Kamera Sony DSLR

13 Feb 2013 09:00 | Hits: 2188

Empat Kamera Sony DSLR Terbaik Saat Ini

Empat Kamera Sony DSLR Terbaik Saat Ini

Selain dua brand besar Nikon dan Canon, Sony kerap muncul di antara keduanya sebagai salah satu produsen kamera DSLR. Walaupun kamera Sony DSLR terbilang memiliki kualitas spesifikasi yang masih berada satu kelas di antara dua nama tersebut, nyatanya banyak fotografer yang memanfaatkannya. Berbicara tentang kamera Sony DSLR, perusahaan asal Jepang ini memang tidak lagi memproduksi kamera berjenis DSLR. Pasalnya, kamera seri Alpha telah memiliki keunikannya tersendiri dan Sony menyebutnya sebagai kamera Single Lens Translucent (SLT). Keunikan SLT adalah kemampuannya untuk mendeteksi fitur autofocus baik saat gambar atau video tengah diolah dalam layar ataupun viewfinder kamera. Pada kamera Sony DSLR sebelumnya, kinerja sistem pendeteksi kontras berjalan secara lambat.

SLT memberikan keuntungan terhadap kamera karena memiliki sebuah viewfinder elektronik. Dibandingkan viewfinder optikal biasa, tentunya produk-produk SLT memiliki keunikannya tersendiri. Namun, walaupun begitu secara umum pasar masih menyebut tipe kamera terbaru tersebut sebagai kamera Sony DSLR.

Sony Alpha a77

Sony Alpha a77 merupakan model terbaik dari kamera SLT keluaran Sony. A77 mengkombinasikan banyak fitur yang ditemukan pada seri A65 tetapi memiliki rating kecepatan frame yang lebih baik. Selain itu, a77 dibangun dengan ketahan perangkat yang lebih tangguh. Saat pertama kali memegangnya, Anda akan melihat sebuah layar LCD dengan soket flash, dan lainnya. Sementara itu, Sony Alpha a77 pun diklaim sebagai kamera dengan viewfinder elektronik yang ada pada saat ini. Alpha a77 ini dibaderol seharga $1.350 dengan resolusi 16.2MP dan video HD 1080.

Sony Alpha a65

Mencari produk Sony Alpha lebih murah dibandingkan a77? Pilihan berikutnya adalah Sony Alpha a65. Berbeda sekitar $500, kamera ini memiliki sendor 24.3MP, 2.4 juta titik pada layar viewfinder OLED-nya, dan kualitas perekaman video 1080p. Untuk ukuran desain kamera SLT yang serupa, Anda bisa mendapatkan dengam harga sekitar $850. Sementara itu, a65 pun hadir dengan semi-translucent mirror yang mampu mendeteksi AF secara penuh.

Sony Alpha a57

Sepintas, kamera Sony Alpha a57 ini memiliki desain yang sangat mirip dengan Alpha 65. Namun, produk satu ini menawarkan kisaran harga yang lebih murah bagi para penghobi fotografi saat ini. Kamera ini menjadi produk pertama yang mendapatkan revisi sistem Object Tracking AF dan opsi Auto Portrait Framing terbaru. Selain itu Alpha a57 telah didukung dengan sensitifitas ISO 100-16000. Bahkan Anda akan mendapatkan opsi burst mode dengan kecepatan 12fps. Untuk kamera beresolusi 16.1MP, Sony Alpha a5 dibanderol seharga $650.

Sony Alpha a37

Perusahaan asal Jepang ini telah mendesain Sony Alpha a37 dengan sensor 16.1 juta piksel agar dapat bekerja dengan prosesor Bionz. Hal tersebut dilakukan agar a37 mampu memproduksi hasil foto yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya, Sony Alpha 35. Melalui 15 point sistem AF, kamera ini menawarkan tracking objek foto yang lebih bagi. Sistem Auto Portrait Framing-nya sendiri secara otomatis mampu memotong sebuah gambar untuk meningkatkan kemampuan komposisi setelah gambar tersimpan. Sony Alpha a37 sendiri mampu memberikan tingkat kualitas foto yang cerah dengan akurasi warna yang tinggi. Para penghobi fotografi yang memiliki budget kecil untuk mendapatkan kamera DSLR berkualitas, maka banderol $650 untuk Alpha a37 dapat menjadi pertimbangan menarik. [MS]