Handphone Paling Laris

23 Apr 2012 16:30 | Hits: 5345

Handphone Paling Laris di Dunia: Android, iPhone, BlackBerry atau Windows Phone?

Handphone Paling Laris di Dunia: Android, iPhone, BlackBerry atau Windows Phone?

Para pecinta teknologi di Indonesia ataupun di seluruh dunia, utamanya adalah teknologi mobile, tentu banyak bertanya-tanya mengenai produk mana yang kini menjadi handphone paling laris di dunia. Banyak pihak yang mengklaim bahwa handphone dengan sistem operasi Android adalah handphone paling laris di dunia. Namun, para pecinta produk Apple tentu tak mau begitu saja menerima hal itu. Terlebih bagi para pemegang handphone BlackBerry maupun Windows Phone.

Lalu, sebenarnya produk handphone mana yang menjadi handphone paling laris? Tentu untuk mengetahui hal ini, Anda harus disuguhi data penjualan handphone di kawasan dengan penduduk terbesar di dunia, yakni Cina. Memang, hal ini belum tentu menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut. Namun dengan proporsi jumlah penduduk yang hampir 2 miliar, Cina bisa dikatakan mewakili hampir seluruh dunia.

Dalam sebuah laporan terbaru, pasaran Cina memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir, Negeri Tirai Bambu ini mengalahkan Amerika Serikat sebagai pasar handphone nomor satu dunia. Tak heran kini banyak produsen handphone yang menyerbu Cina.

Dalam sebuah laporan terbaru yang dikutip Paseban dari Reuters, handphone Android merupakan handphone paling laris di Negeri Cina. Bahkan, penjualan handphone Android di Cina mencapai 35% market share di seluruh dunia. Pada tahun 2011, jumlah handphone Android yang terjual mencapai angka 68.4% jika dibandingkan dengan total penjualan semua jenis smartphone.

Sebelumnya, handphone Symbian merupakan handphone paling populer di negeri Cina. Seiring dengan perkembangan zaman, para pengguna handphone di Cina pun beralih menggunakan handphone yang diyakini sebagai sistem operasi mobile terbaik, OS Android.

Sementara itu, iPhone juga merupakan handphone yang cukup laris di Cina. Namun, kepopuleran produk dari Apple ini masih belum bisa mengalahkan popularitas dari Android. Pada tahun 2011, market share iPhone meningkat dari 4.1% pada quarter pertama menjadi 5.7% pada kuarter keempat. Pihak Apple sendiri mengatakan bahwa saat ini terdapat 988 juta pelanggan yang mengindikasikan perkembangan positif.

Lalu bagaimana dengan BlackBerry? Seperti yang banyak diprediksi oleh para analis, BlackBerry tertinggal jauh jika dibandingkan dengan iPhone maupun Android dalam perebutan gelar handphone paling laris di dunia. Bahkan, di Kanada, yang notabene adalah homebase dari Research In Motion (RIM), tingkat penjualan BlackBerry jauh tertinggal jika dibandingkan dengan iPhone. Sementara itu, Windows Phone masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengalahkan iPhone maupun Android secara global. So, saat ini berbanggalah bagi Anda yang memakai handphone Android. [IB]