Aplikasi Membaca PDF

31 Jul 2012 15:00 | Hits: 6778

Cool Reader - Aplikasi Membaca PDF di Android dengan Lebih Menyenangkan

Bagi para pengguna Android, sudah banyak sekali aplikasi membaca file-file PDF mulai dari yang paling klasik Adobe Reader hingga yang terlihat lebih modern yaitu Moon+ Reader. Namun di antara jajaran aplikasi membaca PDF, ada satu lagi aplikasi pembaca PDF file yang patut diperhitungkan yaitu Cool Reader. Sesuai dengan namanya, Cool Reader dari Vadim Lopatin memiliki fungsi utama untuk membaca file-file PDF, tetapi tidak hanya berfungsi untuk membaca file PDF saja, terdapat beberapa alasan kenapa Cool Reader patut disejajarkan dengan top aplikasi untuk membaca file PDF.

Selain untuk membaca file berformat PDF, Cool Reader ternyata mampu membaca berbagai macam format eBook tidak seperti aplikasi lain yang cukup terbatas dalam pembacaan format eBook tertentu. Beberapa format eBook seperti epub, fb2, txt, doc, rtf, html, chm, tcr, pdb, pml, mobi format dan masih banyak lagi. Bagi para pengguna Android di Indonesia mungkin tidak terlalu familiar dengan buku berformat epub tetapi di kalangan Android internasional seperti Amerika, format epub sangatlah popular karena dikatakan paling mudah digunakan dan simple untuk membaca eBook.

Cool Reader merupakan saingan berat Moon+ Reader dalam hal pengaturan pembacaan eBook yang bisa diatur sendiri. Cool Reader diberkati dengan jumlah pilihan pengaturan yang amat kaya, mulai dari pengeditan yang tersedia di kedua menu hingga penampilan eBook itu sendiri. Dalam opsi menu tersedia fitur day mode dan night mode. Cool Reader mengatur dan menempatkan profile terpisah untuk setiap modenya dan akan secara otomatis mengganti mode ketika Anda mengaktifkan mode pembacaan yang lain. Bagi yang belum terlalu familiar dengan program eBook reader, day mode biasanya memiliki warna teks yang gelap dengan warna latar belakang yang terang dan untuk night mode berlaku sebaliknya.

Kedua mode tersebut sebenarnya merupakan hal biasa yang sering ditemukan pada aplikasi membaca PDF lainnya tetapi yang menarik dari Cool Reader adalah aplikasi ini mengambil satu langkah ke depan dengan mengintegrasikan fungsi mode ini dengan opsi yang tersedia lainnya. Sebagai contoh Cool Reader memungkinkan Anda untuk mengganti jenis dan ukuran huruf teks bahkan ketika Anda sedang membaca. Sehingga Anda bisa menempatkan setiap opsi-opsi ini ke dalam profile day atau night mode, jadi Anda akan mendapatkan day profile yang memiliki ukuran huruf 12pt dengan warna hijau terang sedangkan untuk night profile Anda bisa mendapatkan ukuran huruf 20pt dengan warna jingga tua dimana hasil kedua profile ini dijamin tidak akan membuat mata Anda cepat lelah. Setiap kombinasi huruf, jenis huruf, warna bisa dilakukan dan disimpan di profile manapun yang Anda suka.

Untuk urusan latar belakang, karena Cool Reader mengusung tema retro sehingga bisa dibayangkan tema yang dimilki pasti menawarkan nuansa warna-warna old fashion dan berkesan klasik. Namun Anda tetap bisa mengatur warna tema karena Cool Reader menggunakan system pencampuran warna yang biasa digunakan sehingga Anda dapat memilih berbagai warna, hue dan shades yang diinginkan. Tidak cukup sampai di situ, Anda juga bisa memasukkan gambar kesukaan Anda (format jpgs atau bmps) untuk dijadikan latar belakang.

Dan mungkin yang menjadi fitur Andalan Cool Reader adalah kemampuannya untuk menyesuaikan berbagai macam opsi dan fitur ke dalam apa yang kemudian dikenal sebagai tap zone dalam menampilkan eBook. Tap zone berarti setiap halaman yang Anda baca akan terbagi secara tidak kasat mata ke dalam Sembilan ukuran blok yang terpisah dan berukuran sama rata atau zone yang adalah sentuhan sensitive. Mungkin Anda bisa melihatnya secara langsung ketika Anda sudah mengunduh aplikasi ini. Anda bisa menyesuaikan apa yang tiap zona individu lakukan ketika mengaktifkannya dengan mengetuknya satu, dua kali atau menekannya sedikit lama di area tersebut. Cara ini cukup efektif ketika Anda ingin menAndai bagian yang dirasa cukup menarik. Cool Reader juga dilengkapi fitur pengatur tingkat pencahayaan dimana cukup dengan menggulirkan layar ke atas-bawah atau samping kiri-kanan untuk menaikkan-turunkan tingkat pencahayaan.

Untuk spesifikasi lebih jelas dari Cool Reader itu sendiri, Anda bisa mengunjungi aplikasi ini di Google Play Store dan jangan kaget ketika menemukan bahwa aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang cukup banyak terutama pada versi terbarunya 3.0.57-15. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di sini dan cukup membutuhkan OS Android 1.5 untuk dapat menginstallnya. [FJ]