Kekurangan Windows 8

02 Aug 2013 14:00 | Hits: 5043

Enam Kekurangan Windows 8 yang Masih Tidak Dibenahi di Windows 8.1

Enam Kekurangan Windows 8 yang Masih Tidak Dibenahi di Windows 8.1

Dengan fitur baru dan menarik seperti boot langsung ke desktop, sebuah toko aplikasi dan mode multi window untuk aplikasi modern, Windows 8.1 terasa seperti perbaikan besar atas pendahulunya. Ada beberapa alasan mengapa Microsoft tidak langsung memunculkan sistem operasi terbarunya seperti Windows 9  atau bahkan Windows 8.5. Perubahan Microsoft lebih condong ke  evolusioner daripada revolusioner, dengan banyak masalah dan kekurangan Windows 8 yang masih belum dibenahi.

Berikut adalah enam kekurangan Windows 8 yang tidak diselesaikan di Windows 8.1

Masih Tidak Ada Start Menu

Mungkin fitur yang paling kontroversial dari Windows 8 adalah Start screen yang baru yang menggantikan tombol Start menu tradisional dan tombol Start. Untuk pengguna windows tradisional yang suka bekerja di desktop, akan terasa lain pada saat diungsikan ke Windows 8 yang mana hanya menyediakan shortcut yang membawa mereka kembali ke desktop. Bahkan pakar kegunaan, Raluca Budiu menyebut ini adalah kehilangan konteks “beban kognitif.”

Microsoft mendengar keluhan pengguna tapi dibandingkan membawa kembali menu Start tradisional di 8.1, Microsoft menempatkan tombol Start di sudut kanan bawah layar yang akan membawa Anda langsung ke Windows 8 Start screen. Hal ini tidak banyak perbaikan, karena pengguna sudah memiliki setidaknya empat cara yang berbeda untuk mendapatkan jalan untuk menuju ke Start screen, termasuk tombol Start sebelumnya yang tak terlihat duduk di ruang yang sama dan muncul saat Anda melayangkan kursor ke sudut.

Klien Mail Masih Tidak Mendukung POP Mail

POP Mail merupakan salah satu protokol email yang paling populer di dunia, tapi ternyata apa daya, bahwa Microsoft yang masih tidak mendukung akun POP dalam stAndar aplikasi Mail Windows-nya. Untungnya, ada beberapa alternatif bagi pengguna POP, termasuk menginstal aplikasi mail pihak ketiga atau menjalankan Windows Live Mail pada desktop Anda. Entah Microsoft tidak tanggap akan keluhan pengguna akan dukungan POP Mail sehingga hal ini masih menjadi kekurangan Windows 8 yang diwariskan ke dalam sistem operasi ini.

Tidak Ada Explorer untu Modern UI

Bahkan jika Anda menyukai tampilan Modern UI Windows 8, Anda tidak dapat hidup di dalamnya selama 24/7 karena ada sejumlah kunci built-in yang hanya dapat berjalan di modus desktop, termasuk Windows Explorer, program yang Anda gunakan untuk menelusuri folder dan menyalin , memindahkan atau menghapus file. Ketika Anda mengkoneksikan USB Stick, menyisipkan kartu SD atau hard drive satu-satunya cara untuk mengelola file pada perangkat eksternal adalah dengan menggunakan Explorer di jendela desktop. Jika Anda berpikir menggunakan UI modern dengan mouse adalah sebuah kerumitan, maka Anda belum pernah mencoba untuk menyeret folder dan file disekitar ujung jari Anda.

Low Information Density

Sistem operasi Microsoft baru ini memungkinkan Anda untuk membagi layar Modern UI antara dua atau lebih, tetapi sebagian besar default  dan aplikasi pihak ketiga masih layak dan memiliki sedikit informasi di layar pada satu waktu, menggunakan font raksasa dan gambar yang terlihat bagus namun terlalu memaksakan Anda untuk melakukan scrolling.

Dalam kritik pedas untuk Windows 8,  pakar kegunaan Jakob Nielsen mengeluh dengan apa yang dia sebut sebagai  "low information density" pada aplikasi Windows 8. Jelas Windows 8.1 tidak melakukan apa-apa untuk mengatasi masalah ini.

Tidak Ada Status Informasi

Jam berapa saat ini? Jika Anda berada pada sistem operasi Android, iOS, BlackBerry 10 atau bahkan Windows 7, Anda dapat menjawab pertanyaan ini tanpa banyak menyentuh layar. Namun, jika Anda menggunakan Windows 8 atau 8,1, jam, tingkat baterai, status koneksi Wi-FI dan bahkan notifikasi tetap tersembunyi.

Microsoft tahu bahwa pengguna ingin tempat untuk status dan informasi notifikasi karena memperkenalkan system tray untuk Windows di tahun 1990. Anda masih bisa melihat tray pada mode desktop Windows 8, namun i jika Anda menggunakan aplikasi modern, Anda akan perlu menjalankan Charms menu untuk melihat informasi muncul.

Seperti pendahulunya, Windows 8 tidak memberi pop-up yang muncul sekilas di sudut kiri bawah. Setelah ini dihilangkan, maka hilanglah selamanya, tidak seperti Android yang menyediakan drawer notifikasi yang besar.

Dua Internet Explorer Lebih Buruk Dibandingkan Satu

Internet Explorer adalah browser yang begitu baik sehingga diciptakan dua kali, satu untuk Modern UI dan yang satu untuk desktop. Kedua browser dipisah pada kode yang sama, tetapi berbeda pada tab, membuat mereka berfungsi sebagai dua program yang berbeda. Chrome untuk Windows 8 hanya memiliki satu browser yang memungkinkan Anda untuk beralih antara modus UI modern dan modus desktop dengan mengubah pengaturan. Lebih baik lagi, bila Anda beralih, semua tab yang terbuka dan jendela akan dipertahankan. Mengapa Microsoft tidak melakukan hal yang sama? [PY]