Fungsi Program Aplikasi

02 Jun 2012 11:00 | Hits: 6559

Ragam dan Fungsi Program Aplikasi

Ragam dan Fungsi Program Aplikasi

Saat ini komputer sudah tidak bisa lepas lagi terhadap kehidupan kita sehari hari. Kita sering terbantu dengan hadirnya komputer untuk membantu tugas kita sehari hari. Entah kita yang berprofesi sebagai profesional, pengajar, bahkan pelajar pun membutuhkan komputer untuk melakukan tugas-tugas mereka. Namun tidak semerta-merta hanya komputer saja sudah bisa melakukan beragam hal untuk membantu aktivitas kita. Komputer sendiri tidak akan bisa berfungsi untuk membantu pekerjaan kita jika kita tidak memiliki beragam program aplikasi. Beragam program aplikasi ini bisa anda dapatkan hanya dengan mengunduh program m aplikasi itu melalui internet atau juga membelinya.

Seiring dengan banyaknya pengguna komputer di dunia, maka makin berkembang pula program aplikasi untuk membantu segala aktifitas kita dan juga membantu performa dari komputer kita sendiri. Program aplikasi pun tidak hanya tersedia satu macam saja, namun beragam program aplikasi tersedia beserta fungsi fungsinya yang berbeda pula. Pada rubrik kali ini Paseban akan membahas ragam program aplikasi beserta fungsi program aplikasi tersebut. Berikut daftar ragam program aplikasi beserta fungsi dari program aplikasi tersebut:

1. Program Pengolah Kata

salah satu program pengolah kata yang paling dikenal saat ini adalah Microsoft Word. Program pengolah ini merupakan program yang digunakan untuk membuat teks, tulisan, atau dokumen. Anda dapat menggunakan program pengolah kata ini untuk mengerjakan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan tulis-menulis. Selain memiliki fungsi untuk menulis, program ini juga mampu membuat tulisan anda menjadi terlihat lebih rapi dan teratur.

Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang paling populer saat ini. Dari tahun ke tahun, Microsoft Word mengalami perkembangan. Program ini memiliki beberapa versi, di antaranya Microsoft Word ’97, Microsoft Word 2000, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007 dan yang paling akhir adalah Microsoft 2010

2. Program Pengolah Angka

Program pengolahan kata yang saat ini banyak dikenal masyarakat adalah Microsoft Excel. Sebelum Microsoft Excel terdapat program yang bernama Lotus 123. Namun lambat laun Lotus 123 ditinggalkan para penggunanya dan menjadikan Microsoft Excel program pengolah angka yang paling populer. Microsoft Excel merupakan program untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Program ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Sama halnya dengan Microsoft Word, Excel ini mengalami perkembangan yang signifikan dan versi terbaru Microsoft Excel saat ini adalah Microsoft Excel 2010.

3. Program Pengolah Data (Database)

Database adalah data atau informasi yang tersimpan dalam media penyimpanan hardisk. Dengan menggunakan database, anda dapat mencari data atau informasi secara cepat dan akurat. Salah satu contoh penggunaan database yaitu di toko buku. Untuk mencari sebuah buku di toko buku, biasanya kita akan mencarinya melalui katalog atau melalui bantuan komputer yang lebih akurat dalam melakukan pencarian. Program aplikasi yang digunakan adalah program pengolah data (database). Ada beberapa program pengolah data yang paling dikenal oleh masyarakat saat ini, yaitu Microsoft Acces, Sql Server, Mysql, D-Base III, dan Fox Base yang biasanya database ini sering digunakan oleh para programmer untuk membantu tugasnya dalam membuat suatu program.

4. Program Pengolah Gambar

Adobe Photoshop adalah salah satu program pengolah gambar yang populer dan paling sering digunakan. Program ini lebih sering digunakan oleh para desainer atau fotografer untuk membuat dan mengolah gambar desain atau foto bagi para fotografer. Untuk membuat iklan, brosur, pamflet. Selain Adobe Photoshop, dikenal juga program Corel Draw. Corel Draw cenderung digunakan untuk membuat gambar berbasis vektor (garis). Program ini biasa digunakan untuk membuat desain sablon maupun desain yang lain yang mengandung unsur vektor.

5. Program Pengolah Video

Ada beberapa program pengolah video, seperti Adobe Premier, Ulead, dan Windows Movie Maker. Dengan program pengolah video, anda dapat menyunting video hasil rekaman menjadi sebuah film yang menarik dan atraktif untuk ditonton. Program pengolah video biasa digunakan oleh para editor video di stasiun-stasiun televisi ataupun para perekam amatir yang ingin membuat video yang lebih menarik. [PY]