Pengertian ROM

13 Jun 2014 18:00 | Hits: 28069

Lebih Tahu Tentang Pengertian ROM, Firmware, dan Flashing

Lebih Tahu Tentang Pengertian ROM, Firmware, dan Flashing

Apakah Anda merasa blank atau bingung bila mendengar istilah ROM, Firmware, dan Flashing? Dan merasa tertinggalkan apabila ada teman yang sedang membicarakan hal tersebut? Pada artikel berikut ini, Paseban ingin berbagi pengetahuan dasar dari pengertian ROM, Firmware dan Flashing yang sering Anda temukan pada kegiatan mengoprek gadget tersebut.

 

ROM

Pengertian ROM adalah kepanjangan dari Read-Only Memory, dan secara teknis ROM mengacu pada media penyimpanan dari sebuah perangkat yang mana berisi file dari operating system (OS) yang tidak perlu diubah sama sekali selama pengoperasian normal perangkat tersebut.

 

Oleh karena itu dari pengertian ROM tersebut, instruksi semacam itu tersimpan di read-only memory, yang berfungsi lebih seperti non-rewriteableCD atau DVD, untuk memastikan tidak ada perubahan yang dilakukan pada instruksi tersebut karena bisa membuat perangkat tidak berfungsi.

Konsep ini berbeda dengan hardisksolid state drive atau flash storage pada PC yang memungkinkan akses penuh atas kegiatan read/write data, bahkan pada area penyimpanan yang berisi file OS.

 

Firmware

Read-only OS yang dibicarakan di atas juga bisa disebut "Firmware," yang mana bersifat tetap dan pengguna tidak memiliki akses untuk memodifikasi data. Modifikasi dari Firmware sebenarnya masih memungkinkan, hanya saja tidak semudah penggunaan normal. Hardware atau software khusus dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut.

Kedua istilah "Operating System" dan "Firmware" pada dasarnya mengacu pada hal yang sama dan dapat digunakan bergantian bila diterapkan pada perangkat tertentu.
 

Flashing

Memori ROM yang digunakan pada smartphone atau PC tablet umumnya sama seperti memori flash yang ada pada SD card atau USB flashdisk. Hanya saja ROM lebih dioptimalkan dalam hal kecepatan dan performa untuk menjalankan sebuah OS.

 

Seperti dijelaskan di atas, ROM membutuhkan prosedur khusus untuk melakukan modifikasi. Prosedur memodifikasi atau mengganti isi data dari memori flash seperti ini dikenal sebagai Flashing. Flashing pada dasarnya sama dengan menginstal atau memodifikasi Firmware yang tersimpan di protected flash memory dari sebuah perangkat.

 

ROM as the Operating System

Ketika berbicara mengenai smartphone dan tablet, istilah ROM merujuk ke firmware yang disimpan dalam memori internal gadgetmemory internal yang dimaksud ini berbeda dengan memory internal di mana umumnya aplikasi atau data tersimpan. Apabila Anda masih bingung beda kapasitas ROM dan Internal memori pada perangkat Anda, Anda bisa mengambil contoh informasi yang terdapat pada aplikasi Titanium Backup. Di tampilan utama aplikasi Android ini Anda bisa melihat informasi kapasitas dari System ROM, Internal, dan SD card perangkat Anda.

 

Semoga artikel mengenai pengertian ROM, Firmware dan Flashing ini bisa menambah pengetahuan dan berguna untuk Anda tentunya. [RY]