Browser Tercepat Di Dunia

23 Jan 2013 11:15 | Hits: 25898

Siapakah Browser Tercepat di Dunia Saat Ini? Simak di Sini

Siapakah Browser Tercepat di Dunia Saat Ini? Simak di Sini

Internet sudah menjadi bagian penting dalam mencari informasi. Bukan hanya kecepatannya dalam mendapatkan informasi tetapi juga karena kemudahannya dalam mendapatkan informasi, dan informasi ini bisa Anda dapatkan dari mana saja selama berada di dalam dunia internet.

Saat ini, bukan hanya mencari informasi, tetapi melakukan pekerjaan dan bermain game pun dilakukan di dalam internet menggunakan Browser. Permintaan sekarang, para user dari internet meminta browser menjadi pebih ringan dan lebih cepat dan responsive seperti sebuah aplikasi desktop. Rata-€œrata pengguna menggunakan Google Chrome sebagai browser mereka, dibuktikan oleh pengguna Chrome yang mencapati 1/3 dari seluruh pengguna browser, hal ini dikarenakan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan instalasi, startup, page loading, dan aplikasi running web. Dibandingkan dengan performa kecepatan Javascript yang bersaing antara Chrome denganInternet Explorer Microsoft dan Mozilla Firefox.

Hal ini menjadi bahan perbaikan bagi para developer browser lain. Mereka membangun ulang, melakukan kode ulang, melakukan optimasi, dan melakukan revisi pengolahan Javascript Engine dan melakukan benchmark di Javascript benchmark,Webkits Sunspider. Sebagai contoh, saat IE7 di tes di Sunspider, menghasilkan benchmark sebesar 47,119ms bandingkan dengan Chrome yang hanya memiliki nilai 749 ms. IE8, menghasilkan nilai lebih tinggi dari pada tes sebelumnya, menghasilkan nilai 9015ms meskipun nilai nya masih lebih rendah dibandingkan dengan Chrome. Tetapi di tes untuk IE9 dan IE 10, nilai sudah berkurang sangat jauh, menghasilkan nilai yang tidak jauh berbeda dengan Chrome.

Selain Javascript, sebenarnya ada beberapa tes penting lainnya yang harus dilakukan oleh browser untuk mendapatkan browser tercepat atau terbaik. Di IE9, Microsoft menggunakan sebuah konsep hardware accelaration, menggunakan VGA PC untuk meningkatkan pengolahan browser, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kecepatan browser. Untuk mendapatkan jawaban browser tercepat di dunia saat ini, kita bisa menilai dari beberapa tes :

  • Startup Time, (dinilai berdasarkan saat browser pertama kali aktif setelah PC reboot) dan warm (saat browser sudah running)

  • JavaScript benchmarks (SunSpider, Mozilla Kraken, Google V8)

  • Hardware Accelartion test

  • Page loading Performace

Daftar Browser yang Dinilai Tercepat

Google Chrome, ini merupakan salah satu browser yang paling banyak di download dan di gunakan. Hal ini dikarenaka kecepatannya saat di gunakan. Google Chrome menjadi salah satu browser yang paling sering mengalami perkembangan.

Maxthon, ini satu-satunya browser dari China yang di ikutkan untuk tes browser tercepat. Karena Maxthon mendapatkan jumlah yang banyak di gunakan terutama dari China. Selain support teknologi yang ada di browser sudah mampu bersaing dengan browser lainnya.

Microsoft Internet Explorer 9, digunakan IE9, karena IE 9 menjadi seri IE yang paling banyak digunakan saat ini meskipun IE 10 sudah rilis. IE 9, menjadi banyak sorotan karena Microsoft menjanjikan performa yang lebih baik dibandingkan dengan seri-seri IE sebelumnya.

Mozilla Firefox Firefox menjadi standard baru dalam dunia browser, karena kecepatan dan kemampuannya dalam browser membawa angin baru bagi dunia browser yang sebelumnya sudah di kuasai oleh IE dan Opera. Firefox menjadi salah satu standard fitur yang harus ada di dalam browser. Dan perkembangan persaingan dengan Chrome, membawa Firefox ke dalam sistem engine yang baru dan lebih baik. Karena mereka sempat tertinggal oleh Chrome.

Opera, Opera merupakan salah satu browser yang paling cepat untuk menampilkan display di dalam browser. Tetapi kekuranggnya hanya pada sering nya kesalahan Opera dalam menampilkan display. Hal ini menjadi bahan developer Opera untuk memperbaiki sistem engine dari browser Opera.

STARTUP Test

Test ini dilakukan saat Aplikasi Browser pertama kali di nyalakan. Cold Startup di lakukan saat komputer pertama kali menyala setelah melakukan reboot, dan Warm dilakukan pada saat setelah browser menyala tanpa melakukan reboot dengan kata lain pada saat aplikasi browser sedang menyala.

1

JavaScript Engine Test

Saat ini sebuah tidak hanya berupa static web, tetapi juga menjadi sebuah page yang bergerak secara dinamis dan untuk bisa melakukan di butuhkan sebuah Javascript untuk menggerakannya. Dan untuk mengolah ini sebuah browser perlu menggunakan sebuah engine javascript di dalam browser agar bisa mengolah sebuah code javascript.
Dan untuk mendapatkan performa yang baik dilakukan beberapa tes, tes pertama menggunakan benchmark JavaScript Webkit's SunsSpider.

2

Dites yang kedua digunakan aplikasi Benchmark buatan Google, Google V8. Dan keluar Maxthon sebagai yang terbaik di tes yang kedua ini. Hal ini cukup aneh, karena Google V8 dan Google Chrome adalah buatan Google.

3

Di tes yang ketiga menggunakan benchmark buatan Mozilla, Mozilla Kraken.

4

Hardware Accelaration Test

Untuk meningkatkan kinerja browser, saat ini digunakan konsep Hardware accelaration, yang menggunakan bantuan VGA Card untuk membantu proses dari browser. Dan berikut ini hasil tesnya.

Tes 1Psychedelic Browsing, menggunakan sebuah bola berwarna dan berputar sebagai proses graphics dan pemutar suara untuk ajang adu tes.

5

Di tes yang kedua, menggunakan Bola partikel, setiap browser akan menggambar sebuah bola-€œbola partikel dan akan di hitung waktu menggambarnya dan kualitas gambarnya.

6

Di tes yang ketiga, menggunakan aplikasi buatan mozilla untuk menghitung kecepatan FPS dari tiap browser.

7

Page Loading Report

Tes ini berdasarkan kualitas waktu dari sebuah browser untuk melakukan load page. Data ini di dapatkan dari New Relic dan Strangeloop Networks, organisasi ini mengumpulkan data-data rata sebuah browser untuk melakukan page load website.

New Relic

8

Strangeloop Networks

9

Kesimpulan

Dari tes performa browser di atas, harus diakui pada masing-masing tahapan tes, kadang dimenangkan oleh browser yang berbeda-beda. Hal itu menunjukkan sebenarnya siapa browser tercepat di dunia bisa dibilang relative. Namun, harus diakui, saat ini browser yang paling banyak digunakan di dunia adalah Chrome dan Mozilla, dengan asumsi bahwa keduanya menjadi pilihan karena cepat dan kaya fitur sebagai pelengkap penunjang, menurut Anda bagaimana? [ENJ]