Situs Situs Video

11 Sep 2012 16:30 | Hits: 15899

Situs Situs Video Terpopuler di Dunia

Situs Situs Video Terpopuler di Dunia

Anda pasti tak asing dengan situs seperti YouTube, Dailymotion, Vimeo, Metacafe, dan lain-lain bukan? Situs-situs di atas merupakan situs video sharing di mana merupakan situs-situs tempat kita bisa mengupload dan mendownload berbagai video. Masing-masing situs memiliki keunggulan dan juga kekurangan yang bisa kita temui. Beberapa situs ini merupakan situs video sharing terpopuler di jagat dunia maya:

YouTube

Situs video yang satu ini sudah pasti akrab di telinga masyarakat. YouTube merupakan situs berbagi video yang paling banyak memiliki koleksi video di dunia. YouTube didirikan oleh 3 orang karyawan PayPal pada tahun 2005 yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2006. Sebagai pemain baru di dunia situs video (ada Dailymotion dan Vimeo yang lebih dahulu), Youtube terbilang sangat sukses. Data terakhir 2011 menyebutkan bahwa setiap menitnya tercatat 48 jam video yang diunggah ke situs ini.

Youtube memiliki banyak keunggulan dibandingkan situs video lainnya. Youtube memiliki embed kode yang bisa diletakkan di blog seseorang sehingga para pengunjung blog bisa langsung menonton video tanpa harus membuka halaman YouTube. Selain itu, YouTube memiliki fitur-fitur yang beragam yang bisa Anda gunakan. Dimulai dari fitur video player hingga pengaturan kualitas video yang sudah mendukung kualitas HD.

Bagi para uploader, tampilan profil yang bisa dikustomisasi sehingga terlihat menarik, dan kepopuleran YouTube yang sudah mendunia membuat video yang Anda unggah mudah dilihat dan disebarluaskan. Bagi para pengunjung YouTube, pencarian pun mudah dilakukan. YouTube memiliki banyak kategori yang bisa Anda telusuri. Selain itu, video yang ada di YouTube paling mudah untuk didownload. Anda bisa mendownloadnya dengan menggunakan download manager apa pun, add-ons, hingga situs downloader pihak ketiga.

Kekurangan Youtube terletak pada kualitas resolusi video yang masih kalah dengan beberapa situs video lain, seperti Vimeo. Video yang diembeded ke blog lain juga dengan kualitas yang stAndard. Selain itu, durasi setiap video yang diunggah rata-rata hanya memiliki durasi maksimal 10 menit saja.

Dailymotion

Situs video ini juga terkenal di antara para penjelajah dunia maya. Dailymotion memiliki ribuan video juga yang diunggah dan pengunjung yang juga mencapai jutaan setiap harinya. Dailymotion merupakan situs video yang dikenal bersahabat dengan para uploader. Jika di YouTube, sering kali menemukan video yang diblokir, Dailymotion tidak demikian. Dailymotion menjadi tempat nyaman para uploader video dari masalah pemblokiran. Selain itu, situs video ini juga memiliki kualitas video yang baik dan termasuk situs streaming favorit. Streaming di Dailymotion lebih cepat dari beberapa situs video lainnya.

Akan tetapi, situs video ini dikenal juga sebagai situs video yang koleksinya sulit untuk didownload. IDM dan Orbit sering kali gagal dalam mendownload video dari situs ini. Tapi ada beberapa trik yang bisa dilakukan, salah satunya dengan memperbaharui IDM Anda, mendownload sambil memutar video Anda di Dailymotion hingga proses download benar-benar selesai, dan pastinya jaringan internet yang kuat.

Vimeo

Vimeo merupakan situs video populer berikutnya. Vimeo terkenal dengan kualitas HD yang paling baik di antara situs video lain, termasuk YouTube. Kualitas HD Vimeo 1080p berada pada posisi 4,62 Mbps di mana Youtube hanya 4 Mbps dan sudah termasuk 128 kbps untuk audio. Untuk itu, vimeo menjadi situs video yang diburu karena kualitas video yang jernih dan tampilan yang bersih sehingga nyaman ketika menonton video di sini. Koleksi video di Vimeo juga mudah ditemukan dan mudah untuk didownload dengan download manager apa pun.

Kekurangan Vimeo adalah, kualitas 1080p bisa didapatkan jika menggunakan Vimeo Plus yang berbayar. Untuk akun gratis, Anda hanya bisa mengupload 500MB tiap minggunya dan jatah 1 HD. Selain itu, karena kualitas resolusi video yang tinggi, proses upload dan convert pun memakan waktu lebih lama dari biasanya.

Anda masih bisa mendapatkan situs video lain yang populer. Beberapa di antaranya ada Veoh dan Metacafe. Veoh juga memiliki kualitas resolusi video yang baik dan bisa Anda simpan di drive Anda untuk dtonton kemudian. Metacafe terus memperbaiki kualitas resolusi video yang dimilikinya. Selain itu, Metacafe juga memiliki link embed yang bisa digunakan di blog Anda. [ZH]