Kamera Pocket Terbaik

15 Aug 2012 11:00 | Hits: 22498

Perbandingan Nikon Coolpix P310 & Olympus XZ-1 - Dua Kamera Pocket Terbaik Saat Ini

Perbandingan Nikon Coolpix P310 & Olympus XZ-1 - Dua Kamera Pocket Terbaik Saat Ini

Bagi Anda yang berniat untuk membeli kamera saku digital atau disebut kamera Pocket mungkin akan merasa bingung karena banyaknya jenis Camera Pocket yang beredar saat ini. mulai dari harga, tipe dan juga kemampuan yang beragam bisa Anda temukan di berbagai toko-toko kamera. Anda bisa menemukan kamera dengan harga ratusan ribu sampai puluhan juta. Lalu yang menjadi pertanyaan kamera mana yang bisa menjadi kamera Pocket terbaik untuk Anda gunakan dan bisa memenuhi kebutuhan Anda. Paseban memiliki dua jenis kamera saku digital yang dianggap memiliki kemampuan sangat baik saat ini. Dua kamera tersebut adalah Nikon Coolpix P310 dan kamera Olympus XZ-1. Kedua kamera Pocket ini walaupun termasuk dalam kelas kamera saku atau non-profesional tetapi memiliki kualitas yang menandingi kamera DSLR kelas Low-End. Jadi agar Anda tidak penasaran mari kita langsung coba bahas di bawah ini.

Desain

Nikon Coolpix P310

Kamera Nikon ini memiliki bentuk body seperti kamera saku pada umumnya. Bahkan sedikit terlalu biasa bila kita melihatnya sekilas saja. Tetapi seperti ungkapan don’t judge a book by its cover Anda juga harus don”t judge a camera pocket by its body-look untuk menilai kamera Nikon satu ini. jangan melihat dari tampilan luar nan sederhana yang dimiliki oleh Nikon Coolpix P310 saja karena di dalamnya kamera ini memiliki kemampuan yang cukup impresif untuk sebuah kamera Pocket.

Memiliki dua pilhan warna yairu hitam dan putih. Dengan dimensi & body* 103 x 58.3 x 32 mm dan berat kurang dari 200 gram kamera ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari pesaingnya Olympus ZX-1. Tetapi dengan mudah bisa Anda genggam atau masukan di saku. Memiliki ukuran layar LCD 3 inci dengan resolusi kualitas gambar sampai 920.000 pixel maka Anda akan mendapatkan visualisasi yang tajam dan enak dilihat. Jadi jelas walaupun memiliki desain sederhana namun kualitas yang diberikan tidak terlalu sederhana bukan.

Olympus ZX-1

Kamera ini dianggap sebagai hasil kamera Pocket paling serius yang pernah dibuat oleh Olympus. Kenapa dikatakan demikian karena kamera ini memiliki kemampuan yang benar-benar lengkap untuk Anda dapatkan dari sebuah kamera saku digital. Olympus ZX-1 memiliki desain body yang stylish atau elegan. Warna hitam yang menawan menyelimuti kamera dengan teknologi tinggi ini. Berukuran 110.6 x 64.8 x 42.3 mm dan berat 275 gram membuat kamera ini akan sangat solid untuk berada dalam genggaman. Walaupun begitu kamera ini bukan kamera yang bisa Anda masukkan ke saku celana jeans Anda karena ukuran yang sedikit besar untuk sebuah kamera saku digital.

Layar yang digunakan ZX-1 adalah layar OLED 3 inci dengan kualitas resolusi gambar 614000 pixel. Walaupun memiliki kualitas gambar display lebih kecil dari Nikon Coolpix P310 tetapi Anda akan terkejut dengan kreatifitas yang bisa Anda dapatkan dari fitur di dalam kamera ZX-1.

Kemampuan

Nikon Coolpix P310

Karena memiliki resolusi yang besar untuk ukuran sebuah kamera saku, P310 mampu mengambil gambar pada kondisi cahaya yang bervariasi. Dengan resolusi sebesar 16.1 MP CMOS Sensor dengan lensa yang mempunyai bukaan diafragma hingga f/1.8 serta dukungan ISO sampai 6400 dan kemampuan lensa 4.2 Zoom membuat Anda bisa mengambil foto di lokasi yang low-light tetapi tetap bisa mendapatkan hasil gambar yang baik.dilengkapi Advanced Optical VR Image Stabilization untuk menjaga kestabilan gambar yang Anda ambil. Sayangnya fitur VR Image ini tidak terdapat di menu utama sehingga untuk mengaktifkannya Anda harus masuk lagi ke menu setup walaupun sebenarnya tidak terlalu merepotkan hanya saja akan lebih baik bila fitur satu ini bisa lebih mudah diakses.

