Pura Uluwatu

05 Jul 2012 10:00 | Hits: 2545

Sinyal Telepon dan Internet Lancar di Pura Uluwatu Bali

Sinyal Telepon dan Internet Lancar di Pura Uluwatu Bali

Inilah tempat yang dikunjungi Paseban selanjutnya di Bali setelah sebelumnya ke Pura Ulundanu dan Tanah Lot. Hampir mirip dengan Tanah Lot, di objek wisata Pura Uluwatu hanya orang-orang yang akan beribadah saja atau yang berpakaian adat Bali yang boleh masuk ke dalam pura.

Pura Uluwatu adalah salah satu pura di Bali yang menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan karena panoramanya yang spektakuler. Sebuah pura yang berada di tepi tebing dengan ketinggian 97 meter diatas permukaan laut dengan ombak berdebur keras di bawahnya. Pura ini terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Badung Bali. Perjalanan ke Pura Uluwatu melewati jalan mulus berkelok dengan pemandangan sekitar yang indah.

Jika Anda kesulitan menemukan arah menuju ke Pura Uluwatu ini, jangan lupa aktifkan GPS dan internet di smartphone Anda. Keberadaan GPS sangat penting disaat berpergian ke tempat yang baru bagi Anda. Selain itu koneksi internet juga berpengaruh untuk akurasi tempat yang Anda cari, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas koneksi di daerah sini sama dengan kondisi jalannya mulus dan lancar. Begitu pula dengan sinyal telepon yang juga memadai baik untuk 3 operator besar seperti Indosat, Telkomsel dan XL ataupun operator lainnya seperti Three dan Axis. Pastikan juga baterai di handset Anda sudah terisi penuh, untuk mengabadikan pemandangan yang menakjubkan di Pura Uluwatu ini.

Dengan tiket masuk seharga 15 ribu rupiah, Anda akan dipinjamkan selendang sebelum memasuki kawasan Pura Uluwatu. Selendang ini harus diikatkan di pinggang dengan maksud untuk mengikat niat-niat jelek karena memasuki tempat suci. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di tempat ini banyak monyet berkeliaran. Topi, kacamata, ataupun barang-barang yang mudah diambil sebaiknya ditinggalkan di mobil saja, karena monyet-monyet ini sering mengambil barang-barang yang dipakai pengunjung. Jadi hati-hati apabila sedang berkunjung kesini.

Nama Uluwatu sendiri adalah nama asal dari pura tersebut. Kata ulus berarti kepala atau ujung, sedangkan watu berarti watu. Sehingga Pura uluwatu adalah pura yang dibangun pada ujung batu karang. Di samping kanan dan kiri bangunan dalam komplek Pura ini terdapat dua palung batu yang bentuknya mirip dengan perahu. Disini juga ada peninggalan arkeologi dari abad 16 yaitu gapura atau candi bentar bersayap yang merupakan peninggalan yang sangat langka. Pura Uluwatu ini juga menjadi salah satu lokasi syuting drama Korea ‘Memories of Bali’ yang cukup popular di Indonesia.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pura ini adalah menjelang matahari terbenam. Selain untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam dari atas tebing yang curam dengan pemandangan lepas ke pantai, di lokasi Pura Uluwatu setiap hari diadakan pertunjukan tari Kecak dengan latar belakang sunset yang indah. [RK]

Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali