BlackBerry Desktop Manager

01 Jul 2012 12:00 | Hits: 12993

Tutorial Cara Penggunaan BlackBerry Desktop Manager 6.0

Tutorial Cara Penggunaan BlackBerry Desktop Manager 6.0

BlackBerry Desktop Manager merupakan aplikasi yang digunakan pada semua jenis BlackBerry untuk mensikronisasikan data dan melakukan backup data, mengganti perangkat dan yang lainnya. Dengan menggunakan BlackBerry Desktop Manager ini, Anda dapat melakukan transfer data media atau file penting lainnya dari desktop ke BlackBerry atau sebaliknya dari BlackBerry menuju ke desktop Anda. Pada intinya aplikasi ini merupakan sebuah media atau sarana untuk Anda dalam melakukan komunikasi antara handset BlackBerry Anda dengan komputer Anda. Setiap pembelian perangkat BlackBerry, Anda akan mendapatkan sebuah installer yang berisikan aplikasi ini yang biasanya memang disematkan pada paket penjualan. Atau Anda juga bisa mengunduhnya secara gratis melalui internet pada situs resmi dari BlackBerry tersebut.

Berbicara tentang aplikasi desktop manager untuk BlackBerry, pada ulasan kali ini Paseban akan memberikan informasi secara lengkap tentang masalah penggunaan BlackBerry desktop ini untuk Anda para pengguna ponsel pintar dari vendor RIM tersebut. Karena penggunaan perangkat satu ini sangat besar di Indonesia, maka pengetahuan tentang penggunaan aplikasi ini sangat dibutuhkan agar Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara baik dan benar yang tentunya akan menghindari sebuah kesalahan yang berakibat fatal.

Untuk Pengguna PC Windows

Aplikasi Desktop Manager ini memiliki jenis file yang berbeda-beda tergantung dengan jenis komputer apa yang sedang Anda jalankan. Salah satunya adalah untuk pengguna yang menggunakan PC Windows di rumahnya. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengelola sambungan antara BlackBerry dan komputer akan sangat mudah. Dengan menggunakan apikasi ini Anda akan dapat mendeteksi sambungan antara smartphone BlackBerry, akun email, kalender, dan sebagainya. Aplikasi desktop manager versi 6.0 ini menawarkan antarmuka yang diperbarui dan menu praktis yang dapat digunakan untuk menyambung, mensinkronisasi, mengelola, dan memperbarui smartphone BlackBerry dengan mudah. Tidak hanya memperbaharui tampilan antar muka saja yang diperbaharui, bahkan Anda dapat mentransfer file media favorit Anda ke dan dari smartphone BlackBerry.

Impor file iTunes atau Windows Media Anda dari desktop dan akses musik, foto, serta video di manapun. Dengan aplikasi ini pula Anda dapat mengetahui aplikasi yang sering dan jarang Anda gunakan di smartphone BlackBerry Anda. Anda juga memungkinkan untuk menambahkan dan menghapus aplikasi atau game pada BlackBerry Anda. Untuk mendapatkan pembaharuan dari software BlackBerry Anda, aplikasi ini dapat melakukannya untuk Anda melalui pembaruan otomatis perangkat lunak di mana aplikasi ini akan memberi tahu Anda bila tersedia pembaruan. Namun bagaimana jika Anda mengganti perangkat BlackBerry Anda dengan model yang lain sementara Desktop Manager yang Anda miliki merupakan hasil dari desktop manager BlackBerry lama Anda? Permasalahan ini bisa Anda atasi dengan menggunakan fitur Device Switch Wizard untuk bermigrasi ke smartphone BlackBerry lain.

