Cara Merubah DNS Modem

15 Jul 2012 09:00 | Hits: 16194

Tips dan Cara Merubah DNS Modem Server Pada Mobile Partner

Tips dan Cara Merubah DNS Modem Server Pada Mobile Partner

Domain Name System (DNS) adalah sebuah sistem yang akan menyimpan sebuah informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam suatu jaringan komputer.DNS menyediakan alamat IPuntuk setiap nama hostnya dan akan mendata setiap server transmisi surat elektronik (mail exchange server) yang akan menerima email pada setiap domainnya.

DNS akan menyediakan pelayanan yang cukup penting bagi Anda untuk dapat menggunakan Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, Sebagai contohnya adalah penunjukan sumber universal ketika Anda mengetikan alamat website pada browser ataupun perangkat untuk menggunakan internet lainnya (URL) dan penggunaan alamat email.

Analogi penggunaan yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsi dari DNS bisa dianggap seperti sebuah buku telepon internet, di mana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id pada maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6). Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara merubah DNS modem, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal penting dan harus diketahui mengenai DNS.

Cara Kerja DNS

  • Ketika kita mengetikan (request) suatu alamat wesbite pada browser seperti Firefox Chrome, dan browser lainnya, misalnya http://www.paseban.com dari host kita (misal : 10.121.222.54), maka host kita akan memanggil name server lokal untuk menanyakan di manakah http://www.paseban.com berada.

  • Name server (misal : 10.121.222.54), name server tersebut akan mengirimkan permintaan (request) alamat URL tersebut di database lokal kita. Karena tidak ada, maka name server tadi akan memanggil root DNS servernya dan menanyakannya siapa server yang memegang domain untuk alamat tersebut.

  • Beberapa daftar Top Level Domain (TLD) yang ada sekarang adalah: com, net, org, biz, info, name, museum, dan tv. Sedangkan Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah: us, uk, fr, es, de, it, jp, ie, dan lainnya.

  • Root server tersebut kemudian akan memberitahu IP address dari server DNS dari www.paseban.com. Setelah itu DNS server lokal akan memanggil server DNS yang mengelola www.paseban.com. Lalu DNS server tersebut akan memberitahu IP address dari www.paseban.com

Fungsi Atau Kegunaan dari DNS

  • Menterjemahkan setiap nama komputer ke dalam IP address (memetakan nama komputer tersebut menjadi IP address).

  • Kerangka Peraturan pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, atau lebih dikenal sebagai rekod TXT.

  • Menyediakan sistem yang dinamis jika terjadi kegagalan pengalamatan komputer. Beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain.

  • Mempercepat koneksi internet karena DNS akan memanggil server lokal atau terdekat.

  • Membuka alamat domain tertentu ketika alamat URL tersebut diblokir oleh Internet Service Provider (ISP) yang sedang Anda pergunakan.

  • Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer, cukup host name, serta mudah dalam implementasikannya.

  • DNS mudah untuk diimplementasikan pada protocol TCP/IP

  • Konsisten, IP address pada sebuah komputer bisa saja berubah, tapi host name tidak harus berubah.

Berikut ini adalah pilihan penyedia layanan DNS atau alternatif DNS servernya

  • Google DNS : IP address 8.8.8.8 (primary DNS) dan 8.8.4.4 (Secondary DNS).

  • OpenDNS : 208.67.222.222 (Primary DNS) dan208.67.220.220 (Secondary DNS).

  • Advantage DNS : 156.154.70.1 (Primary DNS) dan156.154.71.1 (Secondary DNS).

  • ScrubIT : 67.138.54.100 (Primary DNS) dan207.225.209.66 (Secondary DNS).

Sekarang saatnya Paseban akan memberikan tips cara merubah DNS pada modem USB Stick dan rata-rata modem di Indonesia menggunakan Mobile Partner sebagai aplikasinya. Mungkin tampilan aplikasi Mobile Partner pada setiap modem stick Anda akan berbeda-beda, namun pada dasarnya caranya sama. Berikut ini adalah cara merubah DNS Modem Mobile Partner:

  • Pastikan USB stick Anda sudah terpasang pada komputer, laptop, maupun notebook. Pastikan bahwa koneksi internet tidak sedang berjalan atau dijalankan "Disconnect”.

  • Setelah itu, Klik menu "Tools”, lalu klik "Options”

  • Lalu pilih "Profil Management”, pilihlah "Profil Name” atau koneksi internet yang DNS nya ingin Anda ganti. Jika sudah dipilih kemudian tekan tombol "Edit” lalu klik tombol "Advanced”. (tampilan dibawah ini adalah contoh, sesuaikanlah pengisian APN, Access number, user name, password sesuai dengan manual book yang diberikan oleh provider internet Anda)

  • Pilih atau klik "DNS Settings”, lalu pilihlah penyedia layanan yang akan Anda pergunakan, kemudian ketikan Primary DNS dan juga Secondary DNS nya. Pada artikel kali ini Paseban menggunakan DNS Google. Untuk penyedia layanan DNS lainnya bisa Anda baca lagi pada artikel di atas. Setelah Anda mengisi Primary DNS dan juga Secondary DNS nya, lalu klik tombol "OK”.

  • Saat ini modem yang sedang Anda pergunakan sudah terpasang DNS, Anda bisa mencoba dan merasakan perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan DNS saat ini dengan menekan tombol "Connect”.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat Paseban berikan, semoga artikel mengenai cara merubah DNS modem ini serta pengetahuan dasar mengenai DNS kali ini memberikan pengetahuan baru dan wawasan bau bagi Anda yang masih dan tertarik ingin belajar komputer. [AG]