Aplikasi Kamera Android

18 Jul 2012 16:00 | Hits: 2407

Sketch Me - Aplikasi Kamera Android untuk Mengubah Menjadi Sketsa

Sketch Me - Aplikasi Kamera Android untuk Mengubah Menjadi Sketsa

Dunia fotografi tidak ada habis-habisnya mengeluarkan teknologinya yang terbaru, berbagai efek-efek foto yang menabjubkan yang mampu mengubah sebuah foto biasa menjadi luar biasa melalui sentuhan efek fotografi. Sekarang ini tidak hanya efek foto penuh warna yang banyak diminati oleh orang, efek foto klasik seperti efek sketsa juga banyak dinikmati oleh banyak orang. Foto atau gambar sketsa itu sendiri memiliki nilai lebih dikarenakan hanya terfokus pada garis atau kontur objek yang akan dijadikan sketsa sehingga memberikan kesan tegas melalui setiap tarikan garisnya. Namun jangan khawatir jika Anda tidak ahli dalam menggambar sketsa, ada salah satu aplikasi Android yang mampu menghadirkan efek sketsa dan aplikasi ini bernama Sketch Me.

Aplikasi Sketch Me dari Roidstudio merupakan aplikasi kamera Android yang dapat menjadikan gambar atau foto ke dalam bentuk efek sketsa pensil, crayon atau cat minyak. Aplikasi Sketch Me sangatlah simple karena tidak menawarkan fitur-fitur tambahan yang jika dibandingkan dengan aplikasi efek kamera yang biasanya memiliki user interface yang sedikit rumit. Anda cukup memilih foto atau ‘menjepretnya’ langsung yang ingin Anda jadikan foto sketsa. Setelah foto dipilih, proses penyaringan akan berjalan kemudian Anda akan diperlihatkan foto Anda dalam bentuk sketsa.

Aplikasi ini memang di desain minimalist dengan hanya menghadirkan empat macam opsi yang berbeda. Opsi-opsi tersebut termasuk tombol kamera yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar, memilih langsung dari galeri foto di Android atau dari foto-foto di akun Facebook Anda. Opsi kedua yaitu menyimpan file yang baru dibuat sehingga jika Anda bisa memperlihatkan atau membagi melalui MMS ataupun jejaring social. Opsi ketiga yaitu mengirimkan hasil foto sketsa Anda melalui e-mail kemanapun Anda mau mengirimnya. Dan yang terakhir tentu saja point utama dari aplikasi Sketch Me yaitu mengedit foto ke dalam bentu sketsa.

Ada tiga macam pilihat efek di Sketch Me yaitu sketsa pensil, crayon dan cat minyak. Anda bisa menuangkan kreativitas Anda dalam membuat sketsa menggunakan kuas yang bervariasi yang bisa digunakan baik untuk membuat sketsa dengan pensil maupun cat minyak. Kuas-kuas yang ada di Sketch Me bervariasi dalam hal penekanan yang diberikan sehingga akan lebih menampilkan efek sketsa. Jika ada bagian gambar yang ingin diubah, Anda bisa menggunakan eraser untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan. Tidak hanya berfungsi mengubah saja, jika Anda memiliki gambar yang Anda ingin re-touch, Anda bisa menggunakan opsi cat minyak sehingga lebih berkesan seperti sebuah lukisan. Fitur Undo dan Redo juga tersedia sehingga Anda bisa mengutak-atik foto sampai puas. Untuk pilihan warna karena ini merupakan aplikasi efek foto sketsa bukan berarti hanya tersedia warna hitam-putih saja melainkan banyak warna-warna yng dimilki aplikasi ini. Fitur rotasi juga akan membantu Anda untuk memutar-mutar posisis foto sesuai keinginan Anda.

Sketch Me sangatlah mudah digunakan, jika Anda tidak terlalu ahli menggambar sketsa, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini. Cukup dengan satu klik, foto ‘biasa’ akan berubah ke dalam bentuk sketsa, mudah bukan? Jika Anda ingin memamerkan sketsa hasil editan Anda, seperti halnya dengan aplikasi kamera Android lain yang terintegrasi dengan jejaring sosial, Sketch Me juga terintegrasi ke Twitter dan Instagram sehingga Anda bisa membaginya ke keluarga dan teman terdekat Anda. Karena aplikasi ini di desain sangat simple maka Anda jangan terlalu mengharapkan sebuah foto sketsa yang sangat sempurna namun jika Anda ingin sedikit mengeditnya lagi, Anda bisa mengimpornya ke instagram dan melakukan proses edit lanjutan.

Secara keseluruhan aplikasi ini hanya bertujuan untuk mengubah foto ke dalam bentuk sketsa. Tentu saja dengan ketegasannya itu, proses pengeditan bisa berlangsung dengan cepat dan mudah. Menurut beberapa review dari para penggunanya, menggunakan Sketch Me seperti melihat versi ‘bersih’ dan hitam-putih dari foto Anda. Bagaimanapun, aplikasi ini pantas untuk di unduh jika Anda sedang bosan atau memiliki waktu senggang dan ingin melakukan edit-mengedit foto yang tidak terlalu rumit. Aplikasi Sketch Me bisa didapatkan secara gratis di Google Play dan membutuhkan minimal OS Android 1.5 untuk dapat menggunakannya. [FJ]