Aplikasi Pelacak Nomor

16 May 2012 17:00 | Hits: 55377

Kumpulan Aplikasi Pelacak Nomor Telepon untuk Perangkat Android

Kumpulan Aplikasi Pelacak Nomor Telepon untuk Perangkat Android

Hampir setiap orang saat ini memiliki ponsel. Perangkat tersebut telah menjadi alat komunikasi terpenting sehari-hari. Bukan hanya satu, kebanyakan saat ini mereka memiliki lebih dari satu perangkat. Dengan demikian ada kecenderungan menyimpan nomor kontak kerabat, keluarga, ataupun rekan bisnis secara acak. Oleh sebab itu ada kalanya Anda menerima panggilan dari nomor yang tidak diketahui ataupun di-setting secara rahasia sehingga tidak terdaftar di dalam daftar kontak.

Menerima panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal memang seringkali mengganggu aktifitas dan kenyaman Anda. Namun, kali ini para pengguna Android dapat mengetahui ataupun melacak di mana lokasi nomor telepon tersebut berasal.

Lacak Nomor Telepon HLR Lookup

Aplikasi pelacak nomor telepon ini merupakan aplikasi lokal yang dapat Anda gunakan untuk melacak darimana panggilan telepon yang masuk berasal. Untuk menggunakannya Anda cukup memasukkan nomor telepon untuk mendapatkan lokasi. Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh ID Dev Android ini memungkinkan Anda untuk memasukkan langsung nomor telepon dari phonebook dan tak perlu melakukan pengetikan.

Aplikasi Lacak Nomor Telepon HLR Lookup ini dapat mendukung penggunaan operator seluler di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Three, Smartfren, Esia, Flexi, dan lainnya. Kelebihan aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengetahui rincian informasi dari nomor yang melakukan panggilan telepon. Anda akan mendapatkan informasi seperti nama pengguna, alamat, posisi dan lainnya. Namun karena rincian informasi tersebut merupakan privasi dari pemilik nomor, maka kewenangan mendapatkan informasi tersebut harus berasal dari operator bersangkutan.

HRL atau Home Location Register adalah database yang berisi rincian setiap pelanggan perangkat mobile yang berdasarkan wewenang untuk menggunakan jaringan GSM. Setiap SIM memiliki data pengguna yang unik disebut IMSI yang juga merupakan kunci utama setiap data HLR. Hal lainnya yang juga merupakan hal yang penting terkait data pengguna SIM adalah MSISDNs.

MSISDNs adalah nomor telepon yang digunakan perangkat mobile untuk membuat dan menerima panggilan telepon. Kegunaan utama MSISDN adalah penggunaan nomor untuk melakukan dan menerima panggilan telpon dan juga SMS. Namun hal tersebut pun mungkin saja dilakukan SIM untuk mendapatkan data fax dan data panggilan. Aplikasi pelacak nomor telepon berbasis lokasi ini memiliki kemampuan tersebut. Bahkan di laman Google Play Store pun aplikasi ini masuk ke dalam daftar Trending Apps.

Aplikasi ini telah ter-install sekitar 500.000 pada perangkat Android dan mendapatkan rating yang baik dari penggunannya. Selain untuk keperluan pribadi, HLR Lookup cocok pula digunakan bagi Anda yang hendak membuat server pulsa. Hal tersebut dikarenakan Anda dapat menentukan nomor chip yang akan digunakan untuk ditempatkan pada HLR mana dan berdasarkan kebijakan operator tertentu. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengunduh HLR Lookup ini secara gratis di sini.

Reverse Lookup

Aplikasi pelacak nomor yang satu ini dapat Anda gunakan untuk mendapatkan informasi penelepon. Setelah informasi tersebut ditemukan, Anda dapat menyimpan kontak, dial number, memblokir panggilan yang dilakukan nomor tersebut, melihat lokasinya dalam peta dan lainnya. Setiap aplikasi ini diaktifkan, Reverse Lookup akan menampilkan nomor-nomor yang terdapat di dalam daftar panggilan.

Di dalam aplikasi ini Anda dapat memanfaatkan fitur One Click Mode. Fitur tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan informasi panggilan dari nomor yang tidak diketahui berdasarkan daftar panggilan yang masuk ke dalam ponsel secara cepat. Apabila Anda memiliki ponsel keluaran Verizon, Anda harus memiliki nomor tanda penduduk untuk menggunakan aplikasi pelacak nomor ini.

Reverse Lookup dapat digunakan oleh berbagai varian ponsel Android. Di Google Play aplikasi ini mendapatkan rating dan penilaian yang cukup baik dari penggunanya. Untuk menggunakan Reverse Lookup, Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store di sini.

Lacak Ponsel

Seperti nama yang tersemat pada aplikasi pelacak nomor ini, Lacak Ponsel dapat menjadi opsi untuk mengetahui informasi mengenai penelepon yang menghubungi Anda. Cukup dengan memasukkan nomor telepon untuk melacak lokasi nomor tersebut berasal. Di samping itu, Anda dapat menggunakan teknologi pengenal suara melalui aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang Plugie ini.

Seperti halnya HLR Lookup, Lacak Ponsel menggunakan bantuan menggunakan database HRL untuk menemukan lokasi nomor telepon berasal. Anda tidak memerlukan koneksi jaringan internet maupun menggunakan GPS untuk menemukan lokasi tersebut. Selain itu Lacak Ponsel pun telah mendukung seluruh operator telepon di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL, Esia, Flexi, Three, Axis, Smartfren, Ceria dan juga kode area Telkom SLJJ. Lacak Ponsel kurang mendapatkan apresiasi yang baik dari para penggunanya. Namun untuk aplikasi pelacak nomor telepon berbasis lokal, aplikasi ini dapat menjadi opsi yang dapat dicoba. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di sini. [MS]