Cara Download Game Handphone

04 Jul 2012 10:00 | Hits: 5986

Cara Download Game Handphone Android dan iPhone

Cara Download Game Handphone Android dan iPhone

Google Play adalah layanan dari Google yang menyediakan berbagai konten multimedia seperti musik, film, buku, dan tentu saja aplikasi dan game Android. Banyak dari game ini yang tersedia secara gratis. Anda dapat memperoleh game dari Google Play jika terhubung ke Internet melalui handphone Android.

Android

Untuk mengetahui cara download game handphone Android, Anda tinggal men-tap ikon Market yang ada pada homescreen apabila Anda sudah membuat shortcut. Jika tidak buka daftar aplikasi dari handphone Android dan cari ikon Google Play. Tap ikon tersebut untuk menuju ke Google Play. Jika Anda baru pertama kali melakukan tap ikon Market, maka aplikasi tersebut akan menampilkan Terms of Service dari Google Play. Untuk menggunakan Google Play Anda harus menerima Terms of Service tersebut dengan mengklik tombol Accept. Setelah menerima Terms of Service, baru halaman Google Play akan ditampilkan.

Ada banyak informasi yang ditampilkan pada halaman pertama Google Play yang bisa dilihat dengan menggeser halaman dengan layar sentuh. Karena Anda ingin melakukan download game, maka pilih saja menu Apps. Aplikasi Android yang ditawarkan pada Google Play dikelompokkan dalam beberapa kategori, pilih Games. Pada halaman Games geser halaman ke kiri untuk menampilkan game apa saja yang tersedia di Google Play. Anda juga bisa menggunakan search bar yang ada dibagian atas halaman untuk mengetikkan kata kunci dari game yang ingin Anda cari.

Setelah menemukan game yang dicari, tap saja judul game tersebut untuk menampilkan halaman deskripsi. Pada halaman deskripsi tap tombol Install berwarna hijau yang ada di atas halaman. Handphone Anda akan menampilkan apa saja yang digunakan oleh game tersebut untuk instalasi. Tap tombol Accept & download untuk memulai proses downloading. Setelah berhasil download, handphone Android Anda akan secara otomatis menginstal dan menjalankan game untuk pertama kalinya.

Sama seperti Google Play, Apple App Store adalah tempat distribusi konten digital dari Apple. Tentu saja karena ini adalah layanan dari Apple, maka konten yang ditawarkan pun ditujukan untuk perangkat yang dibuat oleh Apple juga, seperti iPhone. Konten yang ditawarkan kurang lebih sama dengan yang terdapat pada Google Play. Termasuk game yang Anda butuhkan untuk iPhone.

iPhone

Cara download game handphone iPhone kurang lebih sama dengan Android. Hanya saja Anda akan melakukan download dari Apple App Store bukannya dari Google Play. Dari daftar ikon yang ada di iPhone cari App Store. Tap ikon tersebut untuk menuju ke Apple App Store. Halaman pertama yang ditampilkan dari aplikasi App Store adalah featured applications. Anda bisa mencoba mencari dari daftar featured applications, siapa tahu ada yang disukai.

Cara lain adalah dengan memilih Hot New Games untuk menampilkan daftar game terbaru untuk iPhone. Daftar ini bisa diurutkan berdasarkan Featured, Popularity, dan Release Date. Selain itu dari halaman pertama App Store, Anda bisa memilih aplikasi berdasarkan kategori. Pilih saja Games dari kategori. Games itu sendiri dibagi lagi menjadi beberapa kategori. Pilih salah satu kategori, misalnya Action untuk menampilkan daftar game yang masuk dalam kategori tersebut. Bisa juga Anda tap gambar kaca pembesar yang ada dibawah halaman untuk membuka search bar. Ketikkan kata kunci untuk game yang sedang Anda cari pada search bar tersebut. iPhone akan menampilkan hasil pencarian pada halaman baru.

Jika sudah menemuka game yang disukai, tap saja judul game tersebut untuk menampilkan halaman deskripsi. Tap tombol Install yang ada di sebelah kanan atas lalu tekan tombol Yes yang baru muncul untuk mulai melakukan download game ke iPhone. Tergantung dari apakah game yang ingin Anda download itu gratis atau tidak, tombol yang mungkin harus Anda tap bisa jadi bukan Install tapi tombol Purchase. Setelah menekan tombol tersebut iPhone akan menampilkan progress bar untuk menandakan berapa lama lagi proses download akan selesai. Setelah selesai melakukan download, iPhone akan secara otomatis melakukan instalasi. Jika sudah melakukan instalasi, kembali ke homescreen, cari game yang baru diinstal dan tap ikon game tersebut untuk menjalankannya pertama kali. [PN]