Kekurangan Internet Explorer

05 Jun 2012 09:00 | Hits: 7123

Kelemahan atau Kekurangan dari Browser Internet Explorer

Kelemahan atau Kekurangan dari Browser Internet Explorer

Browser web merupakan salah satu software atau aplikasi penting yang harus ada dalam sebuah PC atau laptop. Jika PC atau laptop Anda tidak memiliki browser, maka Anda akan merasa kesulitan dalam mengakses internet. Bahkan bisa dibilang tidak mungkin untuk mengakses internet. Ada beberapa macam browser yang banyak digunakan pengguna internet saat ini, diantaranya Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Browser, Flock, Safari, Internet Explorer, dan lainnya. Browser tersebut dapat Anda download secara gratis pada situs resminya masing-masing, terkecuali Internet Explorer.

Internet Explorer (IE) merupakan browser bawaan dari Microsoft melalui sistem operasi Windows XP. Saat ini IE sudah jarang digunakan oleh para pengguna internet. Hal ini disebabkan browser ini terlalu memiliki banyak kelemahan dan celah yang mudah dimasuki oleh "penyusup” jaringan seperti virus, malware, bug, dan lainnya. Bahkan para hacker juga bisa dengan mudah menyusup masuk ke dalam data Anda apabila pada saat Anda browsing menggunakan browser Internet Explorer.

Dalam keberadaannya sebagai browser internet, IE ini sudah banyak berkembang dari versi terdahulunya. Namun, versi yang benar-benar sangat rawan dan mudah ditembus oleh para penyusup adalah Internet Explorer 6 (IE6). Bahkan para web developer dunia telah melakukan kampanye pemusnahan keberadaan IE6 dengan cara mengumpulkan semua logo dan link website developer dunia dalam satu website, yaitu di http://www.savethedevelopers.org/supporters/ (yang saat ini web tersebut sudah diakuisisi pihak Microsoft untuk redirect upgrade ke IE versi 7). Dengan mengambilalih situs kampanye web developer dunia, pihak Microsoft mengakui akan kelemahan IE6.

Untuk pengguna IE7 dan IE8 mungkin memiliki peluang lebih kecil untuk menjadi korban karena dalam browser ini sudah dilengkapi fitur Protected Mode yang akan meminta izin kepada pengguna jika akan melakukan instalasi program, menjalankan aplikasi, atau memodifikasi komponen sistem operasi. Microsoft berusaha untuk meminimalisir segala akses yang dapat masuk ke database IE dengan cara menggunakan Enhanced Mitigation Experience Toolkit 2.0 (EMET 2.0) untuk meningkatkan upaya pertahanan di browser. Program tambahan ini dapat Anda download secara gratis di situs resmi Microsoft.

Kekurangan Internet Explorer lainnya dilihat dari segi stabilitas. Dari segi stabilitas ini, browser IE lebih mudah mengalami crash. Selain itu, pengguna IE juga tidak bisa membuka banyak halaman web tanpa membuka banyak jendela. Ukuran aplikasinya pun terbilang besar yaitu sekitar 80MB. Selain itu IE tidak mendukung beberapa jenis jalan pintas (shortcut), dan tidak ada penghentian pop up secara otomatis. IE juga gagal membaca script dibeberapa halaman situs web, khususnya CSS. IE juga membutuhkan waktu yang lama saat membuka tab baru. Penguncian browser pun tidak dapat dilakukan, ditambah dengan area toolbar yang terlalu luas dan tidak dapat dikostumisasi sehingga menambah kekurangan browser ini.

Ada juga kelemahan lain dalam browser IE yaitu tidak konsistennya pihak pengelola dalam memasukkan tool atau aplikasi tambahan dalam IE. Hal ini dapat terlihat dari hilangnya toolbar dari IE8 sehingga menyebabkan beberapa pengguna IE8 yang baru mengeluh karena link bar mereka hilang setelah proses instalasi. Namun, yang sebenarnya terjadi adalah, toolbar pada IE8 memiliki nama yang baru, yang sekarang merupakan bagian dari "Suggestion Sites Bar” yang dapat menyimpan link yang telah ada pada IE 7.

Hal lain yang suka dikeluhkan para pengguna IE adalah ketika mereka melakukan proses penginstalan IE8. Ketika sedang menginstall IE8, maka program dari IE8 akan secara otomatis men-disable Google toolbar. Hal ini disebabkan pada IE8 versi sebelumnya, toolbar Google menyebabkan beberapa kali IE mengalami crash, sehingga faktor crash inilah yang menyebabkan pihak Microsoft men-disable-nya pada versi Beta 2. Tapi Anda dapat meng-enablenya kembali dengan mengklik View, lalu Toolbars dan Anda ceklis kembali Google Toolbar.

Lalu ada juga permasalahan lain yang disebabkan oleh Internet Explorer seperti merusak beberapa situs. Secara default, IE 8 memenuhi semua standar yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah browser. Namun ironisnya, hal ini membuat beberapa website yang dibangun berdasarkan IE6 dan IE7 akan terlihat tidak layak jika Anda menggunakan browser IE8. Contohnya, mungkin beberapa konten akan hilang atau tidak terlihat. bahkan ada juga beberapa fungsi yang tidak bisa digunakan dengan baik. Lain lagi dengan IE9.

Browser IE9 merupakan versi Internet Explorer yang paling disempurnakan, dengan akses internet yang cepat dan keamanan dalam berjelajah yang cukup baik karena telah didukung Safe Browser yang diberi nama SmartScreen Filter. SmartScreen Filter adalah suatu program yang akan menjaga Anda aman dari malware, virus, phishing, dan hacking dari internet. Namun, tetap saja ada kekurangan dari versi IE9 ini yaitu kurang supportnya kepada Windows XP dan kurangnya ekstensi yang ada. Itulah beberapa permasalahan yang sering terjadi dan beberapa kekurangan Internet Explorer [FT]