Nama Virus Komputer

01 Nov 2012 19:00 | Hits: 7196

5 Nama Virus Komputer Terburuk yang Pernah Ada

5 Nama Virus Komputer Terburuk yang Pernah Ada

Virus komputer bisa saja menjadi mimpi buruk yang pernah Anda alami. Beberapa di antaranya dapat menghapus informasi penting yang terdapat di dalam komputer, mengikat jalur lalu lintas pada komputer selama berjam-jam, merubah komputer menjadi zombie dan mereplikasi dirinya sendiri dan mengirimkannya ke komputer lain. Banyak kerugian yang telah di akibatkan oleh adanya virus di dalam komputer ini. Namun tidak semua virus komputer memiliki nama dan ancaman yang seram. Karena berikut ini Paseban akan menghadirkan lima nama virus komputer terburuk yang pernah ada selama satu dekade ini. Beberapa nama virus komputer ini mungkin terdengar asing oleh Anda, namun di sisi lain, nama-nama berikut ini menghadirkan sedikit kelucuan dan ketidakcocokan sebagai nama untuk sebuah virus. Untuk mengetahui apa saja nama virus tersebut, berikut ulasannya.

Melissa

Pada musim panas 1999 lalu, David L. Smith menciptakan sebuah virus yang berbasis Microsoft Word macro. Ia menciptakan virus tersebut agar bisa disebarkan melalui email. Smith menamai virusnya ini dengan nama Melissa yang nama ini diperolehnya dari nama seorang penari erotis di Florida. Bukannya merampok uang dari sebagaian dompet tebal, namun virusnya ini justru menggoda penerima untuk membuka dokumen dengan pesan email seperti "Here is that document you asked for, don't show it to anybody else." Setelah diaktifkan, virus berreplikasi sendiri dan mengirimkan dirinya kepada 50 orang penerima email pertama. Virus ini menyebar sangat cepat dan menarik perhatian pemerintah Amerika Serikat. Akhirnya dengan bantuan FBI, Smith berhasil ditangkap dan Smith diganjar hukuman penjara 20 bulan serta denda sebesar $5.000

ILOVEYOU

Satu tahun setelah virus Melissa menyerang internet, ancaman digital muncul dari Filipina. Tidak seperti virus Melissa, ancaman ini datang dalam bentuk worm di mana program ini mampu mereplikasi dirinya sendiri. Worm tersebut diberi nama ILOVEYOU. Virus ini awalnya berpergian melalui email seperti Melissa, subjek email mengatakan bahwa Anda mendapatkan email dari pengagum rahasia Anda. Lampiran dari email ini yang menyebabkan semua masalah. Worm yang memiliki nama file LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs di mana vbs merujuk kepada bahasa hacker yang digunakan untuk membuat worm: Visual Basic Scripting. Namun akhirnya sang pencipta virus ini terdeteksi yang bernama Onel de Guzman dari Filipina. Meskipun hanya menduplikasi dirinya, namun virus ini telah menyebabkan kerugian hingga $10 juta.

The Klez Virus

Virus klez menandai era baru dari virus komputer. Debut virus ini dimulai pada akhir tahun 2001 dan variasi dari virus ini menjangkit di internet selama beberapa bulan. Worm Klez dasar menginfeksi komputer korban melalui email, yang setelah itu direplikasi dan kemudian dikirim ke beberapa korban. Beberapa variasi virus Klez membawa beberapa program yang berbahaya yang membuat komputer dari korban tidak bisa dioperasikan. Virus ini terbagi menjadi tiga karakter, bisa bertindak sebagai worm, virus biasa, atau trojan dan bahkan bisa kebal terhadap anti virus.

Code Red dan Code Red II

Core Red dan Code Red II muncul di sekitar musim panas tahun 2001. Kedua worm ini mengeksploitasi kerentanan sistem operasi yang ditemukan pada komputer yang berjalan dengan sistem operasi Windows 2000 dan Windows NT. Virus ini bekerja memberikan buffer yang berlebihan. Jadi ketika Anda menjalankan komputer, maka sistem operasi akan menerima buffer yang lebih dan tidak bisa ia tangani, yang juga mulai menimpa memori yang juga berdekatan. Code Red ini memulai distribusinya dengan menyerang Gedung Putih yang mencoba untuk menghubungi server di Gedung Putih, dan pada saat yang sama, komputer pun mengalami overloading. Sebagai akibat dari virus ini, Microsoft merilis patch perangkat lunak yang ditujukan untuk kerentanan keamanan yang terjadi di program sebelumnya. Dan hal ini berhasil, virus tidak bisa menyerang Windows 2000 dan NT lagi.

Nimda

Dan virus terkahir yang memiliki nama yang unik adalah Nimda. Nimda ini diperoleh dari nama admin yang jika dieja dari belakang. Nimda menyebar melalui internet secara cepat. Tidak hanya menyerang komputer, virus inipun menyerang sistem operasi Symbian yang berada di dalam smartphone pada saat itu. Penyebaran virus ini mengakibatkan beberapa jaringan crash dan system resources menjadi makanan bagi para worm. [PY]