Sixaxis

11 Jul 2012 10:00 | Hits: 5660

Tips dan Trik Menggunakan Kontroler Sixaxis untuk PlayStation 3 pada Perangkat Android

Tips dan Trik Menggunakan Kontroler Sixaxis untuk PlayStation 3 pada Perangkat Android

Compatibility Checker merupakan aplikasi yang dipergunakan untuk memainkan kontroler permainan konsol PlayStation 3. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan pemeriksanaan apakah perangkat Android Anda dapat dimainkan dengan kontroler Sixaxis dan DualShock3 sebelum benar-benar membayar aplikasinya dari Google Play Store atau tidak.

Lalu bagaimana menggunakan kontroler PlayStation 3 ini menggunakan perangkat smartphone maupun tablet Android Anda? Memang menjadi hal yang menyebalkan ketika Anda menemukan bahwa game yang akan dimainkan pada smartphone atau tablet harus dimainkan menggunakan kontrol tertentu. Namun aplikasi kontroler bertanam Sixaxis Compatibility Checker memungkinkan Anda memainkan game menggunakan kontroler PlayStation 3 pada perangkat smartphone atau tablet Android.

Hal pertama yang Anda butuhkan untuk mulai menggunakan kontroler ini adalah melakukan root terhadap sistem operasi perangkat Android Anda. Ini adalah salah satu cara agar kontroler dapat tersambung dengan perangkat Anda. Jika Anda ingin melakukan cara sesuai protokol. Aplikasi ini tidak dapat bekerja untuk Anda. Selain itu, tidak ada jaminan yang memastikan bahwa perangkat Anda dapat mendukung aplikasi untuk memainkan game menggunakan kontroler PlayStation 3. Buktinya, ada beberapa perangkat HTC dan perangkat Samsung yang tidak dapat mendukung penggunaan cara ini. Tapi, jika Anda memiliki Cyanogenmo, mungkin akan dapat berjalan dengan lebih baik. Untuk permulaan, Anda dapat mengunduh aplikasi Sixaxis Compatibility Checker melalui Google Play Store secara gratis di sini. Aplikasi ini akan bekerja dengan memberikan informasi kepada Anda bahwa perangkat smartphone atau tablet Android Anda dapat bekerja dengan aplikasi ini.

Sebelum masuk ke dalam langkah berikutnya, pastikan bahwa Anda telah memiliki kontroler Sixaxis untuk PlayStation 3. Setelah itu, Anda perlu mengunduh dan melakukan install aplikasi SixaxisPairTool di sini. Bagi para pengguna sistem operasi Mac dan Linux, Anda dapat mengunduhnya sesuai dengan penggunaan sistem yang digunakan. Selama proses pengunduhan berlangsung, tukarkan Bluetooth radio pada perangkat Android Anda. Anda dapat masuk ke dalam menu Setting - About - Phone - Status dan temukan kalimat berbunyi Bluetooth Adress.

Sebuah rangkaian angkat seperti ini: 1A:2B:3C:4D:5E:6F, harus tampil pada layar. Jika rangkaian tersebut tidak muncul, pastikan Bluetooth radio Anda telah tertukar. Setelah proses intalasi aplikasi SixaxisPairTool berhasil, Anda dapat membuka aplikasi tersebut. Setelah dibuka, pastikan Anda mendapatkan halaman window yang berbunyi Current Master: Searching. Setelah mendapatkan kalimat tersebut, Anda dapat meneruskan proses dan menghubungkan kontroler ke dalam PC menggunakan kabel miniUSB.

Setelah tersambung, aplikasi ini akan menampilkan alamat MAC yang berasal dari perangkat Android. Alamat tersebut merupakan hasil pemasangan kontroler dan aplikasi. Kemudian masukkan alamat Bluetooth MAC perangkat Android Anda, dan klik tombol update. Setelah itu Anda dapat mendiskoneksikan kabel miniUSB dan tekan tombol power yang terdapat pada kontroler. Jika sebuah line terlihat menyala, maka proses pemasangan telah berhasil dilakukan. Saat Anda membukan aplikasi Compatibility Checker, Anda akan melihat sebuah respon setiap kali Anda menekan tombol pada kontroler PlayStation 3. Setelah memastikan seluruh hal telah berhubung dengan baik. Anda dapat mengunduh aplikasi Sixaxis Controller langsung dari Google Play Store seharga $1,99 di sini. Aplikasi ini belum mampu mendukung pengguaan untuk seluruh perangkat Android. Oleh sebab itu Anda direkomendasikan untuk mencoba Sixaxis Compatibility Checker terlebih dahulu sebelum membayar aplikasi ini.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat memainkan game melalui perangkat smartphone ataupun tablet Anda. Aplikasi kontroler ini memungkinkan Anda untuk menggunakan Sixaxis dan DuaShock3 kontroler untuk memainkan banyak game favorit dan aplikasi. Aplikasi yang dikembangkan oleh Dancing Pixel Studios ini dapat mendukung sebagai selayaknya gamepad pada perangkat Android 3.1 atau lebih. Selain itu dapat mendukung untuk penggunaan stick analog dan juga dapat menjadi trigger analog. Saat Anda membukanya, Anda dapat menekan tombol Change input method dan memilih Sixaxis Controller. Hal tersebut harus Anda lakukan. Pasalnya kontroler dapat bekerja pada setiap game yang memungkinkan Anda untuk menetapkan tombol-tombol tersendiri seperti halnya emulator pada game konsol.

Selain itu apliaksi inipun memiliki fitur tambahan lainnya. Anda dapat menggunakannya sebagai mouse emulation yang dapat melakukan konfigurasi tombol agar dapat diaktifkan sebagai mouse pointer pada perangkat yang mendukung penggunan mouse. Pada fitur touch emulation, Anda dapat memanfaatkan tombol peta dan analog stick pada layar. Hal tersebut digunakan agar dapat memainkan seluruh game favorit dengan dukungan penuh analog kontroler. Tertarik untuk mulai mencoba tips ini? Selamat mencoba. [MS]

Sixaxis & DualShock 3 on Android