Sony Ericsson Murah

03 Aug 2012 20:00 | Hits: 24724

Sony Ericsson E15i Xperia X8 - Sony Ericsson Murah dengan Balutan Android

Smartphone berbasis Android kini semakin banyak diminati. Dengan banyaknya pilihan tipe, harga, spesifikasi gadget Android yang beredar di pasaran saat ini Anda tinggal menyesuaikan gadget yang mana yang akan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kali ini Paseban akan mengulas smartphone dari Sony Ericsson yang memiliki harga relatif murah yaitu di bawah 1.5 juta.

Sony Ericsson murah dalam tanda kutip ini adalah Sony Ericsson E151 Xperia X8. Sony Ericsson Xperia X8 memang bukanlah yang terbaik di generasinya tetapi gadget Android yang pantas diperhitungkan. Bahkan disebut-sebut sebagai gadget Android Xperia untuk semua orang karena dilihat dari ukuran dan harganya yang cukup "bijak”.

Desain Dan Dimensi

Sony Ericsson E15i Xperia X8 memiliki dimensi 99 x 54 x 15mm dengan berat 104 gram dengan dibalut dalam kemasan desain dan bentuk yang sexy, tipe smartphone yang membuat Anda akan terlihat elegan saat sedang menggenggam "droid” putih yang cantik ini. Body Xperia 8 terbuat dari plastik walaupun begitu memiliki casing yang cukup solid. Seperti umumnya ponsel layar sentuh, tampilan bodi depan minimalis. Hanya ada layar lebar dengan tersedia tiga buah tombol fisik khas Xperia dengan pola yang menonjol di bagian bawah X8. Yakni tombol untuk menu, home dan back.

Layar

Memiliki layar TFT Capacitive Touchscreen HVGA 16M colours dengan berukuran 3 inci dan memiliki resolusi 320x480 pixels cukup mendukung untuk menampilkan gambar dengan warna yang cukup jelas dan tajam. Sony Ericsson murah ini memang dapat mendukung sampai 16 juta warna tetapi dikarenakan sistem operasi Android ini masih menggunakan versi 1.6 sehingga yang hanya dapat mendukung sampai 64 ribu warna sehingga kemampuan warna yang dihasilkan tidak mencapai kemampuan yang maksimal. Tetapi dengan dilengkapi Capacitive Touchscreen membuat Sony Ericsson E15i Xperia X8 memiliki sensor layar sentuh yang cukup baik dan responsif.

Fitur

Smartphone yang masih menggunakan sistem operasi OS Android 1.6 (Donut) dengan kecepatan prosesor 600 Mhz ini menawarkan beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan. Beberapa fitur tersebut diantara lain Xperia X8 Music Player. Fitur untuk memutar koleksi musik Anda dengan kualitas yang jernih dan tajam. Dan performa suara smartphone ini akan lebih maksimal bila Anda menggunakan headset dengan ukuran standar 3.5mm. Hal ini memang menjadi keahlian dari Sony Ericsson dalam memanjakan telinga pengguna smartphone ini.

Fitur ini juga memiliki tombol Infinite yang memberikan Anda akses langsung ke YouTube dan PlayNow. Sony Ericsson Xperia X8 juga dilengkapi dengan radio FM, yang memiliki tampilan muka yang simple dan rapi. Secara otomatis dapat memindai stasiun radio yang tersedia di lokasi Anda. Begitu juga dengan fitur video dari smartphone ini tergolong sederhana tanpa banyak pilihan mode. Video dengan format MP4 akan memberikan hasil yang maksimal untuk dimainkan Xperia X8.

Sony Ericsson Xperia X8 mendukung jaringan 3G/HSDPA untuk akses internet. Selain itu juga dilengkapi fasilitas WiFi yang cukup baik dalam menangkap sinyal. Terdapat juga browser bawaan X8 untuk Anda gunakan dalam menjelajahi dunia maya.

Kemudian terdapat fitur Timescape yang memberikan Anda kemudahan untuk mengakses situs-situs jejaring social dengan mudah tanpa perlu kembali ke layar menu utama. Untuk menyimpan data Xperia X8 memiliki ruang memory 170MB dan slot micro SD tambahan.

Kamera

Memiliki kualitas kamera 3.15 megapixel yang cukup dapat memberikan hasil yang baik bila Anda menggunakannya di tempat yang kondisi cahaya yang cukup. Gambar yang dihasilkan cukup jelas dengan fokus. Tetapi bila Anda menggunakannya di dalam ruangan yang tidak memiliki cahaya yang cukup warna foto yang dihasilkan menjadi kurang tegas. Dan untuk video kamera Xperia X8 dapat merekam dengan kualitas VGA 30 fps.

Kesimpulan

Dengan harga yang relatif terjangkau di kelas smartphone Android Sony Ericsson Xperia X8 menjadi pilihan yang masuk akal untuk Anda pertimbangkan, walaupun memiliki beberapa kekurangan di segi kamera tetapi untuk smartphone di kelas menengah Xperia X8 cukup menggoda. Kini kembali kepada Anda smartphone seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. [RR]