Aplikasi Android Indonesia

30 May 2012 17:00 | Hits: 6304

Kumpulan Aplikasi Android Indonesia Karya Anak Bangsa

Pada kesempatan kali ini Paseban akan menyajikan beberapa aplikasi Android Indonesia yang tidak kalah dengan developer luar negeri. Aplikasi-aplikasi ini sangat bermanfaat untuk membantu kehidupan Anda sehari-hari, yang jadi nilai lebih dari aplikasi-aplikasi buatan Indonesia ini sangat cocok untuk pengguna Android di Indonesia. Sekarang ini memang banyak aplikasi canggih yang hadir di Google Play, namun kurang update terhadap kondisi terkini di Indonesia.

Perkembangan developer Android lokal dari Indonesia sendiri juga sudah cukup banyak. Tetapi salah satu kendala utama yang dihadapi dari penyebaran aplikasi lokal adalah banyak sekali pengguna yang tidak mengetahui keberadaan aplikasi lokal ini. Biasanya aplikasi Android Indonesia ini memiliki kriteria antara lain dibuat oleh developer lokal asli Indonesia, target aplikasinya pasar lokal dan internasional, dan sifatnya sudah published, bukan versi coba-coba lagi. Selain itu, aplikasi lokal ini juga bukan soundbourd, themes dan yang sejenis dan sudah tersedia untuk pengguna umum.

Ada semboyan "cintailah produk-produk dalam negeri” ini sangat cocok bagi yang ingin menghargai hasil karya developer-developer Indonesia. Berikut ini beberapa aplikasi Android lokal asli Indonesia dengan berita-berita seputar Indonesia, dan semoga bermanfaat bagi Anda semuanya.

Masak Apa

Bagi Anda yang gemar memasak, bisa mencoba aplikasi Masak Apa ini. Aplikasi ini akan memandu Anda memasak menu apapun dengan cepat. Dalam Masak Apa versi 1.1 tersedia banyak resep dan tips memasak harian yang dapat Anda simpan, dan kemudian dapat diakses lagi tanpa harus terkoneksi internet. Masak Apa selalu menyajikan resep dan tips barus setiap hari yang dapat Anda jadikan inspirasi memasak untuk keluarga Anda. Aplikasi buatan PT Agranet Multicitra Siberkom ini dapat diunduh secara gratis di Google Play di sini.

MyQuran

Aplikasi yang satu ini sangat bermanfaat bagi umat Islam. Bagi Anda yang merupakan seorang muslim bisa membaca AlQuran di mana saja, tidak perlu online. Dan yang lebih menarik sudah tersedia terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Dengan aplikasi ini Anda juga dapat membuat jadwal membaca AlQuran setiap harinya. Aplikasi karya Wali Studio ini bisa Anda dapatkan secara gratis di sini, tetapi dalam versi gratis ini tidak mencakup semua fiturnya. Anda harus membeli MyQuran versi infaq.

Komutta

Aplikasi ini adalah salah contoh aplikasi yang bagus untuk informasi transportasi publik. Berisi informasi rute dan cara berpergian ke suatu tempat melalui berbagai moda yaitu Trans Jakarta, kereta api, bus, lengkap dengan call center semua operator taksi. Tapi sayangnya masih tersedia untuk wilayah Jakarta saja, semoga kota-kota lain juga menyusul memiliki aplikasi yang berguna khsusnya bagi turis incidental. Aplikasi karya MReunionlabs ini juga bisa diunduh secara gratis di sini.

Jadwal Kereta Api

Anda sering menggunakan kereta api untuk perjalanan ke luar kota? Maka aplikasi Jadwal KA ini akan sangat berguna bagi Anda. Aplikasi ini berisi semua informasi jadwal kereta hingga informasi waktu di stasiun-stasiun persinggahan. Sayangnya, aplikasi ini dibuat oleh Gujava Ministudio bukan dari PT KAI, sehingga *update *aplikasi cukup terlambat dirilis. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di sini.

Indonesia FlightBoard

Satu lagi aplikasi lokal yang berguna untuk transportasi yaitu Indonesia Flight. Aplikasi Android ini menyediakan jadwal penerbangan dari beberapa maskapai di Indonesia dari 25 bandara yang sudah terdaftar di aplikasi ini. Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi antar pulau atau bahkan antar negara, aplikasi Jadwal Penerbangan ini cukup berguna. Untuk mendownload aplikasi dari Trustudio ini Anda bisa mengunjungi situs Google Play di sini.

IndoTV

Orang-orang Indonesia termasuk masyarakat yang senang menonton televisi. Bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan acara televisi favorit bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis. IndoTV ini merupakan salah satu produk dari Mreunion Labs yang menyediakan Jadwal TV kabel Indonesia, dilengkapi dengan fasilitas searching dan reminder. Tertarik dengan aplikasi ini? Anda bisa menguduhnya di sini.

Cek Tagihan

Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengecek tagihan Listrik dan Telkom setiap bulannya. Anda cukup mendownlad dan menginstall aplikasi dari Trustudio ini kemudian masukkan nomor telepon ataupun nomor pelanggan PLN maka akan muncul jumlah tagihan yang harus Anda bayar pada bulan tersebut. Memasukkan nomor telepon ini bisa menggunakan keypad atau dari phonebook. Sedangkan untuk ID pelanggan PLN bisa juga dengan scan barcode yang terdapat di meteran atau menggunakan input suara. Anda bisa mengunduh aplikasi ini via Google Play. [RK]