Cara Transfer Data

14 Jul 2012 13:00 | Hits: 32551

Konfigurasi Cara Transfer Data dan File Antar Komputer Windows Menggunakan Kabel UTP dan WiFi

Konfigurasi Cara Transfer Data dan File Antar Komputer Windows Menggunakan Kabel UTP dan WiFi

Ketika Anda ingin mentranfer atau ingin meng-copy file dari satu komputer ke komputer lainnya, rata-rata Amda akan mempergunakan media seperti USB Drive/Flashdisk, hardisk eksternal atau media lainnya, namun bagaimana jika disaat sedang mendesak namun Anda tidak memiliki media-media tersebut namun Anda harus segera mentransfer file-file atau data-data yang Anda perlukan? Pada artikel ini, Paseban akan memberikan penjelasan mengenai cara transfer data antara komputer Windows. Tips ini akan berfungsi pada sistem operasiWindows Vista dan Windows 7.

Sebelum memulai setting atau konfigurasi cara transfer data antar komputer Windows, perhatikan dan siapkanlah hal-hal berikut ini,

  • Kabel Cross-over, Anda bisa membuatnya sendiri atau kalau Anda belum mahir Anda bisa membelinya di toko komputer terdekat harganya pun tidak mahal.

  • Koneksi WiFi.

  • Komputer, Laptop, Notebook yang mendukung teknologi WiFi.

Metode Pertama: Konfigurasi KoneksiMenggunakan Kabel UTP Jenis Cross-over

Jika Anda sudah mempersiapkan kabel cross-over, silahkan pasang kabel tersebut pada komputer Anda dengan komputer atau laptop yang ingin saling berbagi file, berikut ini adalah kondisi gambar sebelum kabel cross-over dipasang. Jika sudah terpasang, klik ikon monitor pada Task Bar Windows Anda, lalu klik ‘Open Networking and sharing Center’ dan berikutnya klik ‘Local Area Network’ ,

Langkah berikutnya adalah mengkonfigurasi alamat protokol, pilihlah ‘Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)’ dan jangan menggunakan IPv6. Selanjutnya Anda harus mengkonfigurasi alamat IP Address, perhatikan gambar di bawah ini, ketikan nomor yang ada pada gambar tersebut, nomor yang dilingkari dapat Anda isi dengan beberapa pilihan nomor antara0 dan 255, tapi untuk pegisian kolom ‘Default Gateway’ tidak boleh sama karena merupakan sebuah standar IP Address.

Konfigurasi Cara Transfer File Antar Komputer Windows Menggunakan Kabel UTP dan WiFi

Sebagai pengetahuan, gunakanlah IP address yang unik,misalkan untuk komputer pertama, jika Default Gateway nya adalah 192.168.1.1, maka isikan IP address nya 192.168.1.2, untuk komputer kedua maka menjadi192.168.1.3 begitu seterusnya.

Metode Kedua menggunakan jaringan WiFi

Jika Anda tidak memiliki kabel UTP, Anda dapat mempergunakan koneksi jaringan WiFi untuk mentrasfer file atau data-data dan berbagi file lainnya.

Untuk membuat koneksi jaringan wireless, silakan buka atau klik ‘Networking and Sharing Center; seperti pada cara sebelumnya yang ada di atas. Lalu pilihlah ‘Set up a new Connection or Network.’

Lalu geser ke bawah kotak dialaog (dialogue box), silahkan pilih ‘Set up a wireless ad-hoc network’. Anda kemudian akan dipandu untuk beberapa pengaturan untukmemilih passworduntuk jaringanyang sedang Anda buat. Jaringan wireless yang sedang Anda buat iniJaringan inidapat diakses olehsiapa saja yang memiliki komputer dengan teknologi usahakan password yang Anda buat tidak mudah ditebak jika Anda ingin menjaga file-file penting Anda. jaringan WiFi. Setelah terhubung, ikuti langkah-langkah untuk menghubungkan PC melalui jaringan wireless yang ada.

Setelah semua jaringan Anda telah dibuat, langkah berikutnya adalah cara transfer atau membagi file tersebut. Untuk dapat berbagi file pada windows 7 sangatlah mudah, Klik kanan pada folderkemudian pilih "Share With”. klik "Specific People”. Maka tampilan kotak dialog akan muncul, silahkan geser tombol scrolluntuk memilih siapa saja yang bisa mengakses dan mentransfer file dari komputer atau notebook Anda. Tapi untuk contoh kali ini klik ‘Everyone’.

Metode Ketiga: Meng-Copy files

Cara berikut ini adalah cara termudah dari cara pertama diatas, Anda hanya menekan tombol logo Window + R. Lalu ketik back-slash ”\”. Pada contoh kali ini jika Anda inggin mentransfer (copying file) dari komputer satu ke komputer lainnya yang sudah terhung dalam jaringan Anda, Anda hany tinggal menuliskan alamat IP address pada masing-masing komputer yang ingin ditransfer filenya.

Setelah dipilih alamat IP address yang dituju, lalu tekan "Enter”, Anda akan mendapatkan tampilan folder atau file apa saja yang dapat dipindahkan (copying). Pilih lalu copy dan paste folder tersebut.

Dengan cara transfer data ini, Anda dapat memindahkan atau meng-copy file yang memiliki ukuran ratusan Megabytes bahkan GigaBytes hanya dalam beberapa menit saja, cukup membantu bukan? Nah selamat mempraktekannya. [AG]