Free Aplikasi Komputer

12 Jul 2012 14:00 | Hits: 3084

Kumpulan Free Aplikasi Komputer untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Anda

Kumpulan Free Aplikasi Komputer untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Anda

Banyaknya free aplikasi komputer di luar sana, membuat Anda ragu untuk menentukan pilihan mana yang cocok untuk perangkat komputer Anda. Tentunya dalam memilih aplikasi ini disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beberapa aplikasi yang dibutuhkan komputer Anda antara lain seperti anti-virus, defragmenter, ataupun recovery.

Berbicara tentang aplikasi utilitas untuk komputer Anda, pada ulasan kali ini Paseban memiliki daftar aplikasi yang memiliki kinerja terbaik yang bisa Anda gunakan pada komputer Anda agar Anda tidak salah memilih aplikasi terbaik untuk komputer. Untuk mengetahui apa sajakah daftar aplikasi yang bisa Anda gunakan pada komputer Anda, berikut ulasannya.

Anti-virus Software

Pada software anti-virus ini, Paseban memiliki beberapa aplikasi rekomendasi pilihan untuk mengamankan komputer Anda dari serangan virus yang tidak terduga datangnya dan secara tidak langsung dapat mengganggu kinerja komputer atau merusak file Anda. Untuk mengetahui aplikasi anti-virus apa saja yang menjadi rekomendasi untuk Anda, bisa Anda ikuti pada ulasan Paseban berikut ini.

avast! Free Antivirus

avast! Mengisi urutan pertama untuk anti-virus yang menjadi rekomendasi. Meskipun kebanyakan tersedia dalam versi berbayar, namun avast! pun menyediakan versi free atau gratis bagi para penggunanya untuk mencoba anti-virusnya. Untuk versi gratisnya ini, Anda akan diberikan pengamanan antara lain, memblokir virus dan spyware dan memberikan Anda kendali pada komputer Anda. Pengamanan lengkap akan Anda dapatkan ketika Anda membeli untuk versi pro, namun tak ada salahnya Anda mencoba versi gratis. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Avira Free Antivirus

Berbeda dengan avast! yang hanya menyediakan dua buah fitur pengamannya pada versi gratis, Avira justru memberikan penggunanya tiga buah fitur yang bisa Anda gunakan, antara lain antivirus, blok virus dan perlindungan pada saat Anda sedang melakukan instalasi sebuah program pada komputer Anda. Untuk mendapatkan antivirus ini, Anda bisa mengunduhnya di sini.

AVG Antivirus Free Edition

Antivirus yang menduduki posisi terakhir adalah AVG. Antivirus yang sudah memiliki pengalaman 20 tahun dalam mengamankan komputer dari serangan virus dan malware ini juga menawarkan pengamanan yang maksimum pada komputer Anda dengan versi gratisnya. Antivirus yang mendapatkan penghargaan sebagai antivirus terbaik dan mendapatkan Gold Certified dari Microsoft ini sayang untuk Anda lewatkan untuk masuk ke dalam daftar antivirus terbaik pilihan Anda. Untuk mendapatkan antivirus ini Anda bisa mengunduhnya di sini.

Defragmenter

Defragment secara tidak langsung memberikan pengaruh yang besar terhadap kinerja komputer. Fungsi dari defrag sendiri adalah menjaga kestabilan dan kondisi hardisk karena defragmenter mampu mengakomodasi dan memperbaiki boot sector dalam hardisk ataupun error program. Banyak defragmenter yang disediakan diluar sana secara gratis, namun jika Anda tidak bijak dalam memilih, maka tentunya Anda pasti akan kecewa. Dan berikut ini Paseban akan memberikan beberapa defragmenter terbaik pilihan yang bisa Anda gunakan.

