Cara Mendownload Google Chrome

05 Jun 2012 14:00 | Hits: 10022

Google Chrome - Salah Satu Browser Internet Terbaik dan Terfavorit

Google Chrome - Salah Satu Browser Internet Terbaik dan Terfavorit

Bagi Anda yang gemar berinternet, pasti Anda akan memerlukan salah satu program atau software yang dapat membantu Anda dalam menjelajahi internet. Program yang bernama browser internet ini memang harus digunakan dalam dunia internet. Saat ini ada beberapa browser internet yang banyak digunakan oleh masyarakat, seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Flock, Safari, Google Chrome, dan lainnya. Saat ini Paseban akan menjelaskan mengenai apa itu Google Chrome, fitur apa saja yang ditawarkan Google Chrome, dan juga cara mendownload Google Chrome yang merupakan browser terbaik dan terfavorit pada tahun 2012.

Google Chrome merupakan salah satu browser internet yang diciptakan oleh perusahaan search engine ternama Google. Browser Google Chrome ini diluncurkan untuk pertama kali dalam versi beta pada tanggal 2 September 2008 dengan 43 bahasa yang terdapat di dalamnya dan hanya dapat digunakan untuk Microsoft Windows. Lalu pada tanggal 11 Desember 2008, Google Chrome diluncurkan untuk semua sistem operasi karena telah mencapai versi stabil.

Browser web Google Chrome ini dapat Anda download dan gunakan secara gratis pada PC atau laptop Anda. Dari tahun ke tahun, pengguna Google Chrome semakin meningkat berdasarkan statistik jumlah download yang terus meningkat. Begitu juga dengan bertambahnya fitur-fitur yang ditawarkan dalam penggunaan browser ini. Bahkan saat ini dapat dikatakan bahwa Google Chrome merupakan salah satu pesaing dari browser Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan Opera.

Browser Google Chrome memiliki banyak extensions atau add-on, meskipun jumlah extensions atau add-on browser ini masih kalah banyak dari Mozilla Firefox. Extensions atau add-on ini akan mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan browsing di internet. Anda dapat menginstall Google Chrome beserta extensions Chrome untuk mempermudah kegiatan browsing Anda di internet. Selain itu, Google Chrome juga memiliki Themes (tema) yang terbilang sangat banyak untuk merubah penampilan browser Google Chrome. Anda juga dapat merubah background Google Chrome dengan cara masuk ke menu option (pilihan) dan download tema yang Anda suka melalui menu themes.

Cara mendownload Google Chrome juga terbilang mudah. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mendownload dan menginstal Google Chrome yaitu secara online installer dan offline installer. Untuk cara online installer, terlebih dahulu PC atau laptop Anda harus memiliki sambungan dengan internet, baik itu lewat modem, WiFi, maupun kabel LAN. Setelah itu, Anda hanya perlu masuk ke situs resmi Google Chrome yaitu di sini. Lalu Anda lanjutkan dengan membaca persyaratan dan ketentuan yang telah diberikan oleh pihak pengembang Google Chrome. Setelah itu Anda lanjutkan dengan mengklik "Setujui, lalu instal". Setelah Anda klik, Anda hanya tinggal menunggu hingga proses download dan proses instalasi selesai. File yang Anda download di sini berukuran kecil, namun sudah mencakup keseluruhan isi file.

Setelah proses instalasi Google Chrome selesai, Anda hanya tinggal membuka browser tersebut dan coba Anda jalankan browser tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mendownload beberapa extensions atau add-on untuk mempermudah Anda dalam berinternet seperti di atas, dan Anda juga dapat mendownload tema yang telah disediakan secara langsung oleh pengembang Google Chrome untuk Anda. Cara kedua yaitu dengan cara offline installer. Dalam menggunakan cara ini, Anda hanya perlu mendownload keseluruhan file browser Google Chrome yang berformat .exe. setelah file ini berhasil Anda download, maka Anda dapat menginstall Google Chrome secara offline atau tanpa koneksi dari internet.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Google Chrome untuk versi terbarunya antara lain kesederhanaan dalam penampilan, kecepatan, dan keamanan. Browser Chrome tampil dengan sederhana, karena memiliki fitur yang didesain untuk efisiensi dan mudah untuk digunakan, seperti mencari dan menavigasi dari kotak yang sama, mengatur sejumlah tab, bahkan tampilan mendasarnya yaitu Anda hanya perlu mengetik kata kunci apa yang akan Anda gunakan pada address bar sehingga akan langsung berhubungan dengan search engine Google.

Google Chrome juga didesain untuk dapat menjadi browser yang cepat. Cepat digunakan dari desktop PC atau laptop Anda, cepat juga dalam mengunggah halaman-halaman web, dan cepat dalam membaca semu aplikasi di dalam web. Satu fitur yang tidak kalah pentingnya dalam Google Chrome yaitu fitur keamanan yang ditawarkan. Google Chrome didesain untuk melipatgandakan keamanan Anda saat memasuki sebuah website dari ancaman malware ataupun phishing. Ada juga fitur autoupdate atau update otomatis sehingga dapat memastikan Anda akan terlindungi dengan perbaikan fitur keamanan terbaru dari browser ini.

Bila anda mencari browser internet yang ringan, cepat dan mudah untuk digunakan, Google Chrome merupakan internet browser yang tepat Anda. Bila dibandingkan dengan internet browser lain seperti Mozilla Firefox, Chrome lebih unggul dalam bidang pemakaian memori RAM yang lebih kecil, tampilannya yang simple, faktor keamanan yang lebih terjamin, serta kecepatan dalam melakukan start up dan kecepatan rendering halaman web yang sangat cepat. [FT]