Handphone Anti Air

18 Jun 2012 17:00 | Hits: 19287

Ini Dia Android Handphone Anti Air dan Debu

Ini Dia Android Handphone Anti Air dan Debu

Lagi-lagi ketika berbicara tentang ponsel harusnya fokus berada pada kemampuan komunikasi yang dimilikinya, namun seiring dengan modernisasi zaman, kebutuhan dasar itu terkadang dilupakan oleh calon pembeli karena rata-rata ponsel sudah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. selain fitur-fitur mewah yang menjadi pertimbangan para potential buyer, ketahanan ponsel kini mulai menjadi perhitungan. Sejak Corning memperkenalkan Gorilla Glass yang tahan terhadap goresan maupun benturan, orang-orang mulai terpancing dengan efek ketahanan lain yang terdapat pada sebuah ponsel. Android yang kebanyakannya diproduksi dengan layar lebar kini banyak diselimuti oleh Gorilla Glass, dominasi tersebut menjadikan preferensi baru bagi calon pembeli.

Teknologi tidak berhenti sampai di situ, ketahanan Gorilla Glass menjadi inspirasi pabrikan ponsel untuk membuat ponsel yang kebal terhadap apapun. Mulai dari kemunculan Motorola Defy yang menjadi pioner munculnya ponsel-ponsel perkasa yang diklaim tahan debu dan air. Kini, jika Anda berminat memiliki ponsel seperti Motorola Defy, Anda telah disuguhkan banyak merek dari brand-brand terkenal yang siap dijajal kemampuannya. Berikut Paseban hadirkan 4 ponsel yang memiliki daya tahan terhadap air dan debu.

Motorola Defy XT535

Setelah sukses menjadi pioner handphone anti air, Motorola Defy masih menyambung nyawanya dengan varian-varian baru yang terus dikembangkan pabrikan asal Paman Sam tersebut. Lihat saja penerusnya mulai dari Motorola Defy+, Defy Mini hingga pada yang terbaru, Motorola Defy XT yang semuanya tahan air dan debu.

Untuk Motorola Defy XT535 sendiri, sebenarnya tidak begitu banyak pengembangan yang dilakukan dari seri Defy+. Kecepatan Prosesor yang juga masih 1Ghz, RAM 512MB dan kamera 5MP. Satu-satunya pembeda dari seri ini adalah kehadiran kamera sekunder dengan resolusi VGA. Motorola Defy XT535 juga sudah dilengkapi sertifikat IP67 yang diklaim tahan debu dan air sampai 1 meter dan selama 30 menit.

Sony Xperia Acro S

Mirip dengan langkah yang dilakukan oleh Motorola, Sony yang dahulu masih memiliki brand Sony Ericsson pernah mengeluarkan Xperia Active. Ponsel tersebut memiliki setifikat IP67 yang juga tahan debu dan air, namun kini Xperia Active telah digantikan oleh penerusnya, Xperia Acro S. Xperia Acro S yang juga memiliki sertifikat IP67 memiliki fitur yang lebih wah. Lihat saja ketangguhan prosesor Qualcomm MSM8260 Snapdragon dengan dual core processor 1,5 Ghz serta dilengkapi juga dengan RAM sebesar 1GB. Belum berhenti sampai di situ, kejayaan ponsel ini masih terlihat dari sektor kamer dengan resolusi 12MP, ponsel inipun terlihat gagah.

Selain Xperia Acro S yang tahan air, Sony juga memiliki ponsel lain yang serupa. Sony Xperia Go yang memiliki spesifikasi untuk kalangan menengah juga diklaim memiliki sertifikat IP67, selain itu ada juga Sony Xperia Acro HD. Nah Anda tinggal memilih mana yang sesuai.

Samsung Galaxy Xcover

Ponsel ketiga juga berasal dari pabrikan besar, Samsung. Puas bermain-main dengan banyak ponsel Android, kini label Galaxy juga nempel pada ponsel tahan air yang satu ini. Samsung Galaxy Xcover juga dirancang untuk menyelam pada kedalaman 1 meter karena telah dibekali oleh sertifkat IP67. Ponsel besutan pabrik Korea ini sepertinya dilirik untuk kalangan menengah saja, Anda bisa melihatnya dari spesfikasi yang tidak begitu istimewa, Prosesor 800 MHz Marvell MG2, RAM 512 MB serta kamera 3.15 Megapiksel plus autofokus. Belum lagi resolusi layarnya yang memang khas ponsel menengah, 320 x 480 piksel dengan ukuran layar 3,65 inci. Namun untuk soal ketahanan, tidak ada kata menengah pada ponsel ini, bahkan layarnya juga sudah dilengkapi oleh Corning Gorilla Glass, hal yang tidak akan ditemui pada Xperia. Jadi, dengan budget terbatas pun, Anda juga bisa menikmati ponsel dengan ketahanan yang tinggi.

Kyocera Hydra

Berasal dari pabrikan Jepang, namun brand yang satu ini terdengar jarang di telinga orang Indonesia. Namanya Kyocera Hydra, handphone Android anti air yang satu ini lagi-lagi dilengkapi oleh sertifikat IP67. Kyocera Hydra yang tergolong masih sangat baru ini juga memiliki kembaran, Kyocera Rise tampil beda dengan dilengkapi slide out keyboard namun masih pada spesifikasi dan sertifikasi yang sama.

Lebih lanjut melihat spesifikasi Kyocera Hydra, sepertinya ponsel ini juga ditargetkan untuk konsumen kelas menengah. Dilengkapi dengan prosesor 1Ghz plus 512RAM rasanya tidak cukup untuk mengekseskusi berbagai aplikasi pada OS Android ICS 4.0 yang dimilikinya. Untuk urusan fotografi, ponsel ini dilengkapi dengan kamera standar 3,2MP.

Kesimpulan

Saat ini, kehadiran handphone Android anti air sudah mulai diminati, Anda pun bisa leluasa memilih mana yang sesuai dengan budget dan keinginan Anda. Selain itu, sertifikasi yang terdapat pada ponsel tersebut juga memiliki standar yang sama, IP67 yang mampu ditenggelamkan sedalam 1 meter sampai dengan 30 menit, kemampuan yang sudah cukup untuk menghindari cipratan air dalam pemakaian sehari-hari.[IQ]