Cara Menginstal Sistem Operasi

13 Jul 2012 11:00 | Hits: 7363

Cara Menginstal Sistem Operasi Windows 7

Cara Menginstal Sistem Operasi Windows 7

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menginstal sistem operasi Windows 7 langkah demi langkahnya. Langkah pertama, siapkan DVD Windows 7 dan nyalakan PC. Selagi PC sedang menyala, masukkan DVD Windows 7 kedalam DVD drive. PC Anda akan mulai melakukan booting dari DVD yang Anda sudah masukkan. Jika tidak, cek konfigurasi BIOS apakah pilihan booting pertama adalah dari DVD drive. Untuk masuk ke BIOS, restart PC dan tekan del untuk menuju ke menu BIOS. Cari menu Boot Configuration yang biasanya ada di bagian Advanced Boot Options. Menu BIOS Anda bisa menampilkan pesan yang sedikit berbeda. Dari sini pastikan sudah mengubah First Boot Device menjadi DVD drive. Jika sudah tekan tombol F11 + Enter untuk menyimpan konfigurasi BIOS.

Tunggu hingga proses booting menampilkan jendela Install Windows. Pada jendela ini terdapat 3 pilihan berupa dropdown menu. Pilihan pertama adalah bahasa yang digunakan untuk instalasi. Pilihan kedua menentukan jam dan format mata uang. Pilihan kedua ini penting untuk diatur, karena Indonesia menggunakan format waktu 24 jam. Sementara negara seperti Amerika menggunakan format waktu 12 jam dengan akhiran AM/PM untuk membedakan siang dan malam. Cara penulisan mata uang kita juga berbeda. Misalnya seribu dituliskan dalam angka menjadi 1.000. Sementara negara seperti Amerika akan menggunakan koma untuk memisahkan tiap 3 digit angka mata uang. Pilihan ketiga digunakan untuk menentukan susunan tombol di keyboard. Biarkan saja pilihan ketiga berupa US. Pilihan ketiga ini baru penting kalau Anda menggunakan bahasa dengan teks non-latin, seperti Arab atau jika menggunakan susunan keyboard latin seperti Dvorak yang didesain khusus untuk mengurangi nyeri dijari ketika bekerja terlalu lama menggunakan keyboard. Jika sudah, tekan tombol Next.

Pada jendela selanjutnya hanya ada tombol Install Now. Tekan tombol ini untuk menuju ke jendela License Terms. Anda harus menyetujui perjanjian ini untuk menginstal Windows 7. Beri tanda centang pada pilihan I accept the license terms dan tekan tombol Next. Setelah Anda menekan tombol Next, program instalasi Windows akan bertanya tipe instalasi yang ingin dilakukan. Jika sebelumnya Anda sudah mempunyai versi Windows lama yang sudah terinstal di PC dan ingin pindah ke Windows 7, maka pilih Upgrade. Pilihan tipe instalasi lainnya adalah Custom (advanced). Pilihan ini digunakan apabila Anda ingin menginstal Windows 7 dari nol, atau menginstal Windows 7 bersama dengan Windows lama atau sistem operasi lain (dual booting).

Jika Anda memilih Upgrade, maka program installer akan menyimpan konfigurasi user yang ada pada Windows versi lama berikut dengan data seperti yang terdapat pada folder My Documents. Lalu mengganti Windows lama dan memindahkan data user ke Windows 7. Jika yang dipilih adalah Custom, maka proses selanjutnya menentukan di mana Windows akan diinstal. Paseban hanya akan membahas clean install. Jika Anda membutuhkan cara dual booting dengan Windows 7, maka bisa mencarinya pada artikel lain. Untuk melakukan clean install Windows 7, klik ikon harddisk di mana Anda mau Windows 7 ditaruh. Jika ingin membuat partisi lebih dari satu, maka klik pilihan Drive options (advanced) dari jendela yang sama. Jika sudah tekan tombol Next.

Program installer akan mulai menginstal Windows 7. Proses ini bisa membutuhkan beberapa waktu. Jadi Anda mungkin ingin membuat kopi terlebih dahulu dan kembali lagi untuk melihat sudah sampai di mana proses instalasinya. Jika sudah selesai, maka PC Anda akan melakukan restart8. Keluarkan DVD Windows 7 dari DVD drive pada saat PC sedang *restart. Hal pertama yang muncul setelah restart adalah jendela yang meminta Anda untuk membuat user baru. Pilih nama yang ingin digunakan sebagai username dan tekan tombol *Next. Beri kata sandi untuk user dan tekan Next lagi. Selanjutnya Windows akan meminta product key yang berupa 25 karakter acak. Product key bisa Anda peroleh pada kotak DVD Windows 7.

Setelah memasukkan product key, maka Windows memerlukan konfigurasi standar. Pada jendela Set Up Windows Anda bisa memilih Ask me later bila tidak terhubung ke Internet. Selanjutnya adalah pilihan pengaturan waktu. Atur tanggal dan jam serta tentukan zona waktu. Indonesia bagian barat berada dalam zona waktu UTC+07:00. Setelah pengaturan waktu saatnya untuk mengatur jaringan. Pilih Home network bila Anda menggunakan PC di rumah. Setelah semua konfigurasi stAndar selesai dilakukan, barulah Windows 7 siap digunakan sekagus mengakhiri bahasan cara menginstal sistem operasi Windows 7. [PN]

Windows 7 Operating System Installation Step by Step Procedure