Oppo Find 5 Mini

25 Jun 2013 09:00 | Hits: 1400

Oppo Find 5 Mini, Versi Kecil Oppo Find dengan Harga Lebih Murah

Oppo Find 5 Mini, Versi Kecil Oppo Find dengan Harga Lebih Murah

Oppo Find 5 merupakan smartphone flagship dari Oppo yang mendapat banyak perhatian karena spesifikasi perangkat keras dan fitur yang berkelas serta desain premium digabung dengan harga yang lebih murah dibanding smartphone flagship merek terkenal dengan kemampuan sebanding. Sekarang Oppo dikabarkan akan merilis versi mini dari Find 5 dengan nama Oppo Find 5 Mini dengan ukuran yang jauh lebih kecil tentunya serta pemangkasan pada beberapa sektor macam ukuran layar serta penurunan clock speed pada prosesor.

Desain dan Dimensi

Tidak ada perbedaan yang drastis dari desain Oppo Find 5 Mini dengan pendahulunya karena dari segi fisik, perubahan hanya terjadi pada bagian dimensi yang lebih kecil. Jika Oppo Find 5 hanya memiliki 2 pilihan warna yaitu versi white dan midnight hitam, Find 5 Mini memiliki varian warna yang lebih banyak yaitu merah, hijau, kuning, dan biru yang berada pada bagian bawah layar dengan badan tetap didominasi warna hitam pekat. Warna ini sedikit mengingatkan dengan notification light pada seri Sony Xperia yang berfungsi sebagai penanda ketika ada notifikasi yang masuk, tidak diketahui apakah warna pada Find 5 Mini ini berfungsi sama atau hanya sebagai penghias saja. Soal dimensi pastinya Find 5 Mini jauh lebih kecil dibandingkan Find 5 karena menggunakan ukuran layar yang jauh lebih kecil.

Performa dan Layar

Jika kakaknya menggunakan prosesor quad core 1.5 Ghz dari chipset Qualcomm Snapdragon, Oppo Find 5 Mini memangkas chipset dan prosesr yang dipakai dengan menggunakan chipset dari MediaTek dengan prosesor quad core 1.2 Ghz. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara kedua chipset dan prosesor yang dipakai jadi tidak ada masalah dengan performa Find 5 Mini walaupun masih di bawah Find 5.

Soal memori, tampaknya juga akan dipangkas menjadi sekitar 1 GHz atau 1.5 GHz jika dibanding dengan Find 5 yang menggunakan memori RAM sebesar 2 GB. Perubahan drastis terjadi pada bagian layar karena Opp Find 5 Mini sendiri mengusung kata Mini pada namanya, makanya ukuran layar juga menjadi jauh lebih kecil. Layar 5 Inch milik Find 5 dipangkas menjadi ukuran layar yang imut yaitu 3.7 Inch dengan resolusi 720p dengan teknologi panel IPS untuk kejernihan dan ketajaman layar yang jauh lebih baik. Spesifikasi layar Find 5 masih di atas karena mengusung teknologi layar yang lebih baik dan resolusi Full HD yang lebih tinggi dibanding 720p atau HD.

Konektivitas dan Memori Penyimpanan

Sektor konektivitas antara kedua smartphone dari Oppo ini tampaknya tidak akan terlalu berbeda jauh karena fitur konektivitas yang dimiliki Oppo Find 5 tergolong lengkap dan standar untuku kisaran smartphone Android. Pastinya fitur macam WiFi 802.11 a/b/g/n dengan dukungan WiFi Direct dan WiFi Hotspot tetap diberikan pada Find 5 Mini termasuk fitur lain macam Bluetooth v4.0 dengan A2DP, koneksi dengan kabel menggunakan microUSB, teknologi navigasi dan pencari lokasi GPS serta kecepatan akses internet menggunakan HSPA+. Sektor memori penyimpanan dari Find 5 Mini pastinya dipangkas dari memori internal Oppo Find 5 yang berkisar antara 16 sampai 32 GB menjadi sekitar 8 GB dengan dukungan memori eksternal sampai 32 GB.

Kamera dan Video Recorder

Sektor kamera pada Oppo Find 5 Mini seperti sektor perangkat keras yang lain masih belum diketahui dengan pasti sehingga cukup susah untuk meramalkan teknologi atau resolusi yang digunakan oleh Oppo untuk bagian ini tapi yang pasti akan lebih rendah dibanding kamera 13 MP milik Find 5.

Baterai dan Fitur Lain

Sesuai dengan namanya, Oppo Find 5 Mini akan dibekali dengan baterai dengan kapasitas lebih kecil dibanding baterai permanen 2500 mAh miliki Find 5.

Perkiraan Harga dan Kesimpulan

Berdasarkan dengan rumor yang beredar, Oppo Find 5 Mini akan dipasarkan dengan banderol harga berkisar 2.5 sampai 3,8 juta Rupiah untuk smartphone versi kecil dari Find 5 ini dengan performa yang tidak terlalu berbeda jauh berkat prosesor yang tidak terlalu dipangkas secara signifikan. [BAM]