Apple Siri

03 Aug 2012 18:00 | Hits: 1400

Teknologi Apple Siri, Digugat Universitas Asal Taiwan

Teknologi Apple Siri, Digugat Universitas Asal Taiwan

Permasalahan paten yang menyangkut Apple rupanya tidak hanya terjadi dengan Samsung. Jauh dari persaingan bisnis, minggu ini National Cheng Kung Unitersity dari Taiwan siap melayangkan tuntutan atas pelanggaran penggunaan teknologi Apple Siri pada perangkat iPhone dan iPad. Mereka telah memiliki teknologi pengenal suara yang diajukan pada tahun 2005 sebagai metode dan sistem untuk mencocokkan data ucapan. Panten ini berada pada paten nomor 7.707.032 di Amerika Serikat.

Paten ini melingkupi sebuah metode dan sistem yang digunakan untuk menghubungkan ucapan secara aktual dengan pola pengenalan dan sampel. Penerima hak itu adalah National Cheng Kung University dan juga paten tersebut telah diberikan pada tanggal 27 April 2010 silam. Universitas tersebut sekarang telah mencatat bahwa paten itu secara spesifik merujuk kepada perangkat-perangkat seperti smartphone atau tablet yang menggunakan teknologi mereka.

Mereka pun telah memiliki paten yang diberikan pada tahun 2007 mengenai sistem pengenalan ucapan yang bekerja untuk membagi proses ucapan menjadi 4 modul. Modul ini dikenal dengan sistem kontrol, autokorelasi, dan koefisiensi prediktif linear, cepstrum, dan lainnya. Setiap modul ini memiliki komponen IP, dan universitas akan menyerang teknologi Apple Siri untuk apa yang mereka rasa mereka miliki. Sepertinya pihak Apple sendiri akan membantah bahwa teknologi Apple Siri mereka dikembangkan diluar dari perangkat yang mereka ikat sekarang ini. [MS]