Salah satu kamera Pocket terbaik ini juga mampu menghasilkan kualitas video dengan resolusi Full HD 1080 p dengan kecepatan 30 fps. Kamera ini juga memiliki fitur seperti yang dimiliki kamera DSLR yaitu fitur untuk mengatur secara manual P/A/S/M sehingga Anda bisa mencoba dan belajar mengambil foto layaknya seorang pro. Kekurangan P310 adalah tidak bisa untuk menyimpan gambar dalam format RAW sehingga format gambar yang bisa disimpan hanya untuk format JPEG.

Olympus ZX-1

Kamera ini bisa dibilang kamera yang fleksibel karena walaupun berjenis kamera saku tetapi kemampuannya hampir setingkat dengan kamera DSLR. Memiliki keunggulan seperti 10 MP High Sensitivity CCD Sensor 4 dengan bukaan diafragma lensa f/1.8 ISO 3200 4x Optical Zoom dipastikan kamera ini mampu menghasilkan gambar yang baik di lokasi yang kurang cahaya sekalipun. Lensa XZ-1 ini begitu menggunalkan lensa i.Zuiko yang tertulis pada tepi lensanya, i.Zuiko adalah kualitas optik teknologi tertinggi dari Zuiko.

Olympus ZX-1 mampu merekam video dengan kualitas gambar 720p HD Movies yang dapat Anda akses dengan mudah. Hanya dengan menekan satu tombol maka Anda akan langsung bisa merekam video berdefinisi tinggi. Fitur pengaturan manual juga dimiliki oleh Olumpus ZX-1 yang bisa Anda setting sesuka Anda. Kamera ini dapat menyimpan format gambar baik jenis RAW dan JPEG.

Fitur

Nikon Coolpix P310

Berbagai fitur modus pemotretan seperti Night Landscape, Advanced Night Potrait, dan Backlight/High Dynamic Range (HDR) dapat Anda gunakan untuk menambah variasi gaya memotret Anda dan membuat kamera ini memiliki kinerja yang baik walaupun digunakan di lokasi rendah cahaya. Tetapi yang menjadi kelebihan dari Coolpix P310 adalah kemudahan untuk untuk menggunakannya akan membuat Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi dan menghasilkan gambar bak fotografer professional. Kemampuan Nikon Coolpix P310 untuk meredam noise yang berlebih pada gambar. Bahkan bila Anda menggunakan setting auto dipastikan hasil gambar akan selalu terlihat bagus.

Olympus ZX-1

Terdapat enam jenis filter gambar yang tersedia untuk mendukung kreativitas Anda dalam mengambil gambar. Filter ini bisa menambah sisi artistik pada foto dan video tanpa harus menambah aplikasi lain. Juga terdapat fitur panduan yang dapat diakses dengan mudah sehingga Anda bisa menyesuaikan setting seperti yang cocok dengan gaya memotret Anda.dilengkapi Dual Image Stabilization yang memungkinkan Anda mengambil gambar dari objek yang sedang bergerak cepat dengan hasil yang memuaskan.

Harga & Kesimpulan

Kedua kamera di atas memiliki kemampuan diatas rata-rata untuk sebuah kamera saku digital. Lalu berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk memilik kamera-kamera tersebut? Kamera serba bisa Olympus ZX-1 dibandrol seharga Rp. 4.500.000,- lebih mahal dari Nikon Coolpix P310 yang berharga Rp. 3.500.000,- tetapi tentu saja karena Olympus ZX-1 memiliki beberapa keunggulan yang tidak terdapat pada Nikon Coolpix P310. Jadi kembali lagi kepada kebutuhan Anda, nila Anda membutuhkan satu kamera saku yang lengkap maka Olympus ZX-1 adalah jawabannya tetapi bila Anda menginginkan kamera saku dengan budget yang lebih murah tetapi dengan kualitas yang tidak murahan dan mudah untuk digunakan maka Nikon Coolpix P310 adalah pilihan yang tepat. Yang jelas dua kamera tadi termasuk. kamera Pocket terbaik yang ada saat iniTetapi sekali lagi pilihan ada di tangan Anda. [RR]