminta untuk menginstall aplikasi Vitamio, sehingga karena ini sepertinya Anda harus menyediakan ruang lebih pada Android Anda.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah saat melakukan Live Streaming, rata-rata dari review yang sudah download mengeluhkan karena tidak bisa di-play dan muncul, tulisan "can't play source video”. Malah antara gambar dan suara tidak jalan bersamaan. Anda bisa mengunduh aplikasi MyTrans ini di Google Play secara gratis, beruntung lagi karena aplikasi ini mendapat update secara berkala, sehingga kekurangan-kekurangan dari aplikasi ini bisa segera diperbaiki.

Mivo TV

Sama seperti MyTrans, Mivo terlebih dahulu hadir dalam bentuk situs yang memungkinkan Anda menonton televisi streaming lewat Internet. Tentu di Mivo TV ini channel yang ada lebih banyak dari aplikasi MyTrans. Mivo TV ini pun kini sudah tersedia lewat aplikasi Android.

Mivo memang bisa dibilang menjadi live streaming nomor 1 di Indonesia, lewat aplikasinya Anda bisa menonton saluran televisi seperti SCTV, TVOne, ANTV, SpaceToon, DAAI TV, Lunar TV, Lejer TV, Dewel TV dan puluhan channel TV lainnya.

Adapun persyaratan untuk melakukan streaming TV adalah sebagai berikut:

  • Minimum: Koneksi 3G, SD - 500 Kbps, HD - 1500 Kbps

  • Rekomendasi: Wi-Fi / Wired Connection, SD - 700 Kbps, HD - 2000 Kbps

Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play di sini.

M-You

Jika Anda jeli, channel TV Indonesia manakah yang belum terdapat di dua aplikasi yang Paseban jelaskan sebelumnya? Ya, terdapat 3 channel yang tidak ada pada kedua aplikasi di atas, yakni RCTI, Global TV dan MNC TV yang merupakan milik MNC Group. Lalu bagaimana jika Anda ingin menontonnya? Paseban merekomendasikan M-You untuk Anda download.

Aplikasi M-You sebenarnya bukan aplikasi khusus streaming TV, namun salah satu fiturnya bisa memungkinkan Anda untuk nonton tv di hp Android Anda khusus channel besutan MNC Group. Untuk bisa melakukannya, pilih OkeZone TV, kemudian pilih channel yang Anda kehendaki. Live streaming TV ini hanya bisa Anda gunakan dengan menggunakan jaringan 3G atau fasilitas WiFi.

Fitur lain yang terdapat pada aplikasi ini adalah M-You Video, di mana Anda bisa menyaksikan potongan video yang biasanya hanya berdurasi maksimal 5 menit. Video ini biasanya adalah potongan dari tayangan infotainment atau klip musik populer. Anda bisa menunduh aplikasi M-You ini secara gratis di Google Play. [HJ]