Cara Menambah RAM

01 Jul 2012 15:00 | Hits: 22553

Cara Menambah RAM Menggunakan USB Drive Atau Flashdisk

Apakah Anda termasuk yang memiliki komputer, laptop, atau Notebook dengan memori RAM terbatas namun tidak ingin merasakan lambat saat menjalankan beberapa aplikasi? Kali ini Paseban akan membantu Anda mengatasi dan memberi solusi mengenai masalah tersebut. Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menambah RAM ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu secara singkat mengenai memori RAM.

RAM (Random-Acces Memory) adalah salah satu jenis memori internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Memory internal bisa disebut juga memori utama (main memory) atau memori primer (primary memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat perintah komputer.

Cache adalah sebuah tempat untuk menyembunyikan atau tempat penyimpanan sementara. Sesuai definisi tersebut memori cache adalah tempat menympan data sementara. Cara ini bertujuan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.

Sebenarnya pada Windows Vista, Windows 7, dan Windows Server 2008 terdapat aplikasi untuk memanajemen cache ini yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama Ready Boost yang tujuannya sendiri untuk meningkatkan performa komputer dengan cara menambah memori dari perangkat tambahan (eksternal) seperti USB flashdisk atau HD eksternal. Namun bagi pengguna Windows XP Anda tidak perlu khawatir, karena ada sebuah aplikasi yang bernama Eboostr yang akan membantu Anda.

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan diperhatikan agar sebuah USB/Flashdisk dapat digunakan sebagai RAM tambahan, yaitu:

  • USB Drive /flahdisk Anda harus berkapasitas penyimanan minimal 1 Gigabytes.

  • USB Drive /flashdisk Anda harus memiliki kemampuan high-speed atau fast-USB. Ada dua jenis kecepatan transfer data pada USB Drive /flashdisk yaitu kecepatan normal dan kecepatan tinggi. Pada umumnya, USB Drive /flashdisk dengan kapasitas di atas 1GB akan memiliki kemampuan high-speed agar manajemen data dapat dilakukan dengan baik dan lebih cepat.

  • Bila ingin menjadikan flashdisk sebagai RAM, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apakah flashdisk yang dibeli berkecepatan tinggi atau tidak. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat pada kemasannya apakah terdapat tulisan High-Speed Drive atau tidak, dan biasanya diikuti dengan logo Windows dengan tulisan Works with Windows Vista/Windows 7.

Sebelum menginstal aplikasi Eboostr mohon terlebih dahulu diperhatikan kebutuhan minimum (system requirements) dari aplikasi Eboostr agar tidak terjadi masalah dalam proses instalasi dan pemakaian aplikasi Eboostr.

Spesifikasi kebutuhan minimum

Sistem operasi

  • Windows 7 (32bit/64bit)

  • Windows Vista (32bit/64bit)

  • Windows XP (32bit/64bit)

  • Windows Server 2008 (32bit/64bit)

  • Windows Server 2003 (32bit/64bit)

Perangkat lainnya

  • USB 2.0 port atau flash memory card reader (tidak mendukung USB1.1)

  • Setiap kecepatan akan terasa berbeda-beda, tergantung pada perangkat keras serta teknologi yang terdapat pada komputer Anda.

Berikut ini adalah cara pemakaian dari Eboostr sebagai salah satu trik cara menambah RAM:

  1. Silahkan telebih dahulu download aplikasinya di sini.

  2. Install eBoostr seperti biasa, dan jangan lupa lalu Restart komputer .

  3. Setelah di-restart, eBoostr akan langsung diaktifkan (autorun). Pastikan flashdisk Anda sudah terpasang dan kosong sesuai standar yang sudah dijelaskan di atas.

  4. Pada jendela akan muncul pilih YES.

  5. Pilih perngkat yang akan dijadikan cache, tentu saja flashdisk Anda harus dalam keadaan terpasang pada komputer.

  6. Kemudian tentukan juga kapasitas cache yang diinginkan dengan cara menggeser panahnya. Semakin banyak alokasi memori maka akan semakin cepat.

  7. Tunggu hingga muncul jendela Do you want to build the cache file on the device now? lalu pilih YES, kemudian lalu tunggu hingga proses selesai 100%.

  8. Jika proses di atas telah selesai maka di dalam flashdisk Anda akan terdapat folder file dengan ukuran yang sangat besar (sesuai dengan pengisian jumlah cache), file tersebut tersembunyi dan bukan merupakan virus.

  9. Jangan mencabut USB Drive/Flahdisk yang digunakan untuk menambah RAM dan juga jangan menutup program Eboostr saat sedang menjalankannya.

  10. Usahakan flashdisk tersebut digunakan hanya dipergunakan khusus untuk menambah RAM dan jangan mempergunakannya untuk menyimpan file lainnya agar kinerjanya menjadi lebih maksimal.

Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi Eboostr ini secara gratis selama 15 hari dan maksimal penggunaan aplikasi Eboostr ini selama 2 jam. Jika Anda tertarik membelinya silahkan kunjungi situs resminya di sini. Aplikasi ini dijual dalam empat edisi yaitu Eboostr Pro, Laptop Edition, Desktop Edition, dan Lite Edition yang setiap versinya memiliki harga dan juga fitur yang berbeda-beda. Mengenai perbandingan pada setiap versinya bisa dilihat di sini. Semoga artikel mengenai trik cara menambah RAM ini berguna bagi Anda yang memiliki RAM terbatas namun ingin memaksimalkan kinerja komputer Anda. [AG]