Smartfren Andromax U2

27 Jun 2013 10:30 | Hits: 3498

Smartfren Andromax U2, Suksesor Andromax U dengan Fitur dan Kemampuan Baru

Smartfren Andromax U2, Suksesor Andromax U dengan Fitur dan Kemampuan Baru

Kesuksesan smartphone Smartfren Andromax U di pasaran karena memberikan harga yang terbilang murah untuk sebuah smartphone dengan spesifikasi perangkat keras yang baik membuat pihak Smartfren ingin kembali mendulang sukses dengan menghadirkan suksesor Andromax U yang diberi nama Smartfren Andromax U2. Peningkatan jelas terlihat ketika membandingkan Andromax U dan suksesornya karena Andromax sudah menggunakan prosesor quad core 1.2 GHz serta peningkatan lain di sisi perangkat keras serta penggunaan sistem operasi terbaru dari Android.

Desain dan Dimensi

Belum ada informasi yang diberikan oleh pihak Smartfren mengenai gambar desain serta dimensi dari Smartfren Andromax U2 karena masih dalam tahap pengujian yang dilakukan oleh Ditjen Postel. Kemungkinan mengenai desain dan dimensi dari smartphone ini tidak akan banyak mengalami perubahan terutama di bagian dimensi karena ukuran layar dari Smartfren Andromax U dan Smartfren Andromax U2 menggunakan ukuran yang sama yaitu 4.5 Inch sehingga tidak akan terjadi perubahan ukuran yang signifikan.

Performa dan Layar

Peningkatan jelas terjadi pada bagian perangkat keras dari Smartfren Andromax U2 dibandingkan dengan pendahulunya. Jika Andromax U menggunakan prosesor dual core, Andromax U2 sudah menggunakan prosesor quad core 1.2 GHz dari chipset Qualcomm Snapdragon MSM8225. Biasanya pabrikan lokal menggunakan chipset buatan MediaTek tapi tampaknya untuk memberikan performa yang lebih optimal, Andromax U2 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon MSM8225. Selain prosesor, perangkat keras macam memori RAM juga mengalami peningkatan menjadi 1 GB serta GPU Adreno 203 tetap digunakan. Sektor layar tidak mengalami perubahan yang signifikan, mulai dari ukuran dan panel yang sama yang dipakai pada Andromax U tetap digunakan pada Andromax U2.

Konektivitas dan Memori Penyimpanan

Konfigurasi dual SIM dengan kombinasi CDMA dari Smartfren dan GSM dari operator lain tetap hadir dalam Smartfren Andromax U2. Selain dual SIM, U2 juga menawarkan fitur konektivitas standar yang pastinya terdapat di hampir semua smartphone yang ada di pasaran macam WiFi 802.11 b/g/n dengan fitur WiFi Hostpot, Bluetooth, GPS, serta dukungan micro USB untuk koneksi antar perangkat menggunakan kabel USB. Memori penyimpanan Smartfren Andromax U2 masih sama dengan Andromax U dengan menggunakan memori internal berkapasitas 4 GB. Dukungan memori eksternal tetap diberikan dengan kapasitas maksimal mencapai 32 GB melalui slot microSD yang didukung oleh smartphone ini.

Kamera dan Video Recorder

Sektor kamera juga tidak mengalami perubahan karena konfigurasi dual kamera yang dimiliki oleh Smartfren Andromax U dinilai cukup baik dan berkualitas untuk tetap digunakan. Konfigurasi dual kamera ini terdiri dari kamera utama 8 MP yang terletak di bagian belakang Smartfren Andromax U2 dengan dukungan fitur macam autofocus dan LED flash yang selain memudahkan memfokuskan objek dengan latar belakang, tapi juga memberikan kemudahan ketika melakukan pengambilan gambar dengan kondisi cahaya yang minim.

Kamera utama juga dapat merekam video dengan kualitas 1080p sehingga mampu tampil lebih baik dibanding yang lain. Kamera depan 2 MP dapat digunakan untuk fitur video call yang berkualitas dengan teman maupun kerabat dekat tanpa gangguan kualitas video yang jelek atau buram.

Baterai dan Fitur Lain

Jika pada Smartfren Andromax U diberikan baterai dengan kapasitas 1800 mAh, tampaknya Smartfren Andromax U2 akan mendapatkan baterai kapasitas yang sama atau bahkan lebih dikarenakan smartphone ini merupakan suksesor dari Andromax U. Baterai dari Andromax U juga dikenal cukup hemat dan tahan ketika digunakan secara normal seharian penuh sehingga baterai Smartfren Andromax U2 diperkirakan mampu tampil lebih baik lagi.

Perkiraan Harga dan Kesimpulan

Karena masih dalam pengujian, beberapa informasi penting dari Smartfren Andromax U2 belum dirilis macam gambar serta harga yang akan ditawarkan oleh pihak Smartfren terhadap suksesor Smartfren Andromax U ini. Andromax U disukai karena mempunyai perangkat keras yang berkualitas tapi dipasarkan dengan harga yang murah sehingga tampaknya pihak Smartfren akan mengambil langkah yang sama ketika menawarkan Andromax U2 ke pasaran untuk smartphone kelas menengah yang mampu bersaing dengan smartphone lain yang lebih bermerek. [BAM]