Software Anti Malware

24 Jun 2013 09:30 | Hits: 4525

Inilah Software Anti Malware Terbaik Yang Wajib Anda Gunakan

Inilah Software Anti Malware Terbaik Yang Wajib Anda Gunakan

Malware atau biasa disebut perangkat lunak perusak, khususnya untuk merusak sistem komputer, server maupun jaringan komputer. Namun sebagian jenis Malware juga sering disebut virus komputer oleh khalayak ramai. Sebuah survei menyebutkan bahwa 25% komputer dunia tidak dilengkapi software anti Malware. Sebenarnya sepenting apakah software anti malware tersebut?

Ada beberapa perangkat perusak terkenal yang juga mencakup sebagai virus komputer, di antaranya adalah cacing komputer, Trojan horse (kuda Troya), rootkit , spyware (perangkat pengintai), adware (perangkat iklan), crimeware (perangkat jahat) dan lain-lain. Satu-satunya cara untuk mengamankan komputer Anda dari serangan Malware tentunya adalah alat yang mampu melawannya. Software anti Malware sebaiknya harus ada pada program files dan itu sangat membantu untuk menghindari berbagai serangan. Berikut ini kami perkenalkan kepada pembaca mengenai beberapa software untuk mengatasi Malware yang dianggap terbaik dan cukup populer digunakan. Mari simak selengkapnya.

Returnil System Safe

Retunil System Safe adalah software untuk mengatasi Malware yang lumayan populer. Ini adalah sebuah software aplikasi yang mengkombinasikan antara antivirus, antimalware, system restore serta virtual system yang sekiranya mampu melindungi komputer pengguna dari virus dan Malware lain. Cara Returnil System Safe adalah dengan melakukan kloning terhadap sistem operasi komputer serta membuat sebuah lingkungan virtual.

Pengembangnya mengklaim bahwa aplikasi ini mampu mendeteksi berbagai macam virus, Trojans, Worms, Adware, Spyware, Keylogger, rootkit, serta berbagai konten yang tidak diinginkan. Selain itu juga mampu melakukan perubahan konfigurasi bijaksana dengan menghilangkan reboot sederhana. Selain itu Returnil System Safe juga menjaga komputer Anda dari konsekuensi membuka e-mail dan lampiran yang terinfeksi virus.

Meskipun merupakan aplikasi pengaman serba guna, Returnil System Safe tersedia gratis oleh pengembangnya Returnil.Inc. Anda bisa menjalankan aplikasi ini pada berbagai OS Windows, mulai dari XP, Vista, dan 7. Unduh Returnil System Safe 2011 gratis dengan ukuran 37.4 MB pada link iniUntuk versi berbayar juga tersedia yang tentunya dihadirkan dengan fitur lebih.

Malwarebytes

Setelah aplikasi buatan Returnil, software untuk mengatasi Malware selanjutnya adalah Malwarebytes. Anti malware yang satu ini diklaim mampu memberikan proteksi yang super ketat pada komputer Anda dari berbagai serangan Malware jahat. Ada beberapa fitur utama yang menjadi senjata ampuh Malwarebytes, diantaranya adalah kemampuan untuk melakukan scan penuh untuk semua drive, light speed quick scanning, terdapat pengaturan untuk meningkatkan kinerja Anti-Malware Malwarebytes, serta mampu bekerja sama dengan utilitas anti-malware lainnya. Tambahan lain adalah fitur Command  line dukungan untuk pemindaian cepat serta integrasi Menu Konteks untuk memindai file pada permintaan.

Sama seperti Returnil, Malwarebytes juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis Anda bisa mengunduh pada situs Cnet.com dengan ukuran file sebesar 9.0 MB di siniSedangkan versi berbayar dihargai USD 24.95 di sini.

Spybot – Seacrh & Destroy

Software untuk mengatasi Malware yang ketiga adalah Spybot. Dari namanya saja sudah sangat ‘ganas’, Spybot – Search & Destroy, yang artinya cari dan hancurkan. Memang, SpyBot - Search & Destroy adalah solusi keamanan bagi komputer Anda dengan fitur lengkap yang khusus dirancang untuk menjaga jenis serangan Malware. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan seperangkat alat untuk perbaikan sistem (utilites), shredding file serta pengelola item autostart. Interface Spybot memiliki pandangan yang bagus dan profesional, dengan semua modul terlihat jelas.

Nantinya Spybot akan menyediakan akses langsung ke mode pemindaian, yaitu: scan sistem dengan lengkap yang benar-benar menganalisa komputer Anda dari berbagai ancaman dan file folder. Tidak ingin eksekusi otomatis? Anda bisa saja melakukan eksekusi terhadap Malware yang tersdeteksi secara manual setelah scanning yang dilakukan.

Ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki Spybot – Search & Destroy, di antaranya adalah:

  • Mampu mendeteksi dan melakukan penghapusan keyloggers.
     
  • Command line parameters untuk mengotomatisasi tugas-tugas.
     
  • Jumlah file deteksi dan entri> 10000> 10000.
     
  • Sistem laporan untuk menemukan ancaman yang bahkan tidak diketahui oleh aplikasi antimalware lain.
     
  • Tersedia informasi rinci tentang masalah yang ditemukan.
     
  • Penggantian skin interface sesuai keinginan pengguna.

Selain beberapa fitur di atas, Spybot masih memiliki banyak fitur lainnya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Safer Networking Limited dan berlisensi gratis. Unduh aplikasi ini di sini secara gratis berukuran 34.5 MB. Penggunaannya dapat dijalankan pada berbagai OS Windows, XP, Vista dan 7. [ALX]