Aplikasi GPS Laptop

01 Jul 2012 17:00 | Hits: 69476

Daftar Aplikasi GPS Laptop Terbaik Untuk Anda

Sistem telekomunikasi kita saat ini diramaikan oleh ponsel cerdas atau smartphone yang memiliki fitur beragam dan sangat modern. Fungsi alat telekomunikasi berupa ponsel kali ini tidak hanya sebagai alat telekomunikasi semata. Namun sudah menjadi alat bantu segala aktivitas masyarakat, bahkan bisa mengambil alih fungsi laptop dan komputer sekaligus.

Maraknya aplikasi yang bisa digunakan di ponsel cerdas saat ini membantu masyarakat dalam menyelesaikan tugasnya baik sekolah, kuliah, hingga bisnis dan pekerjaannya. Salah satu fitur yang marak di ponsel cerdas adalah tersedianya GPS. Apakah GPS itu?

GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System. GPS berfungsi untuk mengetahui posisi seseorang menggunakan teknologi satelit. Sinyal dari satelit ditransmisikan ke perangkat ponsel cerdas kita untuk mengetahui keakuratan posisi kita saat itu. GPS lebih akurat jika digunakan di ruang terbuka, karena tanpa penghalang seperti pohon, gedung bertingkat, dan lain sebagainya. Akan tetapi, GPS dapat digunakan kapan saja, baik siang maupun malam dan dalam berbagai keadaaan cuaca.

Dengan memanfaatkan fitur GPS, ponsel cerdas mampu mendeteksi keberadaan seseorang yang juga sedang menggunakan GPS, posisi kantor, gedung, tempat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Salah satu yang sering ditemukan pada ponsel cerdas adalah Google Map. Kita bisa mengetahui seberapa jauh mencapai suatu tempat dari posisi kita sekarang. Kita pun bisa mengetahui jalur yang bisa kita lalui untuk mencapai tempat tersebut. Hal ini pastinya memudahkan dan sangat membantu, terlebih untuk Anda yang gemar bepergian.

Dengan kemahiran teknologi saat ini, GPS rupanya tidak hanya hadir dalam ponsel cerdas yang memang sudah mendukung fitur GPS. GPS juga bisa digunakan untuk laptop yang tidak memiliki chip GPS di dalamnya. Bagaimana bisa? Apa saja yang harus dipersiapkan? Anda hanya membutuhkan perangkat laptop Anda beserta Windows yang sudah terpasang dengan baik. Selanjutnya, lakukan proses instalasi salah satu dari aplikasi berikut ini:

Geosense untuk Windows 7

Aplikasi GPS laptop ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Aplikasi ini harus menggunakan sistem operasi minimal Windows 7, baik itu 32 bit maupun 64 bit. Aplikasi GPS untuk laptop ini ditampilkan dalam bentuk gadget yang bisa memberitahu letak atau posisi kita berada.

Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi GPS ini di sini, atau Anda bisa mencari Geosense yang cocok dengan Windows 7 Anda. Jika sudah, lakukan proses instalasi seperti biasa hingga selesai lalu buka aplikasi tersebut. Langkah selanjutnya adalah memberi tanda centang pada kolom Geosense Location Sensor untuk mengaktifkan GPS laptop Anda.

Tutup aplikasi dan kembali ke layar desktop. Klik kanan lalu pilih Gadget. Aktifkan widget weather Anda dengan cara men-double klik ikon weather. Proses selesai. Perhatikan pada tampilan gadget. Lokasi Anda kini sudah terdeteksi. Jika belum akurat, klik tombol merah lalu refresh Geosense Anda.

Garmin Mobile PC

Aplikasi GPS untuk laptop ini bisa memaksimalkan fungsi GPS yang sebenarnya. Beberapa proses cukup rumit. Anda bisa melakukan langkah demi langkah berikut ini. Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi GarminMobile PC di sini. Jika sudah, maka unduh key generator-nya di sini. Lakukan pengekstrakan pada file aplikasi lalu install seperti biasa.

Setelah melakukan proses penginstalan, langkah selanjutnya adalah mengunduh peta Indonesia di sini. Lakukan ekstrak pada file peta Indonesia lalu copy file gmapsupp.img danpaste di lokasi aplikasi Garmin Mobile tersebut. Biasanya terletak pada direktori C. Unlock map tersebut dengan menggunakan key generator yang tadi Anda unduh.

Selanjutnya, Anda membutuhkan map ID finder yang bisa didapatkan di sini untuk mengetahui map ID kita. Setelah Anda mengunduh map ID finder, selanjutnya Anda harus mencari file gmapsupp.img seperti yang telah di-copy paste sebelumnya. Klik browse file gmapsupp.img dan nanti akan tertera map ID yang dibutuhkan. Untuk memasukkan map ID-nya, Anda harus memilih Custom Map lalu Select Map Product. Isikan keygen tadi lalu klik generate.

Kini, Anda bisa menggunakan GPS untuk laptop Anda untuk mengetahui tempat dan lokasi-lokasi di sekitar Anda. Selamat mencoba. [ZH]