Aplikasi Lirik Lagu

22 May 2012 20:00 | Hits: 17201

Lima Aplikasi Lirik Lagu untuk Anda Pengguna Handphone Android

Lima Aplikasi Lirik Lagu untuk Anda Pengguna Handphone Android

Setiap karya musik memiliki interpretasi atau penafsirannya tersendiri. Jika sebelum kehadiran musik populer seperti yang berkembang saat ini musik lebih cenderung merupakan ekspresi para musisi yang dihasilkan melalui bantuan alat-alat musik belaka, saat ini Anda dapat menafsirkan sebuah lagu langsung dari liriknya. Penyisipan lirik memang telah lama menjadi bagian dari sebuah karya musik.

Di Eropa, musik-musik klasik seringkali dimainkan bersamaan dengan suara-suara para vokalis seriosa. Di pulau Jawa, musik bersatu dengan lirik-lirik lirih dalam langgam. Selain menjadi media penyampaian pesan di dalam sebuah lagu, lirik pun dapat menjadi media hiburan yang menyenangkan. Pasalnya menghafalkan lagu beserta liriknya dapat memberikan kesenangan tersendiri saat melantunkannya kembali. Oleh sebab itu, dengan perkembangan perangkat mobile yang semakin maju, saat ini Anda dapat mengakses lirik langsung dari perangkat Android. Berikut beberapa aplikasi lirik lagu tersebut.

musiXmatch Lyrics & Music

Aplikasi lirik lagu yang satu ini merupakan salah satu aplikasi yang memiliki basis data yang besar. Terdapat sekitar 6 juta lirik dalam 20 penggunaan bahasa yang berbeda. Di dalam musiXmatch Lyrics & Music ini Anda dimungkinkan untuk mengidentifikasi lirik dan juga mengelola librari musik Anda melalui fitur My Music. Untuk mendapatkan lirik yang terdapat di dalam aplikasi ini, Anda dapat menyimpan lirik di dalam fitur Favourite. Andapun dapat melakukan pencarian lirik dengan mengetik nama artis, judul lagu dan lainnya. Pengembang aplikasi ini memberikan akses untuk mencari lirik secara online untuk memudahkan penggunanya. musiXmatch Lyrics & Music akan memberikan Anda sugesti ketika mengetik beberapa kata dalam fitur pencarian lirik.

Selain dapat menyimpan lirik, Anda dapat membagikan beberapa frase lirik melalui jejaring sosial yang telah terintegrasi di dalam aplikasi lirik lagu ini. musiXmatch pun tidak hanya dapat menampilkan lirik, tetapi juga dapat memberikan Anda diskografi sang musisi. Aplikasi Android ini dapat mendukung penggunaan pemutar musik seperti Winamp, WIMP, Rhapsody Android Beta, Archos Music Player, PowerAMP, Just Playlist, bTunes, Zimly, dan lainnya. Selain itu Anda dapat memanfaatkan dengan baik pada jaringan Edge, 3G, 4G ataupun WiFi. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini.

musiXmatch New Music & Lyrics Android Player

TuneWiki - Lyrics for Music

TuneWiki merupakan pemutar musik yang dapat melakukan sinkronisasi lirik dalam berbagai penggunaan bahasa. Pengembang aplikasi ini mengklaim bahwa apliaksinya ini merupakan satu-satunya pemutar musik yang dapat digunakan untuk berbagi, dan juga membicarakan lirik serta musiknya sekaligus. Untuk menggunakan Anda cukup mendengarkan lagu-lagu yang telah disinkronisasikan dengan lirik. Setelah mendapatkan lirik tersebut, aplikasi ini dapat melakukan penerjemahan secara instan ke dalam sekitar 40 bahasa.

Seperti halnya sosial media, Anda dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya dan saling berdiskusi mengenai arti lirik dan lagu. Jika bosan dengan koleksi lagu yang dimiliki, Anda dapat melakukan pencarian musik-musik baru melalui fitur SongBox. Di dalam fitur tersebut Anda dapat melihat lagu-lagu yang tengah dimainkan dan juga direkomendasikan oleh teman Anda. TuneWiki mendukung proses dapat Anda dapatkan secara gratis melalui Google Play Store di sini.

TuneWiki - Lyrics w/ Music Mobile App

Shazam

Shazam tidak hanya memiliki kemampuan sebagai aplikasi lirik lagu, namun juga sebagai aplikasi pemutar musik. Aplikasi ini mampu mengidentifikasi lagu secara instan dan cepat. Untuk mendapatkan lirik lagu, Anda dapat melakukan streaming lirik secara online saat sedang memainkan musik. Selain itu Anda akan mendapatkan banyak fitur tambahan seperti menonton TV, menonton video musik dan konser melalui YouTube. Seperti halnya pada Last.fm, Anda dapat berbagi, mencari rekomendasi musik terbaru, melihat jadwal touring para artis, dan juga membagikanya melalui akun jejaring sosial.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Shazam Entertainment Limited ini dapat Anda dapatkan secara gratis di sini. Selain itu, Andapun dapat membeli Shazam Encore yang memiliki fitur lebih banyak seharga $4,73 di sini.

Shazam App On Android

Lyric Squid Music Search Free

Lyric Squid Music Search Free merupakan aplikasi lirik lagu yang dikembangkan CyberActivities, Inc. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mencari lirik secara lengkap menggunakan nama artis atau judul lagu yang hendak dicari. Lagu yang Anda cari akan secara otomatis melakukan streaming melalui pemutar musik perangkat Android apabila Anda tidak memiliki lagu tersebut di dalam perangkat.

Aplikasi Lyric Squid Music Search Free akan terintegrasi dengan pemutar musik mobile Anda agar dapat melakukan pencarian lirik secara otomatis. Untuk mendapatkan lagu-lagu secara resmi, aplikasi ini menyediakan layanan peyisipkan link untuk mendapatkan MP3 dan membeli CD secara online. Seperti halnya musiXmatch, Anda dapat menyimpan lirik dalam media penyimpanan perangkat. Squid Music mendapatkan rating yang cukup baik dari para penggunannya. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini.

Lyric Squid Music Search Android Mobile Phone Application

Lyric Search

Seperti penggunaan namanya, aplikasi yang bernama Lyric Search ini dapat menjadi salah satu opsi pencarian lirik melalui perangkat Android. Lyric Search dapat Anda gunakan untuk mencari lirik lagu dari musik sedang Anda mainkan. Selain liri, aplikasi dapat Anda manfaatkan untuk mencari video musik melalui YouTube. Sayangnya hingga saat ini, Lyric Search belum mendukung penggunaan bahasa lain selain bahasa Inggris. Sementara aplikasi ini dapat mendukung penggunaan pemutar musik seperti Android Standard Player, HTC Player, Winamp, Meridian, Scrobble Droid, Simple last. fm, dan juga Mediascape. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini. [MS]