Cara Merawat CD Rom

14 Jul 2012 09:00 | Hits: 2622

Cara Merawat CD Rom Agar Tidak Cepat Rusak

CD/DVD Drive adalah sebuah media perangkat keras komputer yang dipergunakan agar komputer atau notebook bisa diinstal sistem operasi, aplikasi, memutar musik dan video. Sebelum Paseban membahas lebih lanjut mengenai tips dan cara merawat CD rom yang baik, Paseban terlebih dahulu akan mencoba memberikan penjelasan singkat mengenai jenis CD Rom yang beredar di pasaran.

CD-ROM adalah sebuah drive yang hanya diperuntukkan membaca kepingan CD. CD-RW (Re-Write) adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan CD dan juga mampu menulis kembali kepingan CD yang kosong (blank CD). Adapun DVD-ROOM adalah drive yang bisa membaca kepingan CD serta memiliki kemampuan untuk membaca kepingan DVD. Sedangkan DVD Combo adalah drive yang menggabungkan kemampuan DVD-ROOM dan CD-RW. Terakhir yang lebih canggih saat ini yaitu DVD-RW mampu membaca semua jenis CD dan DVD dan mampu membaca DVD-RAM juga mampu untuk menulis pada semua jenis kepingan, baik CD Blank, DVD Blank, dan juga DVD-RAM.

Kembali ke topik utama pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai beberapa permasalahan dan juga beberapa hal yang sering terjadi dan termasuk merawat juga agar CD-ROM, CD-RW, DVD-ROOM, DVD Combo, dan DVD-RW agar awet dan dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. Perhatikan tips cara merawat CD rom berikut ini:

  • Perhatikan pemasangan sisi CD/DVD. Saat memasukan CD/DVD ke dalam CD/DVD Drive Anda perlu memperhatikan posisi atau letak CD/DVD apakah sudah terpasang dengan baik, hal ini bertujuan agar sisi cetakan yang selalu berada pada sebelah atas. Pada sebagian CD/DVD drive, Anda perlu memusatkan CD/DVD dalam indentation pada drive tray. Pada beberapa drive khususnya pada komputer notebook, Anda perlu benar-benar menekan lubang di pusat CD-ROOM, CD-RW, DVD-ROOM, DVD Combo, dan DVD-RW melewati lingkaran pada drive tray.

  • CD/DVD dalam keadaan Kotor. CD/DVD yang kotor atau tergores tidak akan bekerja dengan sempurna, meskipun bisa tidak akan beraturan. Anda bisa bersihkan CD/DVD dengan kain kering yang bersih atau pembersih khusus CD/DVD, jika dirasa sudah bersih Anda bisa memasukan CD/DVD tersebut.

  • CD/DVD tidak Sesuai. Jika drive menampilkan pembacaan disk secara benar, akan tetapi tidak dapat mengakses data yang berada didalam CD/DVD, coba Anda periksa kembali disk yang dimasukkan dalam drive. Bisa jadi Anda salah memasukkan CD/DVD tersebut. Anda memiliki CD-Drive namun yang Anda masukan adalah DVD tentu saja perangkat Anda tersebut akan merasa "bingung”.

  • Autoplay Disabled. Denganpengaturan default, sistem operasi Windows akan secara otomatis menjalankan CD/DVD saat anda memasukkan kedalam drive CD-ROOM, CD-RW, DVD-ROOM, DVD Combo, dan DVD-RW. Jika CD/DVD tidak otomatis Start, bisa jadi detting aotuplay mati. Lakukan dengan cara Klik Start klik kanan My Computer > Properties > Hardware > Device Manager klik icon tanda plus (+) pada kiri option DVD/CD-ROOM. Pilih Drive DVD/DVD-ROOM, klik Properties pada tab manager DVD/CD-ROOM klik Properties centang pada Enable digital CD audio for this CD-ROOM device. Restart komputer untuk akses setting baru. Hal ini bertujuan agar CD/DVD yang dimasukan dapat berjalan dengan baik.

  • Perfomance Optical CD/DVD Drive Kurang Baik. Asap rokok atau kotoran yang melapisi lensa atau prisma (optical) dalam drive, termasuk penyebab perfomance yang kurang baik. Sebagian besar drive DVD/CD-ROM mencengkeram disk pada tempat yang kombinasi lingkaran karet dengan sebuah magnet. Jika lingkaran karet terlapisi oleh debu atau kotoran, maka cengkeraman disk tidak dapat cukup erat, menyebabkan slip saat disk berputar dan drive tidak akan dapat membaca CD/DVD dengan baik.

  • Kegagalan Komponen. Jika drive sedikit "bingung” merespon (not responding), hal ini mungkin saja disebabkan oleh koneksi atau kabel power ke komputer mengalami masalah. Untuk memeriksa problem ini buka Casing PC, pastikan seluruh sambungan DVD/CD-ROM ke board sircuit terpasang dengan baik.

  • Drive Letter Baru. Jika menginstall hard drive kedua atau mempartisi hard drive yang ada, penandaan drive letter ke DVD/CD-ROM pada drive letter lamanya. Perlu menginstal ulang (re-install) program-program ini.

  • CD/DVD Drive Tidak Dapat Dibuka atau Ditutup. Perhatikan selalu tray DVD/CD-ROM agar tetap tertutup dengan baik ketika sedang tidak dipergunakan, hal ini bertujuan untuk mengurangi kesempatan kotoran seperti asap rokok dan debu untuk dapat memasuki bagian dalamCD/DVD Drive Anda. Jika tombol pada bagian luar CD/DVD Drive Anda telah "aus” dan tidak bisa atau memerlukan waktu yang lama (macet) saat membuka tray CD/DVD Drive, Anda bisamasukkan sebuah pin, lidi atau potongan kertas dalam lubang kecil pada drive DVD/CD-ROM.

  • Perhatikan Cara Menutup CD/DVD Drive, Jangan memberi tekanan keras saat Anda menutup tray driver DVD/CD-ROM, sebisa mungkin hindari menutup tray saat komputer atau notebook saat sedang mati, hal tersebut dapat merusak komponen bagian dalam CD/DVD Drive. Tutuplah kembali posisi CD/DVD Drive dengan tekanan yang perlahan, jangan terlalu keras saat menutupnya.

Semoga dengan Paseban membahas artikel tips merawat CD/DVD Drive ini, Anda akan lebih memperhatikan beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. [AG]