Windows 8.1

19 Aug 2013 11:45 | Hits: 1579

Windows 8.1 Siap Meluncur Oktober, Apa Saja Fitur Yang Layak Ditunggu?

Windows 8.1 Siap Meluncur Oktober, Apa Saja Fitur Yang Layak Ditunggu?

Setelah Windows 8 sukses diluncurkan dan mendapat berbagai masukan dari para penggunanya, kini Microsoft kembali akan merilis jenis Windows terbaru, Windows 8.1. Sempat diisukan akan dirilis para bulan Agustus ini, namun ternyata sistem operasi PC yang sudah hadir dalam beberapa generasi itu akan kembali dirilis pada bulan Oktober mendatang.

Bahkan untuk merayakan kelahiran Windows 8.1 ini beberapa bulan yang lalu, Microsoft menyelenggarakan kontes untuk menemukan celah atau bug pada Sistem Operasi terbaru mereka. Para hacker ditantang kemampuannya untuk dapat menemukan kelemahan dari sistem terbaru mereka yang terbilang inovatif ini. Selain itu Microsoft telah melakukan beberapa perbaikan setelah mendapatkan banyak masukan dari Windows 8 yang telah lebih dulu diluncurkan.

Pengunduran waktu rilis Windows 8.1 ini juga tidak lepas dari finalisasi program agar tidak ada lagi bug yang mengganggu sehingga nantinya dapat memuaskan para penggunanya saat telah beredar di pasaran. Microsoft akan meluncurkan Windows 8.1 versi RTM (Release to Manufacture) ke kalangan terbatas dahulu, OEM pada akhir bulan ini. Hal ini untuk memastikan agar tidak ditemukan lagi bug yang baru dalam Windows 8.1. Lalu fitur apa sajakah yang layak ditunggu dari sistem operasi terbaru ini?

Kembalinya tombol Start

Sebelum Windows 8 diluncurkan, para pengguna dapat dengan mudah membuka aplikasi, mencari fitur Control Panel, hingga mematikan PC melalui tombol start. Maka, tidak heran apabila pengguna lama Windows kesulitan setelah menyadari bahwa Windows 8 sudah tidak lagi hadir dengan tombol Start. Untuk melihat aplikasi yang ada, pengguna harus masuk ke tampilan Metro, sedangkan tombol menu Control Panel dan tombol Shutdown disatukan ke sebuah tempat yang dinamakan Charm Bar.

Setelah banyak menerima keluhan terkait tombol ini, Microsoft akhirnya mengembalikan tombol "Start" tersebut ke Windows 8.1. Namun, fungsinya sedikit berbeda dibandingkan dengan OS generasi sebelumnya. Tombol "baru" ini sebenarnya hanya menampilkan Start Screen ala Metro ketika diklik.

Tidak ingin menampilkan tampilan Metro ketika tombol ini diklik? Dengan sebuah pengaturan, pengguna dapat mengubah tampilan menjadi "All Apps" untuk mengembalikan cara kerja tombol Start tradisional. Pengguna pun bisa mengakses beberapa menu lain, seperti Task Manager, Control Panel, Search, dan Run. Caranya adalah dengan mengklik kanan tombol Start, secara otomatis menu-menu tersebut akan ditampilkan.

Lock Screen Baru

Layar Lock di Windows 8.1 tidak tampil monoton. Layar ini tampil lebih interaktif dari Windows 8. Pengguna bisa memasang slideshow foto, menerima panggilan Skype, dan mengakses kamera langsung dari layar tersebut.

Lebih Banyak Kustomisasi

Microsoft mengizinkan kustomisasi yang lebih banyak ke para pengguna. Salah satu contoh kustomisasi tersebut adalah pengguna kini dapat menyamakan wallpaper tampilan desktop dan tampilan Metro. Fitur ini membuat pengguna tidak akan terlalu kebingungan apabila ingin berpindah dari desktop ke Start Screen.

Pengguna tetap dapat mengubah ukuran kotak yang ada di tampilan Metro. Namun, caranya sedikit berbeda. Untuk mengubah dan memindahkan kotak-kotak aplikasi, pengguna harus menahannya terlebih dahulu. Hal tersebut terlihat kurang intuitif, tetapi ini dapat mencegah pergerakan atau perubahan ukuran kotak secara tidak sengaja.

Perubahan fitur Search

Fitur Search di Windows 8.1 hadir lebih menarik. Sistem akan mencari semua hal yang berkaitan dengan kata-kata yang ingin dicari oleh pengguna. Sistem melakukan pencarian dari hard drive yang ada di PC dan situs. Melalui fitur ini, pengguna juga bisa langsung menjalankan aplikasi. Caranya, ketikkan beberapa huruf nama software, maka akan muncul daftar hasil pencarian. Klik saja nama aplikasi yang diinginkan, maka sistem secara otomatis akan menjalankan software ini.

Multitasking Lebih Banyak

Multitasking merupakan fitur yang sudah ada di Windows sejak dulu. Microsoft meningkatkan kemampuan tersebut di Windows 8.1. Pengguna dapat menjalankan empat aplikasi sekaligus dalam sebuah layar terpisah. Namun, fitur ini sangat bergantung pada ukuran layar. Contohnya, apabila pengguna menggunakan layar monitor 27 inci, sistem bisa menampilkan empat aplikasi tersebut dengan sangat baik. Apabila menggunakan tablet 8 inci, sistem hanya mampu menampilkan 2 window aplikasi saja.

Boot langsung ke tampilan Desktop

Di Windows 8, saat PC boot-up, pengguna akan langsung dibawa ke tampilan Metro. Nah, di OS baru ini, pengguna bisa mengatur, pada saat boot-up, sistem membawa mereka ke tampilan desktop. Caranya pun cukup mudah. Di tampilan desktop, klik kanan di task bar, kemudian pilih "Go to the desktop instead of Start when I sign in". [GAN]