Windows Phone 8

27 Jun 2013 11:45 | Hits: 1463

Smartfren Ascend W1-C00 – Windows Phone 8 Dual Pertama

Smartfren Ascend W1-C00 – Windows Phone 8 Dual Pertama

Nokia Lumia 520 nampaknya bakal mendapatkan 'saingan' berat dengan hadirnya Ascend W1-C00 di tanah air. Windows Phone 8 besutan Smartfren hasil Nokia termurah tersebut. Namun, dukungan teknologi Dual Mode CDMA+GSM yang digadang-gadang Smartfren Ascend W1-C00 ini nampaknya menjadi 'senjata' ampuh untuk 'mencuri' pasar Nokia Lumia murah. Smartfren sendiri nyatanya benar benar mempersiapkan ponsel ini dengan baik, tidak hanya dengan harga terjangkau namun dengan fitur dual SIM card dan spesifikasi bagus.

Desain

Layaknya smartphone Windows Phone 8 lain, Smartfren Ascend W1-C00 juga hadir dengan desain trendi dan hadir dengan pilihan warna cover. Namun, konsepnya tak 'sefleksibel' Nokia Lumia 520/620 dengan cover bongkar pasangnya. Dibanding Nokia Luma 520, bodi Smartfren Ascend W1-C00 ini sedikit lebih besar. Sisi depan bodi didominasi layar sentuh, dengan bagian depan yang memiliki area menipis. Bentuknya mengingatkan pada smartphone Sony Xperia Go. Bagian belakang terdapat corong loudspeaker, LED flash dan kamera. Untuk membuka cover belakang ini Anda cukup mencongkel lubang yang ada di bagian bahwa dengan kuku jari. Cukup simpel dan stAndar dibanding membuka back cover Lumia 520/620 yang ribet. Dibagian dalam Smartfren Ascend W1-C00 terdapat satu slot RUIM/SIM card yang bersebelahan dengan slot microSD. Menariknya, slot RUIM tersebut selain mendukung kartu CDMA, juga bisa digunakan untuk GSM loh. Hanya saja, konsep dual Mode ini cukup merepotkan jika Anda bisa memanfaatkan kartu CDMA sekaligus GSM secara bersamaan.

Smartphone yang sejatinya rebranding dari Huawei Ascend W1-C00 ini memiliki karakteristik interface yang sama dengan Lumia 520. bahkan teknologi layar yang dibenamkan pun terbilang sama persis. Artinya, Anda akan mendapatkan nuansa yang tak jauh beda antara di Lumia 520 maupun Smartfren Ascend W1-C00 ini. Mulai dari kejernihan dan ketajaman warna yang tertampil di layar, maupun kerapatan gambarnya. Bahkan, meski tak secara spesifik dijelaskan soal teknologi 'Scratch-resistant glass' yang digunakannya, namun layar Smartfren Ascend W1-C00 ini memiliki kemampuan anti gores. Jadi, Anda tak perlu repot menambahkannya dengan anti gores yang biasa ditawarkan di toko-toko ponsel. Soal tampilan dan struktur menu, termasuk karakter antarmuka Windows Phone 8 yang dibawanya, rasanya tak perlu dibahas lebih dalam. Karena pastinya akan sama persis dengan smartphone Windows Phone 8 lain sekelasnya, bahkan yang jauh di atasnya.

Performa

Spesifikasi hardware yang dibawa Smartfren Ascend W1-C00 bisa dikatakan ada diantara Lumia 720 dan Lumia 820. Namun, dengan bandrolan harga yang ditawarkan, Smartphone WP8 perdana Smartfren ini justru head to head dengan Lumia 520 dan HTC 8S. Soal performa, tentu saja ada di bawah Lumia 820. hal ini terlihat dari hasil benchmark menggunakan beberapa aplikasi uji hardware maupun software stAndar WP8. Untuk mendukung kinerja keseluruhan, Smartfren Ascend W1-C00 menggunakan baterai Lithium berkapasitas 1950 mAh. Lumayan tangguh untuk memberikan waktu siaga hingga lebih dari 4 hari dalam modus standby (tanpa aktifitas). Sementara, jika digunakan dengan maksimal hanya bisa bertahan kurang dari 1 hari. Kemampuan baterai smartphone ini juga didukung teknologi penghemat baterai hingga 30%.

Seperti disinggung sebelumnya, soal koneksi dan akses internet, Smartfren Ascend W1-C00 mendukung fungsi Dual Mode CDMA dan GSM. Namun, akses utamanya adalah CDMA 2000 1x EVDO Rev. B dengan kecepatan akses data hingga 3,1 Mbps. Dengan koneksi ini, Smartfren Ascend W1-C00 menjadi salah satu smartphone pertama yang didukung jaringan EVDO Rev. B. Sedangkan untuk jalur GSM, akses datanya cuma sebatas 2G/EDGE. Menariknya, dalam paket penjualan resmi Smartfren Ascend W1-C00 ini sudah termasuk gratis 30 hari paket Smart Plan 50rb dengan volume data 1.5GB. Tak seperti Windows Phone besutan Nokia maupun Samsung yang didukung pasar aplikasi khusus besutan si vendor, Smartfren Ascend W1-C00 hanya mengAndalkan 'store' bawaan Windows Phone 8 yang terbilang masih terbatas dan tak sekaya Play Store Android. Meski minim, aplikasi/game yang tersedia di store WP8 setidaknya bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan kinerja smartphone. Termasuk aplikasi bawaan Ascend W1-C00 sendiri seperti Office, Maps, Music + Video dan sebagainya.

Kamera

Sektor ini Smartfren Ascend W1-C00 didukung kamera yang sama tangguhnya dengan Lumia 520. Termasuk dukungan dan fitur bawaan kamera. Hanya saja, Ascend W1-C00 menambahkan beberapa fasilitas kamera yang tak dijumpai di Lumia 520 seperti touch focus dan juga face detection. Tak hanya itu, kamera Ascend W1-C00 juga didukung LED flash yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto di tempat minim cahaya dengan hasil yang cukup bagus. Bandingkan dengan hasil foto Lumia 520 di ruangan tertutup, jepretan kamera Ascend W1-C00 jauh lebih terang dan jelas. Poin plusnya lagi, WP8 Smartfren ini juga dilengkapi kamera depan beresolusi VGA yang bisa dimanfaatkan untuk self portrait maupun untuk video chat/call via aplikasi khusus. Seperti halnya Lumia 520, kamera Ascend W1-C00 juga bisa digunakan untuk merekam video HD 720p@30fps.

Kesimpulan

Smartfren Ascend W1-C00 yang dibanderol dengan harga 2 juta rupiah merupakan Smartphone Windows Phone 8 berjaringan Dual Mode CDMA EVDO Rev.B+GSM pertama yang beredar di Indonesia. Selain ketangguhan dan fitur yang dibawanya, harga paket penjualan plus bonus data menarik yang ditawarkan Smartfren nampaknya menjadi daya tarik tersendiri Smartphone ini dalam memikat konsumen tanah air. Namun, keterbatasan dukungan aplikasi/game Windows Phone 8 yang tersedia, serta masih cukup 'ribet'-nya pemanfaatan kemampuan Dual Mode karna hanya tersedia satu slot RUIM/SIM card, rasanya patut dijadikan pertimbangan, meski secara fungsi tak terlalu mengganggu. [IRW]