Microsoft Office 2013

05 Jul 2013 16:30 | Hits: 7966

Apakah Anda Sudah Memiliki Office 2010? Jangan Beli Microsoft Office 2013, Ini Alasannya

Apakah Anda Sudah Memiliki Office 2010? Jangan Beli Microsoft Office 2013, Ini Alasannya

Mungkin kita cukup tertarik dengan kata baru atau up-to-date untuk perangkat lunak atau keras komputer kita. Kita lebih suka menggunakan hal-hal yang paling baru karena takut di bilang ketinggalan jaman atau ingin merasakan lebih awal dari teman kita. Sebenarnya, banyak perangkat lunak ataupun keras teknologi pada versi terbarunya tidak jauh beda. Misalnya, iPhone 3G dengan iPhone 3GS. Pada iPhone 3GS ditambahkan sedikit kecepatan, kamera dan beberapa tambahan kecil lainnya. Setelah keluar iPhone 4, itu semua sirna. Begitu juga untuk software seperti yang kita bahas kali ini, Microsoft Office 2010 dan Microsoft Office 2013. Yang menurut Paseban, fitur-fiturnya tidak terlalu jauh berbeda.

Gebrakan suatu produk biasanya datang ketika konsumen sudah mulai bosan dengan produk yang mereka ciptakan atau adanya sebuah perubahan besar dalam dunia teknologi. Seperti pergantian saat ini dari model keyboard dan mouse menjadi layar sentuh. Kebanyakan vendor-vendor software mengubah desain produk mereka menjadi touch-friendly. Bahkan website pun harus mengikuti hal tersebut dengan memperbesar tombol-tombol yang ada pada web mereka agar mudah di sentuh jari. Jadi, Anda jangan terlalu tergiur dengan versi terbaru sebuah produk sebelum mengetahui fitur-fiturnya memang berbeda dengan versi sebelumnya. Berikut alas an mengapa kita tidak butuh Microsoft Office 2013 bila sudah memiliki Microsoft Office 2010 menurut Paseban.

Mengapa Anda Sangat Membutuhkan Office 2013?

Integrasinya dengan SkyDrive, tampilan Powerpoint dan Excel yang lebih baru dan integrasi Outlook dengan Facebook.

Jika karena salah satu alasan di atas atau ketiga alasan di atas membuat Anda berfikir harus mengupgrade Office 2010 Anda ke Microsoft Office 2013 sepertinya Anda harus mengkaji kembali. Di Office 2010, fitur ini sudah ada walau tidak sama persis dengan yang ada di Office 2013. Office 2013 memiliki sedikit kelebihan. Tetapi secara keseluruhan itu tidak jauh beda. Membayar mahal untuk hal kecil seperti itu, sepertinya tidak layak.

Sebenarnya, Microsoft Office hanya dikemas ulang kembali dengan tampilan yang lebih baru dan lebih cocok untuk perangkat touchscreen. Yang lainnya tetap tidak jauh berbeda. Lalu mengapa sepertinya Office 2013 lebih terkenal. Ketika Office 2010 keluar, tidak banyak berita dan promosi yang dilakukan oleh Microsof sehingga orang-orang tidak terlalu memperhatikan fitur-fiturnya. Berbeda dengan Office 2013 yang iklan-iklannya begitu banyak dan juga review di website-website tekonologi yang tidak kalah banyaknya.

Microsoft Outlook

Beberapa bulan belakangan ini, Microsoft sedang gencar-gencarnya melakukan promosi untuk Outlook.com. Email yang baru, adanya kalender, task menager dan system kontak yang lebih baru dan ini gratis update untuk para pengguna Hotmail. Dan satu lagi pastinya, tampilan yang berbeda untuk Office 2013 tetapi clinet dan nama yang sama saja.

Jika Anda meresa fitur-fitur tersebut penting dan ingin ada juga pada Outlook Anda, tenang kita bisa menambahkan beberapa fitur tersebut. Cuaca bisa ditampilkan melalui menu Option kemudian Show weather on the calendar di mana Anda bisa memilih dan menampilkan cuaca (Celcius atau Fahrenheit). Facebook, LinkedIn, dan Twitter bisa di integrasikan dengan Outlook.com dengan mengklik foto profil Anda > Edit profil > Connect dan tambahkan aku jejaring sosial Anda.

