Cara Mempercepat Buffering

02 Jul 2012 19:00 | Hits: 86200

Beginilah Cara Mempercepat Buffering Saat Streaming

Beginilah Cara Mempercepat Buffering Saat Streaming

Saat berselancar di dunia maya, sering kali kita membuka situs-situs video yang memungkinkan kita untuk melakukan streaming. Streaming merupakan aktivitas menonton video secara online atau langsung dengan bantuan jaringan internet. Streaming bisa dilakukan di banyak situs. Kita tahu pasti streaming video banyak dilakukan di YouTube. Selain situs video paling populer tersebut, ada juga dailymotion, metacafe, vimeo, viki, dan lain sebagainya. Atau jika Anda menonton live streaming pada situs-situs tertentu.

Lancar tidaknya streaming pastinya ditentukan oleh jaringan internet yang kita gunakan. Beruntungnya jika Anda memiliki jaringan internet yang sangat baik sehingga internet Anda bisa berjalan dan memuat cepat. Tapi bagaimana bagi Anda yang hanya memakai jaringan internet pas-pasan? Jangankan untuk streaming, browsing pun sepertinya Anda harus bersabar lebih ekstra.

Pada akitivitas streaming, loading yang sering kita lihat pada layar streaming disebut buffering. Jika koneksi internet Anda bagus, Anda pasti beruntung, karena streaming tidak jadi hal yang menjengkelkan. Hal ini karena proses buffering yang cepat bahkan tanpa buffering sehingga Anda seperti menonton offline. Akan tetapi, bagi Anda yang sedang kesulitan dan kesal dengan buffering yang terlalu lama, ada cara untuk mempercepat buffering tersebut.

Cara mempercepat buffering pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunduh software. Adalah Bywifi Video Accelerator, sebuah software yang dirancang untuk mempercepat proses buffering Anda. Syarat paling utama adalah koneksi Anda tentu harus cukup. Artinya tidak di bawah 153 kb/s karena untuk proses streaming setidaknya Anda membutuhkan kecepatan minimal tersebut. Jika di bawah tersebut, maka terlalu sulit untuk Anda merasakan perbedaannya.

Mari kita mulai membahas cara mempercepat buffering streaming video Anda. Pertama kali, Anda bisa mengunduh software ini secara gratis di sini. Ikuti langkah download dari Softonic hingga selesai. Jika sudah, seperti biasa lakukan proses penginstalan hingga akhir. Untuk mengaktifkannya, klik dua kali atau double klik pada icon program yang ada di desktop.

Untuk pengetesan, silakan buka situs streaming Anda, seperti YouTube, dailymotion, dan lain sebagainya. Klik ikon Bywifi Video Accelerator pada sistem try. Lihat, software ini sedang bekerja untuk mempercepat buffering Anda. Rasakan perbedaan buffering sebelum dan sesudah Anda menginstal software ini.

Cara lain adalah dengan menggunakan add-ons di Mozilla Firefox. Syarat utamanya tentu saja browser yang Anda gunakan harus Mozilla Firefox. Buka browser Mozilla Firefox Anda dan masuk ke halaman add-ons. Jika sudah, search grease monkey. Ini adalah add-ons yang akan Anda gunakan. Jika Anda sulit menemukannya, coba search grease monkey di Google, lalu unduh dan install seperti biasa.

Add-ons ini mengharuskan Anda untuk me-restart Mozilla Firefox Anda. Untuk itu, pastikan tab lain Anda siap untuk ditutup sementara. Jika Mozilla Firefox Anda sudah kembali terbuka, pada address bar baru, ketik alamat URL http://userscripts.org/scripts/show/33042 lalu enter untuk masuk ke script YouTube Enchancer. Klik Instal yang ada pada sisi kanan halaman alamat ini. Anda juga bisa masuk ke halaman script yang bisa memberitahukan pembaharuan dari YouTube Enchancer dengan mengklik link ini.

Sekarang, coba buka situs streaming Anda, seperti YouTube, Metacafe, Vimeo, atau lainnya. Pada YouTube, Anda akan melihat tools tambahan di bawah layar player video Anda. Ikon tengkorak pada player video Anda untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan buffering. Tools lainnya seperti tools normal, seperti play, pause, stop, dan loop.

Ada juga tools yang bisa memungkinkan Anda untuk memilih ukuran video. YT LQ untuk low quality dan YT HQ untuk video berkualitas tinggi. Anda bisa memilih low quality agar proses buffering lebih cepat lagi, namun jika Anda kurang puas, silakan saja pilih high quality. Selain low dan *high quality, ada juga pilihan ukuran berdasarkan besar pikselnya. Jadi, bisa dikondisikan dengan kecepatan jaringan internet di wilayah Anda.

Masih banyak lagi cara yang bisa Anda lakukan. Kedua cara ini bisa Anda coba dan Anda bandingkan perbedaannya. Semoga berhasil. Happy streaming no buffering. [ZH]