Untuk menggunakan aplikasi ini pada PC Anda, Anda harus memenuhi persayaratan untuk menginstal aplikasi ini, yang diantaranya:

Persyaratan untuk perangkat keras

  • Prosesor Intel 1 GHz yang kompatibel atau yang lebih tinggi

  • RAM 512 MB

  • Port USB 1.1 atau yang lebih tinggi

  • Resolusi layar 1024x768 atau yang lebih tinggi

  • Ruang kosong hard disk sebesar 100 MB untuk penginstalan biasa

Persyaratan untuk perangkat lunak

  • Microsoft Windows XP SP2 atau yang lebih baru, Windows Vista, Windows 7

  • Microsoft .Net Framework 3.5 SP1 atau sambungan Internet aktif

  • iTunes versi 7.7.1 maupun yang lebih baru atau Windows Media Player versi 10 maupun yang lebih baru untuk sinkronisasi musik

Persyaratan untuk smartphone BlackBerry

  • Untuk sinkronisasi media: BlackBerry Device Software versi 4.2 atau yang lebih baru dan kartu media atau penyimpanan media internal

  • Untuk fitur desktop lainnya: BlackBerry Device Software versi 4.1 atau yang lebih baru

Program email desktop

  • Untuk integrasi perusahaan dengan BlackBerry Enterprise Server, salah satu persyaratan program email berikut harus dipenuhi.

  • Microsoft Outlook 2000, 2003, 2007, atau 2010 (hanya mendukung mode 32-bit) (penginstalan di perusahaan atau workgroup) dengan account email di Microsoft Exchange Server versi 5.5 Service Pack 4 atau yang lebih baru dan dapat menerima pesan dari Internet.

  • IBM Lotus Notes 5.0.6 atau versi yang lebih baru dengan account email di IBM Lotus Domino Server versi 5.03 atau yang lebih baru (sebaiknya versi 5.0.12 atau yang lebih baru) dan dapat menerima pesan dari Internet

Agenda

Agenda berikut didukung untuk penggunaan dengan Intellisync:

  • IBM Lotus Notes 6, 6.5, 7, 8, 8.5

  • Microsoft Outlook 2002, 2003, 2007, 2010 (hanya mendukung mode 32-bit)

  • Microsoft Outlook Express 6, Microsoft Windows Contacts (Vista Address Book) dan Calendar (Vista Calendar)

  • Novell GroupWise 6.5, 7

  • Yahoo!

Anda bisa mengunduh aplikasi desktop manager secara gratis di sini.

Untuk Pengguna Macintosh

Selain tersedia untuk PC, aplikasi ini juga tersedia untuk para pengguna Mac. Aplikasi ini akan mensinkronisasi kontak, kalender, serta janji antara komputer dan smartphone. Perangkat lunak ini juga dapat digunakan untuk mentransfer video, album iPhoto, serta lagu dan playlist pada iTunes Anda. Selain itu aplikasi ini juga mendukung untuk digunakan pada tablet BlackBerry, dan jika Anda telah melakukan instalasi aplikasi ini, maka jangan lupa untuk memperbarui ke versi terbaru sebelum mensikronisasi tablet Anda. Anda juga memungkinkan untuk mensinkroniasikan kontak, janji kalender, tugas, dan catatan dengan aplikasi populer di Mac seperti Microsoft Entourage dan iCal.

Anda juga bisa melakukan backup data Anda dan transfer data di antara beberapa smartphone BlackBerry, restore dan kembalikan informasi secara manual atau otomatis, serta tambahkan atau hapus aplikasi pada perangkat Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan sinkronisasi terhadap Media dapat disinkronisasi dengan mudah antara komputer dan smartphone BlackBerry, baik berupa playlist iTunes, musik dari artis atau genre tertentu, video favorit, maupun gabungan acak berbagai lagu dan impor foto dan video baru yang diambil dan direkam di smartphone ke iPhoto, lalu sinkronisasikan album atau aktivitas iPhoto ke smartphone. Foto dan video dapat dilihat dimanapun dengan lebih mudah. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu memenuhi persayaratan minimum seperti di bawah ini.

  • Mac OS X v10.5.8 dan versi yang lebih baru

  • BlackBerry Device Software v4.2 atau versi yang lebih baru

  • iTunes v7.7.1 atau versi yang lebih baru

[PY]