Auslogics Disk Defrag

Defragmenter pertama yang menjadi pilihan adalah Auslogisc Disk Defrag. Aplikasi ini sangat simpel dalam penggunaannya. Memiliki tampilan yang sangat friendly user, aplikasi ini sangat cepat dalam pengoperasiannya. Itu mengapa aplikasi ini menjadi rekomendasi pertama untuk Anda miliki. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Defraggler

Aplikasi berikutnya datang dari deflagger, aplikasi yang memiliki format portable ini bisa tidak perlu memakan tempat pada komputer Anda, karena Anda bisa menginstallnya pada USB drive. Meskipun portable, namun aplikasi ini mampu bekerja secara maksimal layaknya aplikasi biasa. Dengan aplikasi ini Anda bisa melihat mana saja disk yang belum maupun telah dilakukan defrag pada tab yang memiliki warna yang memiliki arti yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di sini.

IObit Smart Defrag

Urutan berikutnya diisi oleh IObit Smart Defrag. Aplikasi defrag ini selain menawarkan defragment pada komputer Anda, juga menawarkan fitur lain seperti Malware scan, registry fix, shortcut fix, privacy sweep dan clean junk files. Fitur lain ini bisa dilakukan hanya dengan waktu 5 menit saja. Untuk melakukan defrag sendiri, Anda tidak perlu menunggu atau terganggu dengan tampilan jendelanya, karena aplikasi ini mampu berjalan pada latar yang artinya Anda masih bisa melakukan aktivitas lain pada komputer Anda selama aplikasi ini bekerja untuk Anda. Untuk mengunduh aplikasi ini Anda bisa mengunduhnya di sini.

File Recovery

File recovery berguna ketika Anda tidak sengaja menghapus file penting secara permanen dan ingin mengembalikannya kembali, atau Anda sudah terlanjur membersihkan Recycle Bin. Ada beberapa aplikasi File Recovery pilihan yang bisa Anda gunakan yang tentunya aplikasi ini terbaik di kelasnya. Untuk mengetahui apa saja aplikasi File Recovery tersebut, bisa Anda ikuti ulasan Paseban di bawah ini.

¬¬Recuva
Aplikasi ini sangat efektif untuk mengembalikan file Anda yang tidak sengaja terhapus. Untuk penggunaannya sendiri, aplikasi ini sangat mudah digunakan, bahkan untuk seorang yang tidak terlalu paham tentang komputer sekalipun. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu melakukan scanning pada disk Anda dan secara otomatis akan menampilkan file yang telah terhapus dari komputer Anda, dan untuk mengembalikannya Anda hanya perlu mengklik tombol recover dan dengan segera file Anda akan kembali utuh. Untuk mengunduh aplikasi ini Anda bisa mengunjungi link ini.

FreeUndelete

Aplikasi berikutnya datang dari FreeUndelete. Cara kerja dari aplikasi inipun sama seperti cara kerja dari aplikasi sebelumnya, Anda hanya perlu melakukan scanning pada disk Anda untuk menemukan file Anda yang tidak sengaja terhapus. Perbedaannya hanya pada saat file yang telah berhasil Anda recovery akan ditempatkan pada tempat lain yang Anda pilih yang mana pada tempat ini file Anda akan aman dari tindalkan pengahpusan yang tidak disengaja. Untuk mendapatkan apliaksi ini Anda bisa mengunduhnya di sini.

ADRC Data Recovery Software

Aplikasi terakhir yang mengisi posisi sebagai aplikasi yang dapat mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus adalah ADRC Data Recovery Software. Meskipun aplilkasi ini tidak setenar dua aplikasi sebelumnya, namun aplikasi ini memilki tempat di antara para penggemarnya. Untuk penggunaannya sendiri, aplikasi ini memiliki metode yang sama dengan dua aplikasi pertama. Keunggulan dari aplikasi ini adalah ukurannya yang sangat kecil, tidak lebih dari 1MB namun memiliki fungsi yang besar. Untuk mendapatkan apliaksi ini, Anda bisa mengunduhnya di sini. [PY]