Jika Anda lebih senang menggunakan fitur ini melalui Outlook 2010 darapiada melalui client email jangan khawatir. Microsoft Office Social Connector dapat di download secara gratis yang fungsinya juga mengintegrasikan situs-situs jejaring sosial. Tampilan baru kotak masuk di Outlook sebenarnya tidak benar-benar baru. Di Outlook 2010 kita bisa mengubah tampilannya kotak masuk menjadi mirip dengan Outlook 2013 melalui View > AutoPreview.

Microsoft Word

Fitur terbaru Word 2013 adalah, Anda bisa meletakkan foto di dokumen di mana saja dan langsung menuliskan keterangan gambar dengan teks atau ilustrasi. Ini yang bisa disebut sebagai teknologi DTP-esque. Pada versi sebelumnya, kita cukup kesulitan dalam menempatkan gambar dan harus secara manual memberikan keterangan pada gambar tersebut. Bisa menggunakan teksbox atau yang lainnya.

Bila Anda menginginkan fitur ini di Office 2010, kita harus menggunakan software tambahan seperti Serif PagePlus Starter Edition. Software ini memungkinkan kita untuk mengimpor dan mengedit gambar di DOC dan. DOCX file di manapun Anda suka seperti pada Office 2013.

Kemampuan mengedit dokumen PDF adalah salah satu fitur besar yang ditawarkan oleh Office 2013. Dan ini memang sebuah perubahan besar. Sedangkan di Word 2010 kita hanya bisa menyimpan PDF saja. Namun, dengan bantuan beberapa software kita bisa membuat Word 2010 bisa mengedit dan men-save dokumen dengan format PDF. Software tambahan tersebut seperti CutePDF atau PDFescap. Fitur-fitur yang dimiliki software ini cukup lengkap seperti copy, cut, paste, delete, rotation dan fungsi dasar Word lainnya.

Fitur andalah 2013 lainnya adalah, Anda bisa secara langsung melihat halaman mana saja dari dokumen yang Anda edit dengan cepat. Apakah di Word 2010 tidak bisa? Bisa, hanya saja kita harus mengaturnya secara manual. Anda pilih menu Insert>Bookmar, beri nama Bookmarknya dan Location> Add. Untuk menuju paragraph, kalimat atau apapun yang Anda Bookmark tinggak buka menu insert dan pilih Bookmark Anda dan Go To. (Di Word 2007 fitur ini juga sudah ada)

Microsoft Excel

Di Excel, tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh Microsoft. Fungsi-fungsi yang ada di Excel 2013 juga ada di Excel 2010. Yang berbeda jauh hanyalah tampilan dan berbagai desain untuk Microsoft Excel. Mungkin yang agak berbeda adalah filter dan slicers. Tetapi inipun bisa di atur secara manual di Excel 2010.

Microsoft Powerpoint

Di Powerpoint juga tidak banyak perubahan. Mungkin yang paling menonjol adalah perubaha kata dari Slide Show bila di Powerpoint 2010 dan present online. Untuk hal lain, ini sama saja. Anda hanya diberikan desain-desain baru background dan desain slideshow. Itupun Anda harus mendownloadnya dahulu di Microsoft. Ini akan semakin berkurang peminatnya dengan saingan yang lebih maju dibanding Powerpoint Microsof, seperti Prezi.

Integrasi dengan SkyDrive

Hal yang paling digmebar-gemborkan oelh Microsoft adalah, integrasi Office 2013 dengan SkyDrive. Padahal, di Office 2010 pun sudah terintegrasi dengan SkyDrive. Yang kita butuhkan hanyalah download aplikasi yang berhubungan dengan SkyDrive (setiap akun Microsoft memliki hubungan dengan SkyDrive). Ketika di install, akan menambahkan entri di Windows Explorer Anda. Tinggal Anda simpan dokumen pada folder tersebut dan tersimpan ke penyimpanan awan. [RIC]