Game Pendidikan Anak

27 May 2012 19:00 | Hits: 11220

Dua Game Pendidikan Anak Cerdas Paling Menarik di Google Play

Dua Game Pendidikan Anak Cerdas Paling Menarik di Google Play

Sebagai orang tua, Anda tentu sudah memberikan pendidikan untuk anak Anda yang berusia dini. Ini mungkin dimaksudkan agar anak Anda mendapat pendidikan sedari kecil agar tumbuh cedas dan selangkah lebih maju daripada anak-anak lainnya. Namun apakah Anda tahu bahwa memberikan pendidikan kepada anak tidak harus lewat jalur formal, seperti memasukkannya ke Play Group atau pendidikan formal lainnya, tetapi lewat sebuah game di Android, Anda secara tidak langsung juga memberikan pendidikan kepada anak Anda.

Ada beberapa game pendidikan anak yang bisa Anda gunakan untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak Anda. Jika Anda mencarinya langsung di Google Play, sudah pasti akan membingungkan Anda, karena di Marketplace khusus pengguna Android tersebut tersedia puluhan game edukasi anak yang tersedia, Anda tentu harus lebih selektif lagi dalam memilihnya, karena ini bukan hal yang main-main karena menyangkut pendidikan anak Anda.

Di Google Play sendiri, ketika Anda mencari game untuk anak Anda ini, kebanyakan masih sebatas game memori, teka-teki atau puzzle. Game seperti ini sudah banyak, dan tentu anak Anda akan merasa bosan dengan jenis permainan seperti ini, jadi yang Anda butuhkan sekarang adalah jenis permainan pada game Android yang sedikit berbeda dari biasanya.

Pada artikel ini Paseban akan memberikan rekomendasi game pendidikan anak yang Paseban pilih dengan mempertimbangkan, fungsi, reputasi, kemudahan untuk anak Anda gunakan dan tentu saja gratis alias tidak berbayar. Berikut ini adalah game pendidikan anak tersebut:

Kid Mode: Free Games + Lock

Game edukasi anak cerdas yang pertama Paseban rekomendasikan adalah Kid Mode Free Games + Lock. Game ini adalah satu-satunya game yang menyesuaikan usia anak Anda. Game ini menyediakan 8 macam jenis permainan sesuai usia anak Anda, dari usia 1 tahun hingga 2 tahun, tentu di tiap permainan usia tersebut, anak Anda mendapatkan jenis permainan yang berbeda.

Seperti pada usia 1 tahun, permainan tersedia hanya sebatas musik dan lagu untuk balita, dan disertai video pengenalan akan pola, alphabet, angka, bentuk, atau pengenalan hewan. Kemudian pada usia 2 tahun barulah lebih diperkenalkan dan belajar ABC dan angka 123. Dan pada akhirnya, yakni usia 8 tahun di mana anak Anda saat itu sudah duduk di Sekolah Dasar, tentu jenis permainannya pun disesuaikan usia tersebut, yakni berupa game matematika bab pecahan, game membaca permainan otak yang menyenangkan, dan aneka permainan teka-teki logika seperti Sudoku atau Labirin. Pada usia tersebut, aplikasi tambahan yang tersedia bukan Angry Birds lagi, melainkan jenis game edukatif tokoh yang sudah akrab dengan seusianya seperti Yugioh, Harry Potter, Pokemon, Star Wars serta game atau aplikasi yang lebih menantang sesuai usia mereka.

Di tiap permaianan tersebut juga dilengkapi dengan video dan aplikasi tambahan seperti Angry Birds, Cut the Rope, Doodle Jump atau Fruit Ninja. Pada game ini juga menyediakan fitur lock, sehingga ketika anak Anda bermain game ini, fitur smartphone Anda seperti telepon atau SMS akan otomatis terkunci. Dan tak lupa, ada fasilitas monitoring dan kontrol Anda selaku orang tua di tiap permainan anak ini.

Jika Anda tertarik dengan game Kid Mode: Free Games + Lock ini, Anda bisa mengunduhnya di Google Play secara gratis. Yang harus Anda perhatikan sebelum mengunduh game ini, smartphone Android Anda harus dilengkapi dengan Adobe Flash dan membuat akun terlebih dahulu serta mengaktfikan fitur Child Lock pada Parent Dashboard.

Smart Kids Game Lite

Smart Kids Game juga menyediakan game untuk anak segala usia. Sama seperti Kid Mode: Free Games + Lock, game ini menyediakan jenis permaianan yang berbeda, disesuaikan dengan usia anak Anda, bayangkan saja dalam satu aplikasi Smart Kids Game ini, Anda bisa memainkan 15 game pendidikan untuk anak sekaligus.

Ke-15 jenis permainan tersebut dibentuk secara bertahap, sekali lagi disesuaikan dengan usia anak Anda, seperti pada awal game Anda akan menemui jenis permainan belajar huruf, kemudian belajar mengenali hewan yang jumlahnya lebih dari 100 jenis, anak Anda pasti akan semakin betah karena pada jenis permainan yang satu itu dilengkapi dengan suara mereka.

Pada usia selanjutnya, Anak Anda akan dituntun game ini untuk bisa membedakan bentuk, warna dan mencocokkan potongan. Begitu seterusnya dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan usia anak Anda.

Smart Kids Game Lite jelas bisa meningkatkan ketrampilan memori anak Anda. Bedanya dengan game Kid Mode: Free Games + Lock tadi adalah, jenis game ini lebih ditekankan dengan pengenalan anak Anda dengan lingkungan sekitar. Jika tertarik, Anda bisa mengunduh game ini secara gratis di Google Play. [HJ]

Zoodles Kid Mode