iPhone 5

16 Jun 2012 11:00 | Hits: 6193

Apa yang Membedakan iPhone 4S dengan the new iPhone 5?

Apa yang Membedakan iPhone 4S dengan the new iPhone 5?

Rumor tentang kemunculan Apple iPhone 5 sebagai generasi berikutnya sudah terdengar di berbagai media, tak heran jika beberapa di antara mereka banyak yang mencari informasi lebih banyak tentang rumor ini. Bahkan seorang analis dari KGI bernama Mingchi Kuo mengklaim bahwa iPhone berikutnya akan memiliki layar yang lebih besar.

Kuo mengklaim bahwa layar iPhone 5 benar-benar akan berukuran 4,08 inci dan menjejalkan resolusi 1136 x 640 piksel serta endowing dengan kepadatan 319 piksel per inci. Pernyataan Kuo mengindikasikan bahwa Apple akan membelok jauh dari rasio aspek 4:3 dan akan menyesuaikan diri dengan rasio 16:9 sinematik pada sebagian besar perangkatnya. Layar yang diusungnya juga akan mengerahkan 500 nits brightness, meletakkannya sejajar dengan layar Retina display seperti yang ditemukan pada Apple iPhone 4S, namun hal ini cukup memberikan kekuatan untuk bersaing dengan perangkat Android HD sekalipun.

figure 1

Dalam laporan sebelumnya, mantan CEO Apple Steve Jobs pernah membuang iPhone yang memiliki layar lebih besar dalam kurun waktu 3 bulan sebelum diluncurkan, hal ini dimotivasi oleh kekhawatiran Steve Jobs terhadap dukungan fragmen aplikasi dan update software. Namun, spesifikasi baru yang akan diusung the new iPhone nanti tampaknya sedikit mengurangi kekhawatiran, seperti yang dilansir dari GSM Arena bahwa layar the new iPhone masih bisa menampung rasio aplikasi 4:3 lamanya dengan Letterboxing milik mereka. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa the new iPhone akan kompatibel dengan pasar aplikasi Apple dalam jumlah yang sangat banyak sekalipun. Selain itu hal ini juga akan berdampak terhadap pelestarian filsafat pendukung perangkat lunak mereka, sedangkan yang memungkinkan perusahaan Apple untuk tetap kompetitif di pasaran adalah tren layar lebar di mana 'lebih besar lebih baik. "

figure 4

Kuo juga mengklaim bahwa bagian depan dari kamera the new iPhone akan mendukung kualitas HD recording (1280 x 720), bisa digeser ke tengah dari dekat lubang suara (earpiece) seperti halnya pada iPod Touch, dan terakhir smartphone iPhone terbaru ini akan diperkaya dengan teknologi panggilan FaceTime.

Dari sisi kamera bagian belakang, iPhone 5 hanya akan stuck pada 8MP saja, tentunya masih dengan kepemilikan 5 elemen lensa (mirip dengan 4S saat ini) namun akan lebih reseptif terhadap cahaya dengan peningkatan f/2.2 aperture.

figure 2

Salah satu spesifikasi yang paling mengesankan yang disimpulkan oleh Kuo adalah ketebalan iPhone 5. iPhone 4S saat ini memiliki ketebalan sekitar 9,3 mm, namun Kuo mengklaim bahwa the new iPhone hanya akan memiliki tebal 7,9 mm, bahkan lebih rendah dari ketebalan perangkat Samsung Galaxy S III dengan tebal 8.6mm. iPhone baru ini kabarnya akan dirilis antara bulan September dan Oktober akhir tahun ini, untuk harga pun masih bisa dimaklumi jika belum ada bocoran, karena semuanya masih bersifat rumor. [MG]

Is this the iPhone 5 leaking ahead of release?