Daftar Laptop Terbaik

11 Jan 2013 16:00 | Hits: 2570

Daftar Laptop Terbaik Dengan Harga Terbaik

Daftar Laptop Terbaik Dengan Harga Terbaik

Perkembangan teknologi laptop saat ini mungkin membuat bingung sebagian dari kita. Begitu banyak produk yang dirilis dan juga begitu banyak jenisnya. Sepertinya walau tablet cukup digemari di kalangan konsumen, laptop tetap mendapat tempat di hati penggunanya. Sepertinya ada beberapa hal yang tidak bisa digantikan antara laptop dan tablet (untuk saat ini). Kebanyakan orang merasa lebih nyaman bekerja di laptop, apalagi beberapa hal yang bisa dilakukan laptop tidak bisa dilakukan oleh tablet, seperti desain, game berkualitas grafik yang tinggi, dan banyak lagi. Namun, tidak menutup kemungkinan nantinya semua kegiatan yang bisa dilakukan di laptop bisa dilakukan juga oleh tablet.

Dari berbagai merek laptop yang ada saat ini dipasaran, Paseban akan memberi rekomendasi bagi Anda agar tepat memilih daftar laptop terbaik. Tepat uang yang Anda keluarkan dengan kualitas laptop yang dibeli. Banyak dari kita yang terkadang terpikat suatu barang karena ketenaran merek atau perusahaan yang memproduksinya padahal kualitasnya tidak jauh beda dengan yang lain, hanya saja vendornya kurang terkenal. Atau juga, kita terlalu tertarik karena iklan-iklan yang bertebaran di media masa, padahal kita semua tahu iklan tidak akan menampilkan sisi buruk dari barang tersebut dan membangga-banggakan barang tersebut.

Agar tidak terayu iklan dan nama produsen mari kita lihat hal-hal apa saja yang perlu kita perhatikan dalam membeli laptop. Setelah itu, Paseban akan memberikan enam laptop yang harga dan kualitasnya sebanding.

Prosesor dan Grafik

Komponen-komponen internal laptop terbaik merupakan faktor yang paling kuat mempengaruhi harga. Banyak dari produsen yang mengurangi harga dengan mengganti prosesor. Misalnya banyak laptop yang mengganti prosesor Intel-nya dengan prosesor AMD atau juga dengan Intel Atom yang banyak digunakan pada NetBook atau produk-produk semi laptop lainnya. Alhasil kemampuan produk jauh menurun untuk masalah kecepatan, tidak mampu menampilkan grafik yang bagus dan masih banyak kekurangan lainnya.

Saat ini yang sangat terkenal di dunia laptop adalah prosesor yang mampu bekerja dua bagian. Satu untuk prosesor dan satu lagi untuk grafik. Generasi i dari intel (i3, i5, i7) membuat prosesor yang bisa melaksanakan kerja prosesor dan VGA. Jadi kita tidak membutuhkan perangkat keras terpisah untuk mendapat grafik yang kuat. Namun teknologi ini memberikan harga yang lebih mahal lagi. Harga memang tidak pernah menipu. Namun ada prosesor dengan teknologi seperti ini yang bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah, ini disebut Sandy Bridge (adik Ivy Bridge). Prosesor dengan jenis ini akan memberikan kecepatan yang jauh lebih baik dari AMD atau Intel atom yang sering dijadikan perangkat untuk menurunkan harga laptop.

Hard drive

Saat ini hard drive dengan jenis HDD masih akrab pada pengguna laptop. Walau saat ini sedang hangat-hangatnya hard drive dengan teknologi SSD (Solid-State Drvie) yang jauh lebih baik dari kualitas HDD. Hard drive dengan teknologi SSD ini mirip dengan drive pada flashdisk, kecil namun bisa menyimpan dengan kapasitas yang besar. Hanya saja flasdisk hanya untuk menyimpan saja, drive untuk laptop tau PC lebih kompleks daripada itu. Penggunaan SSD juga terdapat pada smartphone, dan laptop yang tipis seperti Ultrabook atau Macbook. SDD dapat membaca data 15 kali lebih cepat dari pada HDD, bentuk yang lebih mungil, dan ketahanan yang jauh lebih baik daripada HDD. Beberapa laptop memanfaatkan SSD dengan kapasitas kecil untuk menjalankan sistem-sistem vital pada laptop, drive normalnya tetap menggunakan HDD. Kenapa? Harga SSD jauh lebih mahal daripada HDD. Harganya dua sampai tiga kali lebih mahal. Hingga saat ini SSD terbesar masih dipegang oleh Mushkin dengan kapasitas 480GB.

Software dan OS (Operating System)

Salah satu daya tarik produk-produk seperti laptop adalah OS-nya. Seperti saat ini yang kita lihat bagaimana konsumen tertarik membeli laptop yang sudah ber-OS-kan Windows 8. Memang kita bisa mendapatkan OS ini secara gratis dengan tindakan ilegal, namun produsen tidak bodoh, dengan OS bajakan kita akan lebih rentan terhadap virus, malware dan bloatware. Dari sini mereka menawarkan versi premium atau juga software tambahan untuk menanggulangi hal-hal tersebut. Tetap saja kita harus membeli software-software mereka dengan harga tertentu bila ingin mendapatkan failitas yang maksismal. Beruntung bagi Anda yang mendapatkan OS original ketika membeli laptop, versi original selalu jauh lebih baik dari bajakan.

Seperti kata Paseban sebelumnya, berikut enam laptop yang harga dan kualitasnya sesuai rekomendasi Paseban:

  1. Samsung Chromebook Series 3 (US$249,99)
  2. Acer Aspire V5-571-6891 (US$549,99)
  3. Dell Inspiron 13z (US$549,99)
  4. Lenovo IdeaPad U310 (US$799,99)
  5. Lenovo IdeaPad Y480 (US$799)
  6. Lenovo IdeaPad Yoga 13 (US$999)
    [RIC]