Aplikasi Video Editing

23 Jun 2013 18:00 | Hits: 1259

Video Cutter - Aplikasi Video Editing Android yang Layak Anda Coba

Video Cutter - Aplikasi Video Editing Android yang Layak Anda Coba

Semakin tingginya minat masyarakat akan mobile photography membuat mobile video pun menjadi ikut bersinar. Tidak jarang para pemilik smartphone menggunakan ponsel mereka untuk merekam video langsung dari ponsel kesayangan mereka. Sayangnya masih ada beberapa kekurangan yang dirasakan oleh para pengguna ponsel. Selain masih kurangnya resolusi dan kualitas video yang dihasilkan, tidak semua perangkat Android yang beredar di pasaran dibekali dengan aplikasi video editing.

Ini mengakibatkan video yang dihasilkan harus dipindahkan terlebih dahulu atau malah menjadi kurang bagus untuk ditonton karena masih kurang sentuhan akhir, yaitu proses editing yang terbilang cukup penting untuk dilakukan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan fungsi serupa dengan mendownload aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda dapatkan secara gratis dari Play Store. Penasaran? Ayo kita simak ulasan aplikasi video editing di bawah ini untuk membuat Android kesayangan Anda memiliki fungsi untuk melakukan edit video.

Download Aplikasi Video Cutter

Video Cutter merupakan aplikasi besutan developer RPDEV. Aplikasi berukuran 3MB ini dapat Anda unduh secara gratis langsung dari Play Store. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam melakukan proses edit video.

Proses Instalasi

1. Lakukan Instalasi Video Trimmer dari Play Store.

2. Selanjutnya, buka video Trimmer dan pilih video yang ingin Anda edit.

3. Silakan pilih fungsi edit yang ingin Anda lakukan. Mari kita mulai dengan fungsi video cutter yang bisa And aaktifkan dnegan memilih ikon gunting.

4. Berikutnya tentukan rentang durasi video mana yang ingin Anda potong dengan menggeser dua cincing yang ada, maka Anda akan melihat angka yang akan mengindikasikan pemotongan video dari durasi cincin pertama hingga durasi yang ditunjukan oleh kedua cincin kedua.

5. Setelah rentan video yang ingin dipotong sudah ditentukan, lanjutkan dengan memilih ikon gunting yang ada pada pojok atas sebelah kanan. Selanjutnya, silakan simpan video hasil pemotongan apakah dengan menimpa video asli atau menyimpannya dengan nama lain.

6. Begitu proses pemotongan video selesai, maka Anda dapat melihat langsung hasilnya.

Konversi ke Audio

1. Selain dapat Anda pakai untuk memotong video, Anda juga dapat mengkonversi video menjadi sebuah file audio berformat MP3.

2. Ulangi langkah 2 dan lanjutkan dengan memilih ikon musik. Maka Video Trimmer akan secara otomatis memproses video tersebut menjadi sebuah file audio berformat MP3.

3. Berikutnya, Anda dapat langsung mendengarkan file audio hasil konversi dari Video Trimmer.

Konversi ke MP4

1. Tidak smeua perangkat Android mendukung pemutaran video dalam beragam format. Untuk itu, video Trimmer juga menyediakan fungsi konversi video ke video berformat MP4 yang merupakan format video yang paling banyak didukung oleh perangkat Android.

2. Untuk memulai ulangi langkah 2 di atas yang kemudian dilannjutka dnegan memilih ikon serupa setting. Berikutnya, Anda akan diminta untuk menentukan resolusi serta kualitas video hasil konversi yang diinginkan.

3. Setelah itu tunggu hingga proses koversi selesai.

Beri Sentuhan Efek

1. Selain konversi, Anda juga dapat memberikan sentuhan efek pada video Anda dan menimpannya dalam format MP4. Video Trimmer menyediakan 10 pilihan efek yang meliputi original, B$W, Luma, TintOr, Glow, Negate, Pixellate, posterize, SwapUV dan Edge Detect.

2. Untuk memberikan efek, ulangi langkah 2 dan pilih ikon menyerupai tongkat ajaib. Berikutnya, pilih efek yang diinginkan.

3. Untuk menerapkan efek yang dipilih resolusi dan kualitas video yang ingin dihasilkan. Berikutnya lanjutkan dengan memilih export.

4. Tunggu hingga proses transcoding selesai dan pilih “view result” untuk melihat video yang sudah Anda berikan sentuhan efek. Sama seperti fungsi konversi video, pada video hasil transcode akan tampak sebuah watermark di pojok kanan bawah.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk melakukan proses edit pada video di Android kesayangan Anda? Tidak perlu repot dan pusing, karena aplikasi ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan video yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Jadi, selamat mengunduh dan mencoba aplikasi Video Cutter ini. [IRW]