Membuat Stop Motion

13 Jul 2012 12:00 | Hits: 8896

Lima Aplikasi Membuat Stop Motion untuk Perangkat iOS dan Android

Lima Aplikasi Membuat Stop Motion untuk Perangkat iOS dan Android

Kreatifitas memang tidak terbatas. Ada berbagai hal kreatif yang dapat Anda lakukan dengan berbagai media kreatif. Tidak semua orang mungkin memiliki kemampuan untuk membuat animasi stop motion. Terlebih jika hal itu dilakukan dengan cara tradisional mengambil gerak demi gerak sebuah objek agar dapat dijadikan sebuah gambar bergerak. Namun, kali ini ada beragam pilihan software dan aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat stop motion. Bahkan ada berabgai pilihan aplikasiyang dapat Anda manfaatkan, baik melalui perangkat bersistem operasi iOS ataupun Android. Ingin tahu daftar aplikasi tersebut? Simak ulasan berikut.

iStopMotion for iPad

Para pengguna perangkat tablet iPad, dapat memanfaatkan aplikasi satu ini untuk menciptakan stop motion dengan mudah dan menarik. iStopMotion dapat dengan mudah menceritakan cerita Anda menggunakan objek seperti mainan atau clay dan membawanya ke kehidupan nyata, frame demi frame. Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak Anda dan melihat pontensi-potensi kreatifitas yang mereka hasilkan melalui aplikasi ini. Fitur yang terdapat di dalamnya yang dapat Anda manfaatkan adalah kehadiran fitur Camera Overlay. Fitur ini memungkinkan kamera merekam perubahan gerak dari satu gambar ke gambar lain. Dengan demikian animasi akan bergerak lebih cepat dan juga memiliki akurasi yang baik. Ada pula fitur Instant Playback yang dapat memainkan ulang hasil pengolahan animasi Anda dengan cepat. Anda dapat membagikan hasil rekaman animasi stop motion melalui Camera Roll, email, bahkan langsung ke akun YouTube Anda. Unduh iStopMotion for iPad seharga $9.99 di sini.

iStopMotion for iPad - The CLAY & LEGO CLIP

Lapse It

Lapse It merupakan aplikasi yang mampu merekam video dengan fitur-fitur menarik di dalamnya. Selain video, Anda dapat mengambil gambar menggunakan sensor kamera yang baik. Untuk membuat sebuah karya animasi stop motion, di dalamnya Anda dapat menggunakan fitur Stop Motion Mode. Tampilan interface aplikasi ini sangat menarik dan telah dilengkapi denagn fitur-fitur tambahan lainnya seperti rotasi dan lainnya. Anda dapat merender file video mulai dari MP4, MOV dan FLV serta mengunggahna secara langsung melalui YouTube, dan akun jejaring sosial lainnya. Ada berabgai efek unik yang dapat memberikan tampilan video menjadi menarik. Lapse It dapat menjadi aplikasi stop motion yang patut untuk Anda coba. Pasalnya berkat fitur-fitur di dalamnya, aplikasi ini sempat menerima beberapa penghargaan prestisius. Tertarik menggunakan Lapse It? Anda dapat mengunduh aplikasi ini seharga $1,99 melalui Google Play Store di sini.

How to shoot Time Lapse videos with your mobile device

Frameographer - Stop Motion & Time-Lapse

Frameographer merupakan aplikasi untuk membuat stop motion dan video time-lapse yang dapat digunakan pada perangkat iOS. Aplikasi ini mampu menghasilkan kualitas video HD, dan memiliki tampilan interface yang intuitif dan hadir dengan tingkat kecerahan yang baik. Stop motion dan time-lapse video diciptakan dengan mengambil beberapa rentetan gambar dan mengolahnya kembalo dengan kecepatan tertentu. Frameographer dapat membuat proses pembuatan stop motion lebih cepat dan menyenangkan. Adapun fitur-fitur di dalamnya seperti kualitas jepretan HD, sekitar 1080 untuk perangkat iPhone 4S, dan 720 untuk seluruh perangkat. Anda dapat memanfaatkan setting shutter baik secara manual maupun otomatis. Untuk menambah keunikan video, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menambahkan soundtrack dengan berabgai lagu yang terdapat di library iTunes Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi Frameographer ini seharga $2,99 melalui iTunes di sini.

[App Store] Frameographer

Stop Motion Recorder

Sesuai dengan nama yang disematkan kepada aplikasi ini, Stop Motion Recorder merupakan aplikasi kamera yang memungkinkan Anda untuk membuat video stop motion. Fitur utama dari aplikasi ini adalah kemampuannya mendukung fitur HD, dukungan tambahan suara latar, proses render yang cepat, proses perekaman gambar otomatis dengan interval waktu yang ditentukan. penjepretan secara manual, dan lainnya. Anda dapat berbagai hasil video stop motion melalui berabgai akun jejaring sosial seperti Twitter, Flickr, YouTube dan lainnya. Ada sekitar delapan efek video yang dapat memberikan tampilan menarik di dalamnya seperti Original, Lomography, YellowGel, VintageGreen, Intant, Noir, Sepia, dan juga Mirror. Selain itu tampilan interface-nya pun mudah untuk dimengerti dan nyaman untuk digunakan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Graf ini dapat Anda unduh seharga $0,99 melalui iTunes di sini.

[iPhone App] Stopmotion recorder

Clayframes

Anda menyukai film animasi stop motion seperti Chicken Run atau Shaun The Sheep? Dua film animasi tersebut bukan lain adalah film yang diproduksi dengan menggunakan teknik clay animation. Clay atau bahan semacam tanah liat memang banyak digunakan untuk memproduksi banyak hal. Setiap clay dibentuk menjadi beberapa materi karakter dan diberikan rincian gerak setiap frame-nya. Clayframes adalah aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat stop motion seperti halnya kedua film tersebut. Di dalamnya Anda dapat memiliki fitur resolusi gambar hingga kualitas HD, memanfaatkan trigger kamera atau tepukkan tan untuk memanfaatkan shutter. Selain itu, Anda dapat berbagai video stop motion hasil karya Anda melalui email, YouTube ataupun akun jejaring sosial. Anda dapat mengunduh Clayframes ini seharga $2,47 melalui Google Play Store di sini. [MS]