Cara Kerja SMS

19 Oct 2011 13:00 | Hits: 3840

Mengenal Bagaimana Cara Kerja SMS

Mengenal Bagaimana Cara Kerja SMS

Keberadaan handphone saat ini bukan lagi dianggap barang mewah melainkan sudah menjadi kebutuhan pokok yang sepertinya setiap orang wajib memilikinya. Bisa Anda perhatikan, kini setiap orang tidak terlepas dari benda ini baik orang dewasa maupun anak-anak, mulai dari pejabat sampai pembantu rumah tangga. Handphone yang dimiliki pun sangat beragam baik dari segi harga maupun spesifikasi dan aplikasi. Semahal apa pun dan secanggih apa pun handphone yang Anda miliki, pasti di dalamnya tersedia menu utama yang terdiri dari menu untuk menelpon dan layanan pesan pendek atau biasa disebut dengan SMS (Short Message Service). Selama ini apakah Anda pernah berpikiran bagaimana cara kerja SMS?

Seperti yang Paseban jelaskan pada artikel terdahulu, SMS merupakan layanan dasar telekomunikasi seluler yang tersedia pada jaringan GSM atau CDMA. Sebagai layanan dasar, tentu saja service SMS ini dapat digunakan pada berbagai jenis handphone. Layanan ini lebih banyak digunakan karena mempunyai keunggulan tersendiri. Selain harganya yang murah, Anda dapat mengirimnya ke banyak penerima sekaligus pada saat bersamaan.

Mengirim SMS mungkin sudah menjadi kegiatan rutin yang Anda lakukan, Berikut Paseban akan mencoba membahas mengenai cara kerja SMS.

Cara kerja SMS yang pertama yaitu ketika Anda mengetik SMS, pesan itu tidak langsung terkirim ke nomor tujuan, melainkan terkirim ke SMS Center yang berada di kantor operator telepon. Baru setelah itu SMS diteruskan ke nomor tujuan.

Cara kerja SMS yang kedua, sebelum SMS Center mengirimkan pesan yang Anda buat, SMS Center terlebih dahulu mengirim SMS request ke HLR (Home Location Register) yaitu perangkat yang berisi data detail untuk setiap subscriber melalui STP (Signal Transfer Point) untuk menemukan pelanggan tujuan Anda. Saat HLR menerima pesan dari SMS Center maka HLR akan merespon dengan status pelanggan berupa "Inactive atau Active" dan letak pelanggan yang dimaksud (nomor yang Anda tuju).

Cara kerja SMS yang ketiga, SMS akan tersimpan di SMS Center jika nomor tujuan Anda sedang tidak aktif atau di luar jaringan sampai period validity terpenuhi. Period validity yaitu tenggang waktu yang diberikan si pengirim pesan (Anda) sampai pesan diterima oleh si penerima (nomor tujuan). Setelah period validity terpenuhi dan nomor tujuan Anda masih belum aktif, maka SMS Center akan mengirim pesan ke handphone Anda bahwa "SMS gagal dikirim". Namun, jika nomor yang Anda tuju telah aktif, maka SMS Center akan mengirim pesan ke nomor Anda bahwa "SMS berhasil dikirim". RF