Sejarah Apple

26 Nov 2011 15:00 | Hits: 8864

Sejarah Apple dan Produk-produk Mutakhirnya

Sebelum menjadi salah satu produsen komputer dan mobile device terbesar seperti sekarang ini, Apple butuh puluhan tahun untuk bisa menjadi besar seperti sekarang ini. Sejarah Apple bermula pada tahun 1976, ketika itu Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne mempunyai ide brilian untuk membuat produk berbasis komputer. Pada awal kemunculannya, Apple Computer, Inc. merupakan perusahaan pemasok personal komputer dengan Apple I sebagai produk pertamanya yang berupa satu set komputer yang chasing-nya pada waktu itu terbuat dari kayu.

Meskipun pada waktu itu produk pertamanya terbilang sukses, namun dengan jumlah produksi yang terbatas membuat perusahaan ini membutuhkan dana segar agar perusahaan ini tetap bisa berdiri dan bisa lebih berkembang lagi. Beruntunglah ada seorang milyarder kaya bernama Mike Markkula yang menginfestasikan dananya lebih dari $ 250.000.

Setelah mendapatkan dana segar dari Mike Markkula, perusahaan ini terus berkembang bukan hanya sebagai pembuat komputer pribadi tapi juga membuat berbagai variasi jenis-jenis komputer dan software. Pada tahun 1986 hingga 1993 merupakan masa kemunduran Apple setelah produk-produknya seperti kamera digital, pemutar CD portable, speaker dan perangkat TV kalah bersaing di pasaran. Selain itu produk-produk berbasis komputernyapun kalah bersaing dengan the Wintel (Windows dan Intel) ketika itu.

Sejarah Apple memang tak bisa lepas dari seorang Steve Jobs. Setelah dipecat pada tahun 1985, comeback-nya pada tahun 1996 kembali membangkitkan Apple dari keterpurukan dan perusahaan pun meraih profit yang tidak sedikit. Ide-ide briliannya dengan menciptakan produk-produk yang mutakhir dan eksklusif. Ada banyak produk-produk Apple yang meraih sukses dipasaran dan berikut ini adalah produk-produk Apple yang terbilang sukses di pasaran.

Software

Apple ini juga memproduksi dan mengembangkan software, di antaranya yang popular yaitu Mac OS X (sitem operasi untuk personal komputer), iTunes media browser, Aperture (alat untuk fotografer profesional), The iLife (multimedia dan software untuk kreativitas), web browser Safari, Logic Studio (software music recording) dan iOS (system operasi untuk mobile handsets).

Macintosh

Dikenal sebagai Mac, the Macintosh merupakan komputer desktop yang juga diproduksi oleh Apple. Diperkenalkan pada tahun 1984 dan telah meraih sukses karena Macintosh adalah komputer pribadi pertama yang mempunyai mouse dan dilengkapi graphical user interface. Pada perkembangannya di era 90an produk ini menjadi pesaing berat the Wintel (Windows dan Intel).

MacBook

MacBook merupakan sebuah merek komputer notebook Macintosh yang dirilis pada tahun 2006 dan telah meraih sukses dengan rekor penjualan terbanyak dalam sejarah Apple Macintosh. MacBook terdiri dari dua jenis yaitu MacBook Air dan MacBook Pro yang masing-masing jenisnya mempunyai target pasar tersendiri.

iPod

Apakah anda tahu merek mp3 maupun mp4 yang paling terkenal di Dunia? Ya, jawabannya tidak sulit untuk diucapkan, iPod. Media Player portable ini dirilis pada November 2001, iPod dapat mendukung beberapa format file di antaranya adalah MP3, AAC/M4A, Protected AAC, AIFF and WAV file. Selain itu iPod juga dapat menampilkan beberapa format gambar seperti BMP, JPEG, GIF, PNG and TIFF dan juga memutar MPEG-4 (H.264/MPEG-4 AVC) dan format video QuickTime.

iPhone

iPhone merupakan produk smartphone pertama dari Apple yang diluncurkan pada pertama kali pada Juni 2007. Setelah empat tahun lebih peluncurannya, Apple telah lima kali mengeluarkan salah satu produk andalannya ini yaitu iPhone 2G (iPhone pertama), iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPhone 4S. Akhir-akhir ini, smartphone ini mendapatkan banyak pesaing yang tangguh terutama dari smartphone yang berbasis Android.

iPad

Sekali lagi, inovasi Apple dalam mempelopori produk-produk mutakhir memang sulit ditandingi. Setelah iPad dan iPhone-nya, munculah iPad sebagai tablet PC pertama di Dunia. iPad merupakan tablet yang luar biasa, iPad dapat menjalankan berbagai macam aplikasi-aplikasi terutama untuk media audio visual termasuk e-book, internet, musik, video dan games. Tablet ini dilengkapi dengan system operasi yang sama dengan iPod Touch dan iPhone yaitu iOS.

Sejarah Apple untuk meraih kesuksesan seperti sekarang ini bukanlah dalam waktu yang singkat, satu atau dua tahun, namun butuh perjuangan puluhan tahun untuk bisa mencapai kesuksesan hingga menjadi besar seperti saat ini. [RC]