Apliaksi Web Browser

07 Jun 2012 17:00 | Hits: 26296

5 Aplikasi Web Browser Paling Populer di Dunia

5 Aplikasi Web Browser Paling Populer di Dunia

Berdasarkan data statistik dari Statcounter, ada 5 aplikasi web browser paling populer di dunia. Siapa sajakah mereka?

Internet Explorer

Internet Explorer (IE) adalah web browser yang dikembangkan oleh Microsoft. IE telah menjadi bagian dari sistem operasi Windows sejak tahun 1995. Karena merupakan bagian dari Windows yang merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk desktop dan laptop, menjadikannya salah satu browser yang paling populer.

Untuk menampilkan halaman web, IE menggunakan layout engine bernama Trident. Microsoft terkenal lambat dalam menambahkan stAndar teknologi web terbaru ke Trident. Ini tercermin dari dukungan standar di mana Trident adalah yang paling belakang ketimbang engine dari browser lain. Meskipun demikian, ketika mengembangkan halaman web, pengembang tetap harus mempertimbangkan tampilan halaman tersebut di IE. Karena hingga saat ini, Windows tetap menjadi sistem operasi paling populer dan IE adalah default browser untuk sistem operasi Windows.

Safari

Safari adalah web browser yang pertama kali dirilis tahun 2003 dan dikembangkan oleh Apple dan merupakan bagian dari sistem operasi desktop Mac OSX. Sistem operasi iOS yang biasanya digunakan pada perangkat mobile seperti iPhone dan iPad, juga menggunakan Safari sebagai browser utama. Dengan popularitas Mac OSX, di beberapa negara Safari menjadi browser yang paling banyak digunakan. Sementara untuk perangkat mobile, Safari telah menjadi browser dengan pangsa pasar terbesar. Safari berhasil menggeser Opera yang sebelumnya menjadi browser paling banyak digunakan dari perangkat mobile. Semua ini berkat iPhone yang berhasil menjadi salah satu smartphone dengan pangsa pasar terbesar di dunia.

Apple pertama kali mengembangkan proyek WebKit yang merupakan layout engine dibalik Safari. WebKit ini dibuat berdasarkan teknologi dari KHTML, yaitu layout engine lain yang digunakan pada KDE desktop untuk browser mereka. Jika Anda pernah menggunakan Linux, maka tidak asing lagi dengan KDE.

Chrome

Chrome adalah web browser yang dikembangkan oleh Google dan pertama kali dirilis pada tahun 2008. Dari 5 browser yang dibahas di sini, Google Chrome adalah desktop browser yang paling banyak digunakan secara global semenjak bulan Mei 2012 berdasarkan statistik dari Statcounter. Berhasil mengambil posisi yang sebelumnya diduduki oleh Internet Explorer.

Chrome menggunakan layout engine yang sama dengan Safari, yaitu WebKit. Oleh karena itu belakangan ini semakin banyak pengembang web yang menggunakan Chrome atau Safari sebagai browser utama dalam proyek pengembangan situs mereka. Karena gabungan pangsa pasar Chrome dan Safari yang menggunakan layout engine yang sama, menjadikan WebKit sebagai layout engine yang paling banyak penggunanya. Setelah itu barulah para pengembang web menguji situs mereka menggunakan browser lain.

Firefox

Firefox adalah web browser yang dikembangkan oleh organisasi bernama Mozilla. Pertama kali dirilis pada tahun 2002. Mozilla itu sendiri didirikan oleh perusahaan bernama Netscape Communications di mana browser mereka yang bernama Netscape Navigator http://portal.paseban.com/news/9051/browser-netscape-navigator dahulunya adalah raja para browser. Meskipun secara global sekarang Chrome ada pada posisi teratas menurut Statcounter, namun untuk wilayah Indonesia, Firefox adalah browser pang paling banyak digunakan.

Firefox Statistik

Layout engine dibalik Firefox adalah Gecko. Gecko adalah layout engine ketiga yang paling umum digunakan untuk menampilkan halaman web, setelah WebKit dan Trident. Sama seperti WebKit, Gecko adalah proyek open source, artinya browser lain bisa menggunakan Gecko pada produk mereka.

Opera

Opera bukan hanya sebuah web browser. Opera untuk desktop merupakan sebuah Internet Suite yang dapat menangani email, daftar kontak, catatan, mengunduh dari jaringan BitTorrent, dan berlangganan berita. Tentu saja browser lain bisa memperoleh fitur ini dengan menambahkan add-ons, namun Opera menjadikan semua fitur tersebut sebagai standar. Artinya, Anda akan memperolehnya langsung pada saat instalasi tanpa perlu tambahan add-ons Mozilla. Dikembangkan oleh perusahaan bernama Opera Software ASA, browser Opera adalah salah satu pemain utama untuk perangkat mobile. Telah berhasil melewati masa perang browser pada tahun 90-an yang telah memakan korban browser Netscape Navigator dan tetap terus bertahan hingga sekarang.

Presto adalah nama dari layout engine yang digunakan di Opera. Meskipun aplikasi web browser Opera mempunyai pangsa pasar terkecil untuk desktop, namun Presto adalah salah satu engine tercepat dan salah satu yang terdepan dalam mengadopsi standar teknologi web terbaru. Selain dari layout engine, banyak inovasi yang telah dihasilkan dari Opera. Salah satunya adalah tabbed browsing yang sudah diadopsi oleh browser lainnya. Tidak seperti perusahaan lain seperti Apple, Opera Software ASA jarang sekali mempatenkan penemuan mereka. Oleh karena itu banyak dari inovasi mereka yang bisa Anda temui di browser yang berbeda. [PN]