Nokia Jadul

10 Jun 2012 12:00 | Hits: 9134

3 Ponsel Nokia Jadul N-Series Yang Meraih Penghargaan

3 Ponsel Nokia Jadul N-Series Yang Meraih Penghargaan

Nokia N-Series adalah seri ponsel dari Nokia untuk kelas high-end. Seri ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2005 dan diperuntukkan untuk smartphone yang bersaing langsung dengan Palm dan Blackberry. Karena diperuntukkan untuk kelas high-end, maka fitur yang disematkan di dalamnya pun memiliki spesifikasi tinggi pada saat diluncurkan. Ini adalah ponsel ekslusif dengan dukungan multimedia dan fitur canggih lainnya. Berikut ini akan dibahas 3 ponsel N-Series yang pernah meraih penghargaan, yaitu Nokia N70, N90 dan N91. Jika Anda ingin membeli ponsel Nokia bekas, tapi dengan spesifikasi tinggi pada masanya, maka 3 ponsel Nokia jadul yang dibahas di sini bisa dijadikan pilihan.

Nokia N70

Nokia N70 adalah ponsel multimedia dengan kemampuan data 3G yang diluncurkan Nokia pada tahun 2005. Dilengkapi dengan dua buah kamera depan yang bisa digunakan untuk komunikasi video melalui jaringan 3G. Kamera depan juga bisa digunakan untuk memotret diri sendiri. Kamera belakangnya memiliki penutup geser untuk melindungi lensa. Penutup kamera ini juga akan memicu aplikasi kamera ketika dibuka. Ponsel ini diluncurkan bersamaan dengan dua ponsel N-Series lainnya, yaitu N90 dan N91. N70 adalah ponsel 3G paling laris pada masanya dan berhasil meraih penghargaan Best Mobile Entertainment Handset pada acara penghargaan mobile tahunan Meffys.

Nokia N70 dapat berjalan pada jaringan GSM 900, 1800, dan juga 1900. Selain itu juga mendukung jaringan UMTS 2100. Artinya Anda bisa bepergian ke seluruh dunia dan tetap bisa berkomunikasi di negara tujuan tanpa harus mengganti ponsel. Karena N70 sudah mendukung semua jaringan GSM yang digunakan oleh berbagai operator di dunia.

N70 dilengkapi dengan layar TFT dengan kedalaman warna 256k. Gambar yang diambil dari kamera 2MP ini bisa langsung ditampilkan pada layar. Selain itu ada juga kamera VGA didepan yang bisa digunakan untuk komunikasi video melalui jaringan data EDGE. Jaringan data GPRS juga didukung oleh N70. Sehingga Anda masih punya pilihan komunikasi data seandainya masuk ke daerah yang belum didukung oleh jaringan 3G. Foto yang Anda simpan bisa ditransfer ke perangkat lain menggunakan Bluetooth atau kabel USB.

N70 ditenagai oleh Symbian Series 60 UI dan juga Java MIDP 2.0. Dengan dukungan sistem operasi dan platform Java, Anda bisa menambahkan beragam aplikasi selain dari aplikasi standar, seperti email, radio, mp3 dan video player.

Nokia N90

Nokia N90 adalah ponsel lipat dengan dua layar. Layarnya bisa diputar hingga 270 derajat sehingga bisa digunakan layaknya kamera genggam. Selain layar, lensa kamera dari N90 juga bisa diputar, menawarkan fleksibilitas tinggi untuk aktifitas merekam video. N90 berhasil menyabet penghargaan bergengsi European Media Phone of The Year 2005-2006 dari European Imaging and Sound Association (EISA).

N90 mempunyai layar yang sama dengan N70. Hanya saja pada N90 ada tambahan layar eksternal berukuran 128x128 piksel dengan kedalaman warna 65K. Lensa Carl Zeis dan fitur auto focus pada kamera menawarkan kualitas foto yang sangat baik. Fitur lain seperti komunikasi data dan konektifitas mempunyai kesamaan dengan N70.

Nokia N91

Nokia N91 adalah ponsel paling canggih yang pernah diluncurkan oleh Nokia pada masanya. Dengan casing dari bahan baja, ponsel ini pada saat itu menjadi patokan untuk ponsel musik karena kualitas suaranya yang sangat baik melalui headphone yang bisa dihubungkan pada bagian bawah ponsel. Konektor headphone N90 terdiri dari dua bagian, yaitu audio jack 3.5 mm dan juga remote control.

N90 memiliki tombol khusus pemutar musik pada keypad dan joystick yang terpisah dengan keypad. Jika keypad ini digeser ke bawah, maka akan terlihat keypad numerik yang agak kecil. Tombol numerik ini diterangi dengan LED berwarna biru.

Meskipun sekarang sudah tergolong Nokia jadul, N91 pernah meraih dua penghargaan dari Mobile News Award, yaitu untuk kategori Most Innovative Product dan Most Technologically Advanced Product. Berikut ini adalah spesifikasi dari N91.

N90 mempunyai micro harddisk internal yang besar untuk ukuran penyimpanan data pada ponsel saat itu. Dengan dua pilihan ukuran 4GB dan 8GB, bisa menampung banyak foto yang dihasilkan oleh kamera 2MP N90. Lensa kamera ini dibuat oleh produsen lensa terkenal Carl Zeis. Fitur auto focus pada N90 akan membantu pemakainya untuk memotret dengan cepat dengan hasil yang sangat baik. [PN]