Cara Mempercepat Download dengan IDM

09 Jul 2012 19:00 | Hits: 40339

Beginilah Cara Mempercepat Download dengan IDM

Beginilah Cara Mempercepat Download dengan IDM

Beberapa di antara Anda mungkin adalah para penggila download. Bukan hanya sekedar download file berupa dokumen atau musik MP3 yang berukuran kecil. Akan tetapi file yang berukuran besar seperti video, bahkan file sekali pun. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengunduh file besar tersebut?

Ada beberapa cara mempercepat download dengan IDM. Salah satunya adalah dengan menggunakan software atau progam download manager. Banyak download manager yang dikenal dan populer karena kemampuannya mempercepat download. Kita mengenal Internet download Manager atau IDM, Free download Manager atau FDM, Orbit Manager, dan lain sebagainya.

Sebenarnya bukan saja download manager yang bisa mempengaruhi cepat atau tidaknya suatu proses download itu berlangsung. Tentunya ada factor lain yang ikuit mempengaruhinya. Kuat tidaknya jaringan internet yang ada di sekitar Anda, kemudian provider yang digunakan, sinyal dan paket provider tersebut, juga masih banyak lagi. Akan tetapi, sedikit banyak, memang melakukan proses pengunduhan dengan download manager lebih menguntungkan. Tidak hanya kecepatannya saja, tapi juga bisa mengatur file download tersebut. Tak perlu juga khawatir jika proses download berhenti di tengah jalan, karena dengan download manager memungkinkan pause dan me-resume-nya kembali. Jadi tak perlu banyak khawatir file download akan rusak.

Bagi Anda penggemar download, Anda pasti tak asing lagi dengan Internet download Manager atau yang biasa disebut IDM. download manager ini terkenal dengan kemampuannya mempercepat dan mengatur download file bahkan file besar sekali pun. Namun, tahukah Anda bahwa ada trik yang bisa memperkuat dan mempercepat proses download Anda di Internet download Manager?

Cara mempercepat download dengan IDM ini bisa Anda lakukan tanpa penambahan software atau add ons pada browser Anda. Caranya cukup sederhana dan mudah, yakni lewat pengaturan di IDM Anda sendiri. Tertarik? Coba ikuti langkah berikut ini;

Langkah pertama adalah membuka situs hosting file yang akan Anda download. Anda mungkin ingin mendownload dari YouTube, Metacafe, Mediafire, 4shared, atau lokasi lainnya? Buka saja dan lakukan proses download seperti biasa, tentunya dengan download manager, IDM. Sedikt catatan, perhatikan transfer rate yang ada pada kolom download file di IDM Anda.

Jika file download sudah ditangkap IDM dan proses download mulai berlangsung, buka aplikasi IDM Anda. Pada menu download, pilih Options. Anda akan diberi tampilan halaman pengaturan. Cari tab Connection lalu klik. Jika sudah, di sini lah Anda akan merubah pengaturan download Anda agar bisa mempercepat proses download file Anda dengan IDM.

Langkah mempercepat download dengan IDM sekarang, lihat pada kolom Connection Type / Speed, klik tAnda panah lalu pilih other. Selanjutnya pada pengaturan Maximum Connections Number, pilih Default max. conn. Number dan klik tAnda panah. Silakan Anda menggantinya ke angka 16. Jika sudah, pilih OK.

Kembali ke kolom download Anda yang sedang berlangsung. Perhatikan kembali rate transfernya. Apakah ada perbedaan dengan transfer rate sebelumnya? Untuk mempercepat download dengan IDM selanjutnya adalah dengan mengubah speed limiter yang ada di kolom download berjalan Anda. Perhatikan tab di kolom IDM berjalan Anda. Di sana terdapat tab download Status yang menampilkan seberapa jauh proses download Anda sudah berjalan. Selain itu juga menampilkan detil ukuran file dan transfer rate yang dilakukan oleh IDM.

Tab selanjutnya, Anda dapat meilhat Speed Limiter. Transfer rate juga bisa Anda lihat di sini. Centang kolom Use Speed Limiter. Untuk mempercepat download dengan IDM Anda bisa mengubah maximum download speed pada kolom yang sudah disediakan. Jika saat ini, angka maximum download speed Anda 10, coba ubah dengan 20. Tunggu beberapa saat dan lihat, apakah transfer rate mulai berubah. Jika berhasil Anda bisa mulai mengubahnya ke angka yang Anda inginkan, bahkan 99999999… dst. Jika Anda ingin tetap menggunakan pengaturan ini pada proses download setelah Anda pause, stop, dan resume, centang kolom Remember Speed Limiter Settings for this file on download stop/resume.

Trik ini berhasil dicoba pada beberapa kali. Namun tentunya, semua proses download atau aktivitas internet lainnya paling banyak bergantung pada kecepatan jaringan internet Anda sendiri. Tak ada salahnya mencoba, semoga berhasil. [ZH]