Near Field Communication

18 Feb 2013 22:00 | Hits: 1602

Apakah Kegunaan Near Field Communication (NFC)?

Jika ponsel Anda saat ini belum memiliki chip Near-Field Communication (NFC) di dalamnya, mungkin yang selanjutnya Anda akan memilikinya. Perangkat Android dengan cepat mengadopsi teknologi ini sementara Apple sejauh ini meremehkannya, adopsi NFC oleh iPhone akan mudah diimplementasikan. Ada beberapa kegunaan Near-Field Communication di dunia nyata yang dapat dicoba saat ini. Anda bahkan mungkin akan terkejut dengan apa yang dapat Anda capai - jika Anda bersedia melakukan sedikit riset dan sedikit usaha.

Melakukan Pembayaran

Google Wallet dimaksudkan untuk memberikan pembayaran mobile yang dikenal dan mendorong permintaan konsumen. Ini adalah pembunuh aplikasi NFC. Masalah keamanan memberikan aplikasi ini citra yang buruk. Ini tidak berarti Google Wallet telah hilang. Google Wallet masih bisa Anda gunakan dan didukung semua kartu kredit besar. Toko mitra meliputi Macy’s, dan Toys "R” Us, di antara banyak lainnya. Beberapa mitra yang paling menonjol adalah kota-kota. San Fransisco, misalnya, sekarang mendukung pembayaran melalui NFC.

Pembayaran melalui NFC jauh dari menggantikan kartu debit dan kredit, tentu saja, namun teknologi ini tampaknya diperluas setiap bulan. Lebih banyak ponsel dan lebih banyak mitra berarti lebih banyak tempat dan cara untuk menggunakannya. Mungkin suatu hari akan cukup populer untuk benar-benar menggantikan dompet.

Mengendalikan Ponsel Pintar Anda dengan Tag

Ukuran kecil dari dari sebuah chip NFC membuatnya gampang untuk ditempatkan di mana saja. Di masa mendatang, tag tersebut mungkin akan tertanam dalam banyak produk dan tempat-tempat umum. Saat ini, Anda harus puas dengan membeli tag sendiri dan menempatkannya sendiri.

Samsung TecTiles adalah sebuah contoh dari teknologi ini. Plastik kecil ini bekerja dengan ponsel Samsung untuk mengaktifkan fungsi pengguna yang ditentukan. Pengguna dapat memprogram ponsel mereka untuk menjalankan sebuah aplikasi ketika ditempatkan di atas meja atau memutar musik ketika ditempatkan di dekat home entertainment di rumah Anda. Tindakan ini diprogram menggunakan aplikasi yang sederhana.

Tidak punya ponsel Samsung? Tidak apa-apa. Perusahaan lebih kecil seperti Droid Tiles telah muncul untuk menyediakan tag vendor-agnostic. Ini juga merupakan program melalui aplikasi.

Berbagi File

Kegunaan Near-Field Communication selanjutnya adalah mampu berbagi file. Sebagian besar ponsel NFC memiliki kemampuan untuk berbagi file. Samsung telah menunjukkannya dalam iklan untuk produk-produknya, namun ini bukanlah fitur eksklusif mereka. Sebagian besar ponsel Android dengan NFC bisa mendukung ini melalui aplikasi yang menyertainya atau aplikasi pihak ketiga.

Menghubungkan Keyboard atau Mouse

Saat ini telah ada perangkat keyboard yang memanfaatkan kegunaan Near-Field Communication. Idenya sederhana, hanya menempatkan ponsel berkemampuan NFC maupun ponsel Android di tengah keyboard tersebut. Setelah itu, Anda sekarang dapat mengetik di ponsel pintar Anda. Keyboard ini bahkan dapat dilipat bila tidak digunakan.

Satu lagi perangkat NFC yang telah hadir, yaitu mouse HP NFC dengan harga terjangkau. Mouse ini dibanderol seharga $40. Namun untuk sementara ini, mouse tersebut hanya dapat digunakan untuk laptop dengan kemampuan NFC seperti HP Envy Spectre.

Mengunjungi Museum

Museum mungkin tampak sebagai sebuah tempat yang kuno untuk menggunakan teknologi. Museum telah mengadopsi ponsel cerdas untuk meningkatkan kunjungan wisata melalui audio track dan sering menggunakan layar sentuh untuk menyediakan pameran interaktif.

NFC hanyalah sebuah langkah evolusi. Beberapa museum, seperti Museum of London, yang mulai menawarkannya sebagai cara untuk menyediakan informasi tambahan untuk pameran. Itu tidak jauh berbeda dari panduan audio atau panduan wisata melalui browsur yang selama ini ditawarkan oleh museum, namun ini memberikan lebih banyak kebebasan. Dari pada mengikuti tujuan yang telah ditentukan oleh pemandu, para wisatawan dapat pergi ke manapun yang mereka inginkan dan menggunakan NFC untuk meminta informasi tambahan.

Penggunaan Terbatas, Potensi Tanpa Batas

Anda tidak kagum dengan NFC? Wajar saja. Meskipun potensial, namun teknologi ini masih dibatasi oleh biaya. Ini masih menjadi fitur yang hanya dimiliki oleh sebagian kecil perangkat ponsel Android, dan menggunakan tag yang meskipun tidak mahal, namun tidak gratis. Potensi penuh dari teknologi ini tidak akan dibuka hingga mayoritas ponsel pintar menawarkannya sebagai fitur standar di ponsel tersebut. [RIC]