Teknologi Internet

13 Jan 2012 11:30 | Hits: 3419

Sepuluh Teknologi Internet Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Sepuluh Teknologi Internet Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Ada begitu banyak alat yang berbeda dan teknologi yang tersedia di internet saat ini serta istilah dan konsep yang terkait dengan teknologi internet begitu banyak. Berikut ini Paseban akan memberikan 10 teknologi internet yang sebaiknya Anda ketahui.

Video dan Podcasting

Salah satu teknologi internet yang paling banyak diadopsi untuk digunakan dalam pengaturan instruksional adalah video streaming seperti YouTube, TeacherTube, EduTube, dan beberapa di antaranya. Beberapa situs video hosting ada yang dapat memberikan bahan kuliah, how-to video, dan mendukung bahan-bahan yang tersedia dalam bentuk video berbasis web. Podcasting juga telah digunakan untuk memberikan bahan-bahan penting dari bahan audio melalui situs populer seperti iTunes.

Peralatan Presentasi

Kategori ini sangat luas dan kaya. Ada ratusan bahkan mungkin ribuan alat di internet yang dapat digunakan untuk membuat dan berbagi presentasi, dari yang sederhana seperti Powerpoint, player geser seperti Slideshare hingga ke alat timeline multimedia seperti Vuvox dan onetruemedia. Alat-alat ini dapat digunakan untuk mendukung pengajaran kelas atau pembelajaran jarak jauh, atau untuk laporan siswa dan presentasi.

Alat Kolaborasi & Brainstorming

Ini merupakan salah satu kategori yang luas, termasuk pemikiran mengorganisir tool seperti mindmap dan bubbl.us, dan alat-alat kolaboratif seperti papan tulis interaktif berbasis web dan Google Documents. Selain itu, beberapa alat lainnya di daftar ini, seperti wiki dan dunia maya, juga berfungsi sebagai alat kolaborasi.

Blogs & Blogging

Blogger dan banyak pengguna internet lainnya biasa sangat menyadari blog dan blogging. Tetapi ada banyak profesional lain yang benar-benar tidak terbiasa dengan istilah dari "blogosphere". Selain keakraban dasar dengan teknologi ini, Anda harus memahami situs-situs seperti Blogger dan Wordpress, di mana pengguna dapat dengan cepat dan mudah membuat blog mereka sendiri secara gratis.

Wiki

Penggunaan Wiki dalam pengaturan pendidikan berkembang setiap hari. Situs seperti Wetpaint dan lain-lain memungkinkan pengguna untuk membuat situs web gratis. Wiki adalah cara yang bagus untuk memulai misalnya dengan menggunakan wiki untuk aplikasi pendidikan.

Jaringan Sosial

Anda harus memiliki pemahaman dasar tentang situs seperti Facebook dan MySpace dan bagaimana situs ini digunakan. Ini tidak berarti Anda harus memiliki account di situs tersebut. Lagipula banyak pendidik akan merekomendasikan untuk tidak menggunakan situs ini untuk berkomunikasi dengan siswa mereka. Selain itu Anda juga harus mengetahui jaringan situs profesional sosial seperti LinkedIn.

Instant Messaging (IM)

Sebagian besar orang menggunakan IM secara teratur melalui Aim, IM agregator seperti situs Meebo. Situs Meebo ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan pesan dari Aim, Yahoo, MySpace, Facebook, dan situs lainnya. Beberapa orang sering menggunakan IM untuk berinteraksi meski mereka berada di ruangan yang sama.

Twitter

Situs ini benar-benar terfokus pada teknologi bukan aplikasi tertentu. Aplikasi ini terlalu populer untuk diabaikan. Anda setidaknya harus memahami apa itu dan dasar-dasar bagaimana ia digunakan.

Dunia Virtual

Teknologi ini telah menerima apresiasi dari penggunanya. Situs SecondLife telah menjadi pemimpin yang jelas pada aplikasi berbasis virtual. Penggunaan SecondLife telah sedikit dibatasi oleh bandwidth tinggi dan persyaratan pengolahan daya, tetapi ini juga berarti bahwa masih ada ruang untuk peningkatan adopsi aplikasi sebagai sistem menjadi lebih kuat dan kecepatan bandwidth yang lebih

RSS Feed

RSS memungkinkan pengguna untuk membuat link mereka sendiri melalui "push" data yaitu, menentukan aliran data yang Anda inginkan secara otomatis daripada harus pergi dan menarik informasi dengan pencarian Google atau upaya penelusuran lainnya. RSS feed memungkinkan Anda untuk mengambil keuntungan dari aliran konten yang ada. RSS feed tersedia untuk banyak topik dan di berbagai situs web. (EK)